Currently set to Index
Currently set to Follow

Mastercard Siap Fasilitasi Transaksi Aset Kripto Tahun 2021

Salah satu perusahaan jasa sistem pembayaran dan penerbit kartu kredit terbesar di dunia, Mastercard, menyebut akan mulai melayani transaksi menggunakan aset kripto secara langsung di 2021.

Executive Vice President Digital Asset and Blockchain Products Mastercard Raj Dhamodharan mengatakan, langkah tersebut diambil perusahaan lantaran meningkatnya animo masyarakat terhadap investasi aset kripto. Apalagi, setelah harganya meningkat belakangan ini.

Perusahaan juga berkaca pada kesuksesan Crypto Card, sebuah produk kartu Mastercard, yang diluncurkan pada Juli 2020 lalu. Melalui Crypto Card, masyarakat bisa mengakses aset kriptonya dan mengubahnya menjadi mata uang tradisional untuk keperluan transaksi sehari-hari.

“Kami mengumumkan bahwa Mastercard akan menyokong transaksi aset kripto langsung ke sistem kami. Ini adalah langkah yang besar dan membutuhkan kerja keras,” ujar Dhamodharan dikutip dari siaran pers.

“Nantinya, merchants dan konsumen akan memiliki pilihan untuk bertransaksi menggunakan aset kripto. Hal ini juga akan membuka peluang bagi merchants untuk bertransaksi dengan konsumen yang sudah keburu nyaman menggenggam aset digital,” imbuh dia.

Langkah ini tentu berdampat signifikan bagi perkembangan sirkulasi aset yang kini tengah digandrungi tersebut, mengingat Mastercard kini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Hanya saja, Mastercard hingga saat ini belum memutuskan jenis aset kripto apa saja yang akan disokong langsung oleh sistem pembayarannya. Dhamodaran menyebut bahwa Mastercard akan berhati-hati dalam memilih aset digital yang didukung sesuai prinsip perlindungan konsumen dan azas kepatuhan protokol jasa keuangan.

Ia melanjutkan, beberapa aset memang sudah memiliki payung regulasi yang jelas dan sudah teruji keandalannya sebagai alat penyimpan nilai dalam beberapa tahun terakhir. Namun, sirkulasi ratusan jenis aset kripto lainnya masih belum patuh terhadap protokol jasa keuangan.

“Prinsip kami pun sederhana. Kami tidak merekomendasikan seluruh masyarakat untuk beralih ke aset kripto. Namun, kami di sini untuk memudahkan konsumen, merchants, dan bisnis dalam bergerak ke penyimpan nilai digital sesuka hati,” tandasnya.

“Tapi di sisi lain, aset kripto juga harus menyediakan kestabilan sistem dan nilai. Sehingga, masyarakat bisa menggunakannya sebagai alat pembayaran, bukan investasi semata,” imnbuh Dhamodharan.

Baca juga: Pilih-Pilih Kartu Kredit, Mending VISA atau Mastercard?

Mastercard Siap Fasilitasi Transaksi Aset Kripto Tahun 2021, Pluang

Beragam Dukungan Mastercard Terhadap Aset Kripto

Mastercard memang dikenal sebagai salah satu perusahaan jasa keuangan yang menyatakan dukungannya terhadap perkembangan investasi aset kripto.

Di tahun lalu, Mastercard bekerja sama dengan Wirex dan Bitpay untuk menciptakan crypto card agar memfasilitasi masyarakat bertransaksi menggunakan aset kripto. Kemudian, Mastercard juga telah bekerja sama dengan LVL, sebuah perusahaan bursa perdagangan aset kripto, di tahun ini.

Di dalam beberapa kerja sama ini, Mastercard memang tidak memproses langsung aset kripto di dalam sistem mereka. Namun, mitra bisnis mereka akan mengubah aset digital ke dalam mata uang biasa, untuk kemudian dikirimkan ke jaringan Mastercard.

Selain itu, Mastercard juga tengah berhubungan erat dengan beberapa bank sentral di seluruh dunia, mengingat kini sebagian besar otoritas moneter tersebut tengah mengkaji peluncuran mata uang digital teranyar.

“Dengan memiliki 89 blockchain yang telah memiliki paten, ditambah dengan 285 aplikasi blockhain tambahan, kami kini memiliki salah satu sistem blockchain terbesar yang dimiliki oleh pelaku sektor jasa sistem pembayaran,” tutur dia.

Baca juga: Kamu Bakal Auto Cuan Kalau Koleksi 4 Saham Terbaik S&P 500 Ini!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Mastercard, Cointelegraph

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img