Currently set to Index
Currently set to Follow

Apa Saja Hal yang Perlu Dilatih untuk Menjaga Kesehatan Mental?

Ada kesalahan yang sangat umum yang kita semua lakukan. Setidaknya sampai titik tertentu dalam hidup kita, kita menganggap kesehatan mental kita sebagai prioritas kedua.

Kita banyak menetapkan tujuan terkait kesehatan fisik kita. Tetapi kita membiarkan pikiran kita bergumul dengan stres dan kecemasan, dan berpikir bahwa itu normal.

Ini sebenarnya tidak dapat dibenarkan. Jika kesehatan mental kamu tidak seimbang, dan jika kamu tidak merasa puas dan termotivasi untuk hidup, tidak mungkin kamu dapat mengejar impianmu dan hidup dengan bahagia.

Kesehatan fisik membutuhkan praktik khusus seperti makanan dan air berkualitas agar stabil. Namun, kesehatan mental jauh lebih rumit dari itu.

Meningkatkan upaya jaga kesehatan akan membantumu berpikir lebih jernih, meningkatkan mood, menghilangkan stres dan kecemasan, meningkatkan keyakinan diri, serta mengendalikan otak.

Baca juga: Begini Cara Terbaik Jaga Kesehatan Mental, Tanpa Keluar Uang Lho!

Kebiasaan merawat kesehatan mental yang bisa kamu terapkan

Beberapa hal yang disebut di atas baru beberapa manfaat perawatan kesehatan mental. Masalahnya, kesehatan mental tidak dapat dihitung berdasarkan poin-poin.

Kamu akan merasakannya dalam-dalam dan itu akan mengubah hidupmu perlahan tapi pasti. Sampai kamu akan menyadari betapa pentingnya hal ini sejak awal dan bagaimana stres, kecemasan, atau depresi bukanlah sesuatu yang tidak dapat kamu atasi.

Berikut ini kebiasaan merawat kesehatan mental yang harus kamu terapkan jika ingin meningkatkan kesehatan mentalmu.

Pertama, menghabiskan waktu untuk mengambil tindakan daripada melamun. Jika kamu kerap melamun dan menghabiskan waktu berjam-jam melakukannya, mungkin kamu harus mengevaluasi kebiasaan itu.

Terkadang lamunanmu benar-benar seperti kehidupan kedua dan terasa ideal. Kamu harus tahu masalah di sini, terlalu banyak melamun akan membuatmu berhenti mengerjakan apa yang ingin kamu capai karena kamu tidak bisa fokus.

Melamun itu boleh, namun kecuali kamu mengambil tindakan terhadap impianmu, mimpi itu tidak akan terwujud.

Lalu bagaimana cara memecahkan masalah lamunan ini dan mengatasi persoalan kesehatan mental? Kesadaran adalah solusinya. Kamu harus menyadari bahwa lamunan itu merusak dan menyabotase mimpimu.

Setiap kali mendapati diri melamun saat belajar atau bekerja, berhentilah, menghitung mundurlah dan kembali bekerja tanpa berpikir dua kali.

Ini masalah disiplin diri, pada awalnya sulit, tetapi semakin lama kamu akan melakukannya dengan semakin baik.

Kamu juga bisa mencoba melakukan meditasi. Ini akan membantumu memahami pikiranmu dengan lebih baik dan mengendalikan pikiranmu.

Setelah disiplin diri, lalu apa?

Kedua, kamu harus berhenti mengasihani dirimu sendiri. Kamu ada karena suatu alasan. Di mana pun dalam hidup, ada pelajaran yang bisa dipetik. Ini mungkin tampak tidak menguntungkan, seperti kamu memiliki semua hubungan buruk yang menyakiti dirimu.

Alih-alih merasa kasihan atas keadaan buruk dan kesalahan yang kamu buat, ambillah tanggung jawab, ambil kendali, dan jadilah badass dalam segala hal yang kamu lakukan.

Saat kamu berhenti mengasihani diri sendiri, kamu akan mendapatkan kendali atas hidupmu. Tidak ada yang lebih kuat dan bermanfaat bagi kesehatan mental kamu, selain mengetahui bahwa kamu bertanggung jawab dan kamu adalah bos dalam hidupmu.

Baca juga: Wajib Dicatat! 4 Langkah Menjaga Kesehatan Finansial Pribadi

3 Kebiasaan untuk Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental – Layani dirimu sendiri, bukan orang lain

Mungkin kamu mempunyai banyak empati, yang berarti kamu memahami emosi orang lain. Kamu merasakan apa yang mereka rasakan, dan kamu langsung mendapatkan energi mereka.

Ini adalah berkah sekaligus kutukan. Kenapa? Karena akan ada waktu dalam hidup kita di mana kita harus mengambil keputusan demi diri kita sendiri yang tidak disukai orang lain. Ingat, empati penting. Namun, dirimu sendiri tak kalah pentingnya.

Ketegasan

Percaya atau tidak, mengambil keputusan adalah keterampilan. Artinya, ini bisa dipelajari.

Begitu banyak dari kita bergumul dengannya. Alasannya mungkin karena keputusan yang berdampak negatif pada kesehatan mental kita, jadi kita menunda-nunda.

Kita mencoba untuk menghindari keputusan karena takut menyebabkan kesedihan atau stres pada seseorang atau diri kita sendiri.

Terkadang kita sulit untuk memilih yang kita inginkan. Tetapi, patut diingat, kita harus tegas dalam memilih satu pilihan tertentu. Dengan demikian kita akan terhindar dari jebakan stres atau frustrasi yang buruk untuk kesehatan mental.

Kesehatan mental – Berlatihlah bersyukur

The game changer untuk meningkatkan kesehatan mental kamu adalah rasa syukur. Bersyukur atas hal-hal yang kamu miliki dalam hidup daripada berfokus pada apa yang salah dan apa yang hilang.

Cukup berlatih bersyukur selama 5 menit setiap hari, akan membantu mengubah cara pandangmu dalam hidup. Ini akan membantumu melihat lebih jelas berkat dan bakatmu, hal-hal baik dalam hidup, kebijakan karaktermu, dan segala yang dapat kamu pelajari dari hidupmu.

Duduklah selama lima menit dan tuliskan lima hal yang kamu syukuri hari ini. Jadi, itulah kebiasaan-kebiasaan yang bisa kamu terapkan agar kesehatan mental kamu tetap terjaga dengan baik.

Ingat, kamu adalah tuan bagi dirimu sendiri. Maka, kamu yang tahu cara terbaik menjaga kesehatan mental kamu.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img