Currently set to Index
Currently set to Follow

Ingin Cepat Merdeka Secara Finansial? Simak 6 Motivasi Hidup Sukses Ini!

Memiliki motivasi hidup memang penting. Terutama jika kita berbicara soal finansial alias keuangan, nih. Bertanggung jawab secara finansial penting untuk kesehatan dan kehidupan finansialmu. Untuk “motivasi hidup sukses sesuai kemampuan” berarti apa yang kamu belanjakan setiap bulan kurang dari atau setidaknya sama dengan jumlah uang yang kamu hasilkan setiap bulan. Bagi banyak orang, ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Kartu kredit, pinjaman, tabungan, dan bahkan dana darurat memungkinkanmu membeli lebih banyak barang daripada yang biasanya diizinkan oleh pendapatanmu. Sayangnya, gaya hidup seperti itu tidak berkelanjutan dan, pada titik tertentu, pengeluaran sembrono akan mengejarmu.

Belajar untuk hidup di bawah kemampuanmu akan membantu menghindari kehancuran finansial. Serta menemukan kedamaian yang datang dengan pemahaman bagaimana motivasi hidup sukses sesuai kemampuan.

Baca: Jangan Boros dengan Dana Daruratmu, Ini 5 Strategi Aman Hadapi Krisis

#1 Motivasi Hidup Sukses: Ketahui Penghasilanmu

Ketahuilah, motivasi hidup sukses datang jika kamu memiliki kesadaran penuh akan pengaturan anggaran. Jika kamu ingin hidup sukses sesuai kemampuan, kamu harus tahu sejauh mana kemampuanmu. Tetapi hanya mengetahui gaji tahunan atau tarif per jam tidak cukup untuk membantumu hidup di bawah kemampuanmu.

Kamu perlu mengetahui pendapatan bersih yang muncul di gajimu — jumlah yang sebenarnya harus kamu belanjakan.

Kamu juga perlu mengetahui seberapa sering kamu menerima uang sehingga kamu dapat menyesuaikan waktu pendapatan dengan tagihanmu dengan lebih baik. Karena sebagian besar tagihanmu dibayar setiap bulan, kamu perlu mengetahui berapa banyak kamu dibayar setiap bulan.

Kalikan gaji mingguan dengan empat dan gaji dua mingguan dengan dua untuk mendapatkan gaji bulananmu.

#2 Atur Pengeluaran Lebih Kecil Daripada yang Kamu Dapatkan

Setelah kamu mengetahui berapa banyak yang kamu hasilkan, kamu dapat fokus untuk mengurangi pengeluaran agar sesuai dengan penghasilan. Jika kamu belum memilikinya, buat anggaran untuk merencanakan pengeluaranmu dan gunakan untuk menjaga pengeluaranmu tetap pada jalurnya.

Jika kamu sudah mencoba penganggaran dan tidak berhasil, coba lagi. Seringkali kamu hanya perlu membuat beberapa perubahan kecil pada anggaranmu agar efektif. Dengan begitu, kamu akan hidup sukses sesuai kemampuan.

Baca: Enggak Selamanya Merugikan, Ini Lho Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Kamu Tahu!

Jika kamu ingin menjaga prosesnya tetap sederhana, cobalah metode yang disebut “penganggaran mundur”. Tuliskan penghasilanmu, lalu mulai kurangi setiap pengeluaran yang kamu bayarkan setiap bulan. Jika kamu mendapatkan angka negatif, maka kamu menghabiskan terlalu banyak dan perlu mengurangi.

#3 Motivasi Penyemangat Hidup Sukses: Tambahkan Penghasilanmu

Jika pengeluaranmu sangat minim dan kamu masih menghabiskan lebih banyak uang daripada yang kamu hasilkan, maka kamu mungkin perlu meningkatkan penghasilanmu. Jika kamu biasanya mendapatkan pengembalian pajak, kamu mungkin dapat menyesuaikan pemotongan pajak untuk mendapatkan lebih banyak uang dalam gajimu.

Kamu juga harus memastikan kamu terdaftar untuk kesehatan yang tepat, kecacatan, dan manfaat lain yang diberikan perusahaan. Terakhir, kamu mungkin perlu mendapatkan pekerjaan dengan gaji lebih tinggi atau bahkan pekerjaan sampingan untuk membantu memenuhi kebutuhan.

Ingat, tujuanmu adalah untuk hidup sesuai kemampuan  dan mendapatkan kebebasan finansial dan hidup sukses sesuai kemampuan.

#4 Berhenti Mengandalkan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan atau menutupi biaya hidup lainnya bukanlah cara untuk hidup di bawah kemampuanmu. Saat kamu merencanakan anggaran, singkirkan sepenuhnya kartu kredit sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan.

Baca: PHK Bisa Terjadi Kapan Saja, Ketahui Prosedur dan Hak-hakmu Sebelum Terjadi

Kartu kredit tidak dapat diandalkan karena perusahaan kartu kreditmu dapat menurunkan batas kredit atau bahkan menutup kartu kredit kapan saja tanpa peringatan. 

#5 Mulai Kumpulkan Dana Darurat

Jika kamu sudah memiliki motivasi hidup yang kuat dan sudah tahu mau arah mana yang akan kamu ambil. Salah satu bentuk motivasi hidup soal keuangan adalah memiliki tabungan yang dikhususkan untuk keadaan darurat akan mencegahmu menggunakan kartu kredit setiap kali kamu mengalami keadaan darurat keuangan. 

Gunakan anggaranmu untuk mencari tahu apa yang mampu kamu hemat setiap bulan, lalu siapkan transfer otomatis untuk mempermudah pencapaian sasaran tabunganmu. Inilah yang disebut dengan hidup sukses sesuai kemampuan.

Baca: Bisa Bantu Saat Krisis, Ini 5 Trik Memulai Dana Darurat Tanpa Ganggu Cashflow

#6 Perhatikan Masa Depan Keuanganmu Dengan Hidup Sesuai Kemampuan

Jika kamu terbiasa mengeluarkan uang berlebihan, mengembalikan anggaran ke jalurnya mungkin terdengar berlebihan. Tetapi langkah-langkah pertama yang sederhana ini akan membantumu membuat kemajuan menuju tujuan pengeluaranmu berdasarkan apa yang kamu buat. Dari situ, kamu bisa mulai menabung untuk masa depan daripada mengkhawatirkan cara membayar tagihan.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: thebalance.com

Baca juga:

Syarat & Ketentuan Festival Cuan Online 12.12, Nabung Emas Online Banyak Diskonnya!

Jangan Boros dengan Dana Daruratmu, Ini 5 Strategi Aman Hadapi Krisis

Bisa Bantu Saat Krisis, Ini 5 Trik Memulai Dana Darurat Tanpa Ganggu Cashflow

27 Kata-kata Motivasi dari Tokoh Sukses Dunia Ini Jamin Bikin Kamu Semangat Lagi!

Selain Gak Bikin Kantong Jebol, Ini 5 Manfaat Gaya Hidup Minimalis untuk Keuanganmu

Catat! 7 Rahasia Sukses Hidup Minimalis Seperti Mark Zuckerberg

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img