Currently set to Index
Currently set to Follow

Cari Cuan dari Kedai Kopi Gak Butuh Modal Gede Lho! Yuk, Simak di Sini!

Dewasa ini, menyeruput kopi bukan hanya sekadar konsumsi semata, melainkan juga gaya hidup. Hal itu sejalan dengan menjamurnya usaha kedai kopi di tanah air, mulai dari modal kecil hingga modal jumbo yang disokong perusahaan modal ventura.

Nampaknya, animo masyarakat yang menggandrungi kopi masih belum redup. Apalagi jika dilihat menggunakan data terkini.

Data International Coffee Organization (ICO) mencatat bahwa tren konsumsi kopi domestik Indonesia meningkat dalam lima tahun terakhir. Pada periode 2018-2019, kopi domestik dikonsumsi hingga mencapai 4.800 kantong dengan masing-masing kapasitas 60 kilogram. Sementara, selang lima tahun sebelumnya, jumlah konsumsi kopi domestik hanyalah 4.417 kantong.

Tingkat konsumsi Indonesia, jika dibandingkan negara produsen kopi lainnya di kawasan Asia dan Oseania, juga cukup tinggi. Yakni, 13,5%.

Sebagai Sobat Cuan yang budiman, data-data di atas tentu adalah kesempatan baik buatmu untuk masuk ke dalam sektor yang lagi menggeliat ini. Apalagi modal usaha kedai kopi tidak sampai bikin kamu jantungan, kok. Alias, tidak mahal-mahal amat.

Berikut ini peluang usaha kedai kopi sederhana dengan modal kurang dari Rp20 juta yang bisa kamu jajal.

Baca juga: Ramai Bisnis Kedai Kopi, Seberapa Menguntungkannya, Sih, Model Bisnis Ini?

Cari Cuan dari Kedai Kopi Gak Butuh Modal Gede Lho! Yuk, Simak di Sini!, Pluang

Modal Usaha Kedai Kopi di Bawah Rp20 Juta? Bisa Banget~

Kamu mungkin sering membayangkan bahwa kedai kopi yang kerap jadi tongkrongan kawan-kawanmu dibangun dengan modal usaha yang besar.

Memang, untuk membuat kedai kopi dengan alat dan desain kafe mumpuni, modal yang diperlukan bisa mencapai hingga sekitar Rp150-200 juta.

Anggapan itu ada benarnya, sih. Bisnis kopi memang terkenal memerlukan modal besar. Namun, toh, bukan berarti dengan modal kecil, kamu tidak bisa bikin bisnis kopi yang ideal. Setidaknya, menurut Yudhistira, seorang bar manager, modal paling minim untuk membuka kedai kopi bisa dijajal dengan modal Rp10 juta.

Untuk menentukan berapa tepatnya modal usaha kedai kopi yang diperlukan, kamu bisa merancang harga menu, target pasar, dan konsep bisnis. Mulai ancang-ancang susun business model canvas-mu, nih, soal berapa modal, siapa target, dan bagaimana strategi bisnisnya amat disarankan.

“Yang mahal itu sewa tempatnya. Kalau di rumah sendiri Rp10 juta, ya, jadi. Untuk alat-alat manual brew Rp6 juta sudah dapat satu set. Hasilnya beda kalau manual brew itu hasilnya lebih light, beda rasanya dengan mesin, untuk body kopi kuatan yang dengan mesin,” jelasnya.

Baca juga: Ramai Bisnis Boba Tea & Minuman Kekinian, Bagaimana Sih Cara Memulainya?

Selain lokasi dan alat untuk produksi menu kopimu, yuk kita evaluasi apakah model bisnismu sudah sesuai dengan poin-poin ini:

1. Modal

Pastikan kamu telah menyiapkan modal usaha kedai kopi. Kamu bisa mendapatkan modal dari duit tabungan atau mengajukan pinjaman. Jika memutuskan untuk mengajukan kredit, pastikan kamu sanggup membayar cicilannya.

2. Lokasi

Temukan lokasi kedai yang sesuai dengan target pasarmu, karena kata orang-orang lokasi menentukan prestasi.

3. Peralatan dan Perlengkapan

jangan lupa membeli perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Seperti misalnya peralatan yang betul-betul pokok untuk bisnismu, yakni meja dan kursi, alat atau mesin pembuat kopi, mesin kasir, dan lain-lain.

Berikut ini perkiraan modal usaha kedai kopi untuk peralatan dan perlengkapan:

Peralatan

Modal awal usaha Harga 
Moka pot Rp 100.000
Syphon Rp 850.000
V60 Rp 100.000
Vietnam drip Rp 130.000
French press Rp 80.000
Milk jug Rp 100.000
Grinder listrik Rp 400.000
Ketel Rp 280.000
Mini burner Rp 85.000
Milk frother Rp 100.000
Total modal usaha kedai kopi
Rp 2.225.000

Perlengkapan 

Modal awal usaha  Harga 
Meja barista Rp 2.000.000
Meja kursi sederhana Rp 750.000
Rak kayu Rp 200.000
kulkas Rp 1.000.000
Biji kopi, susu, dan bahan makanan Rp 1.500.000
Total modal usaha kedai kopi Rp 5.450.000

 

4. Konsep Kedai

Kendati bermodal kecil, kamu tentu bisa menang di soal konsep. Pikirkan matang-matang seperti apa konsep yang cocok dengan target pasar yang kamu tuju.

5. Pemasok Biji Kopi yang Tepat

Kamu bisa temukan distributor biji kopi berkualitas di seantero negeri ini. Tugasmu adalah mempelajari bagaimana memilih biji kopi yang terbaik dan pastinya cocok dengan modal usahamu.

Selanjutnya, saat kamu sudah menjalankan bisnis kopi tersebut, kamu perlu ingat untuk terus mengikuti perkembangan sektor bisnis yang kamu lakoni. Mengikuti tren bisa membantumu untuk tahu pergeseran selera konsumen dari waktu ke waktu dan membantu bisnismu tetap bertahan di situasi sulit sekalipun.

Mau menekan modal usaha kedai kopi kamu menjadi lebih rendah lagi? Nah, kamu mungkin masih bisa coba tips berikut ini:

  • Membangun kerja sama dengan bisnis lain
  • Berbagi uang sewa lokasi
  • Beli keperluan kedai kopi di tempat bekas
  • Pertimbangkan menjadi merchant juga agar menu di kedai kopimu bisa dipesan online
  • Kamu bisa pertimbangkan mobile cafe alias kedai kopi yang bisa berpindah-pindah (menggunakan mobil van) untuk menekan ongkos sewa tempat.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Databoks Katadata, Investor.id, Kompas, Lifepal, 99

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img