Mendapat Nilai Bagus, Orang Tua Beri Anak Buket Bunga Senilai Rp33 Juta

Beberapa waktu belakangan, berita tentang orang tua di Malaysia yang memberikan anaknya buket bunga senilai Rp33 juta karena mendapatkan nilai bagus mendadak viral. Apakah hal ini juga dilakukan oleh orang tua dari anak berprestasi di Indonesia?

Putranya yang bernama Muhammad Danish Haziq, ini mendapatkan perlakuan khusus dari orang tuanya, pasangan Nor Ashikin dan Ihsan Fahmi, karena memperoleh prestasi cemerlang.

Padahal, menurut Nor Ashikin, Danish hanya menginginkan satu unit iPhone keluaran terbaru. Mereka khawatir apabila memberikan gawai terbaru yang canggih justru akan membuat perhatian anaknya terpecah.

mendapatkan nilai bagus

Namun, apakah memberikan hadiah buket bunga senilai Rp33 juta adalah pilihan yang tepat bagi anak yang mendapatkan nilai bagus? Sementara itu, bagaimana, sih, anak berprestasi di Indonesia biasanya diperlakukan oleh orang tuanya?

Anak yang berprestasi tentu membanggakan bagi orang tua. Tawaran iming-iming hadiah dari mainan hingga tambahan uang jajan biasanya diberikan. Namun, apakah kebiasaan ini baik bagi sang anak?

Bagaimana bila ini justru jadi kebiasaan buruk karena anak kemudian jadi terbiasa mengharapkan sesuatu setiap memperoleh keberhasilan?

Baca juga: Dari Melahirkan Hingga Pendidikan, Berapa Biaya Membesarkan Anak di Indonesia?

Apakah tepat memberikan hadiah untuk anak yang mendapatkan nilai bagus?

anak berprestasi di Indonesia

Hadiah memang dipandang perlu untuk merangsang anak melakukan perbuatan baik. Efek positif memberikan hadiah setiap kali anak berhasil adalah menumbuhkan motivasi baginya.

Namun, dianjurkan tidak terlalu sering untuk memberikan hadiah ketika anak berhasil. Anak akan selalu mengharapkan upah setiap ia berhasil mencapai kesuksesan.

Ia hanya akan jadi seseorang yang terus mengejar hadiah, dan motivasi sesungguhnya bukan apa yang harusnya ia capai. Jadi, para orang tua dianjurkan untuk lebih bijak dalam memberikan hadiah ketika anak mendapatkan nilai bagus.

Memang banyak juga manfaatnya memberikan hadiah bagi si anak berprestasi ini:

  • Si anak akan termotivasi untuk belajar

Ketika seorang anak dapat hadiah dari orang tuanya, maka dia akan termotivasi untuk melakukan lebih baik lagi dan mempertahankan prestasinya.

Hadiah bisa jadi motivasi eksternal mendapatkan nilai bagus yang mampu meningkatkan motivasi belajarnya. Semakin tinggi motivasinya dalam belajar, maka semakin mungkin anak itu akan jadi berprestasi lagi.

  • Menumbuhkan jiwa kompetitif di dirinya

Pemberian hadiah juga akan membantunya untuk mempertahankan prestasi sehingga tidak akan digeser oleh pesaingnya. Apabila belum berprestasi, maka ia akan berusaha lebih giat untuk memperoleh prestasi itu.

  • Memberinya penghargaan

Anak merasa dihargai karena ketekunan, kerja keras, dan perjuangannya untuk berprestasi mendapat perhatian.

Baca juga: Menyiapkan Pendidikan Anak? Cek 3 Tabungan Pendidikan Terbaik Ini

Selain hadiah, apa ada cara lain untuk menghargai anak berprestasi?

Yang perlu diingat oleh para orang tua dengan anak berprestasi, apresiasi tidak melulu berupa materi. Beberapa cara ini bisa menjadi pengganti hadiah:

#1 Berikan pujian

Rangkaian kata yang tepat bagi anak yang berhasil mendapatkan nilai bagus. Dia akan lebih merasa dihargai atas usaha kerasnya dan bersemangat belajar demi mendapatkan peringkat tinggi.

#2 Bicarakan masa depan

Dengarkan dia dengan penuh perhatian. Ajak si anak berprestasi ini untuk membicarakan masa depan apabila berprestasi. Setelah dia berhasil memperoleh peringkat pertama di kelas dan bertahan mendapatkan nilai bagus, apa yang akan dia lakukan? Impian apa yang ingin dia capai lagi di masa depannya?

#3 Ajak dia berlibur

Tidak perlu jauh-jauh, yang pasti kegiatan rekreasi itu perlu memberinya manfaat untuk proses perkembangannya. Misalnya, dengan mengajaknya berwisata ke daerah terpencil untuk bisa saling berbagi. Ini bisa membantu menumbuhkan rasa empati dan jiwa sosial yang tinggi padanya.

Sumber: Tribun News, Educenter, Rumah Belajar Anak 123

Simak juga:

Dibanderol Rp1,5 Juta per Kg, Kinmemai Premium Jadi Beras Temahal di Dunia

Dibanderol Rp193 M, Majesty 140 Berhasil Jadi Yacht Termahal di Dunia

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya Jadi Wanita Karier Sukses!

Panama Papers Buka Skandal Penghindaran Pajak Perusahaan Cangkang di Seluruh Dunia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img