Penat di Kantor? Coba 7 Tips Ini yang Bisa Dongkrak Motivasi Kerjamu!

Jelang akhir tahun, nih! Beberapa dari kamu pasti sudah merasa penat dan jenuh, ya? Terutama karena banyaknya tugas atau deadline menumpuk, rasanya butuh motivasi kerja ekstra, deh. Cari contoh motivasi kerja untuk mengakhiri tahun ini dengan sebaik-baiknya, yuk!

Perlahan, rutinitas bisa berperan menurunkan daya dan motivasi kerja kita. Kalau ini sampai bedampak ke kinerjamu dan menyulitkan menghadapi karier, mesti buru-buru cari cara untuk mendongkrak motivasi, dong.

contoh motivasi kerja

Belum lagi nanti setelah kembali dari liburan panjang, kamu mesti memikirkan contoh motivasi kerja yang bikin semangat memulai hari lagi. Jangan khawatir, dengan tips-tips berikut ini, kamu akan selalu bisa dongkrak motivasi kerja.

Tak usah panik karena “kehabisan amunisi” untuk bekerja. Berikut ini motivasi kerja untuk kamu supaya semangat menghadapi akhir tahun!

Baca juga: Jangan Dibiarkan, Stres di Tempat Kerja Harus Segera Ditangani dengan Cara Ini!

Motivasi kerja #1 Refleksikan lagi tujuanmu bekerja

Saat merasa penat dan jenuh, kamu tentu akan merasa kurang bersemangat untuk kerja. Nah, momen begini pas banget dipakai untuk mengingat-ingat lagi alias merefleksikan tujuanmu bekerja.

Setiap orang pasti punya tujuan berbeda saat memilih pekerjaan tertentu. Entah itu untuk memperoleh uang demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, atau untuk membiayai sekolah adik atau jadi tulang punggung keluarga, hingga mewujudkan impian yang tertunda.

Ini kesempatanmu untuk mengingat lagi apa tujuanmu. Semangat dan motivasi kerja akan kembali muncul perlahan begitu kamu pancangkan kembali tujuan ini.

Motivasi kerja #2 Bersyukur dan berpikir positif

Rutinitas yang monoton memang membosankan. Tapi dengan bersyukur dan berterima kasih atas pekerjaan yang kamu peroleh, kamu barangkali akan merasa energik kembali untuk bekerja. Yakinkan dirimu bahwa kamu bisa mengerjakan setiap pekerjaan sebaik mungkin.

Berpikir positif akan membantumu untuk bertahan dan memompa semangat baru. Dan jangan sampai menambah pikiran negatif yang bisa menghambat pekerjaanmu. Jadi, saat kamu merasa penat, pikirkan saja hal yang menyenangkan dan betapa beruntungnya kamu berada di posisi kerjamu sekarang.

#3 Saatnya menghadiahi dan memberi penghargaan bagi dirimu

Terkadang karena terlalu terpancang pada ide untuk bekerja, bekerja, dan bekerja, kita melupakan kebutuhan diri sendiri. Saat merasa lelah, kita merasakan kurang bergairah menghadapi pekerjaan. Apalagi jika badan dan pikiran diforsir terus-menerus untuk pekerjaan.

Pada saat begini, kamu perlu pertimbangkan untuk beri hadiah bagi dirimu. Semacam penghargaan yang kamu berikan kepada dirimu karena berhasil melalui tanggung jawab pekerjaan yang selama ini menyita energimu.

Selain hadiah, kamu juga bisa memberi penghargaan bagi dirimu lewat melakukan kegiatan yang membangkitkan semangat dan memberi motivasi kerja.

Buatlah agenda di akhir pekan!

Contohnya, kamu bisa lakukan kegiatan yang sesuai dengan hobi. Entah itu kumpul dengan teman atau keluarga, berlibur, belanja, atau kegiatan lain yang membuat pikiranmu rileks. Bila kamu sudah merasa lebih segar, kamu tentu akan bisa mulai kerja dengan semangat baru.

Jadi, ingatlah selalu luangkan waktu untuk diri sendiri, ya, terutama saat weekend.

Baca juga: 21 Usaha Sampingan dengan Modal Minim yang Jamin Bikin Kamu Cuan

#4 Cintai pekerjaanmu dan lakukan yang terbaik

Kamu akan merasa terbebani bila tidak mencintai apa yang kamu kerjakan. Jadi, belajarlah untuk mencintai pekerjaanmu dan segala tugas serta tanggung jawab dalam pekerjaan itu.

Melakoni pekerjaan dengan perasaan senang akan memberi hasil terbaik bagimu. Jika kinerjamu bagus di tempat kerja, tentu kariermu akan meningkat dan kamu akan dapat bonus.

Jadi, jangan sampai sia-siakan kesempatan memperoleh bonus dari perusahaan hanya karena saat ini kamu merasa penat dan terkesan moody.

#5 Jangan merasa takut atau ragu

Motivasi kerja terkadang bisa redup ketika kamu merasa ragu atas dirimu sendiri. Buang jauh-jauh rasa ragu ini karena justru akan merugikanmu. Sebaiknya kamu memilih pekerjaan yang memang kamu merasa nyaman mengerjakannya.

Bekerjalah dengan maksimal, tunjukkan kemampuan terbaik yang bisa kamu sumbangkan untuk pekerjaanmu. Untuk mengatasi rasa ragu, kamu juga bisa berinteraksi dengan rekan kerjamu dan tanyakan apa yang dapat kamu tingkatkan dari performamu.

Berkumpul bersama teman di luar kantor juga bisa memupuk rasa percaya dirimu. Pilih kegiatan yang ampuh mengembalikan semangat dan contoh motivasi kerja buatmu.

#6 Ingat, banyak orang yang membutuhkan pekerjaanmu saat ini

Di luar sana, ada banyak pengangguran yang berjibaku mencari pekerjaan. Saat gairah kerjamu mengendur, pikirkanlah betapa kamu beruntung berada di posisimu saat ini.

Mereka mati-matian mencari kerja, sementara kamu sudah mendapatkan pekerjaan yang mereka impikan.

Terkadang, mensyukuri dan merasa beruntung atas pekerjaan dan gaji tetap yang kamu peroleh bukan berarti kamu jumawa.

Demi meningkatkan motivasi kerja, cobalah memandang ke bawah dan jangan melulu ke atas, ini setidaknya bisa bantu kamu melihat ragam warna dunia. Dan ingat, ucapkan rasa syukur atas pekerjaanmu saat ini.

#7 Motivasi terbaik datang dari diri sendiri

Pahamilah bahwa contoh motivasi kerja terbaik hanya bisa kamu dapatkan dari dalam dirimu. Meski orang tua atau sahabatmu dapat membantu mendongkrak semangat, tapi kamulah yang tahu yang terbaik bagimu.

Untuk ini, kamu tampaknya perlu membuat catatan mengenai prestasi atau apa pun yang berhasil kamu raih atau capai dalam pekerjaanmu. Ini bisa berguna bagimu untuk mengingat semua jerih payahmu. Jangan putus asa atau patah arang hanya karena kerikil kecil di jalan!

Lakukan kebiasaan yang menyenangkan untuk memulai hari. Seperti bangun dan bersiap lebih pagi, nikmati sarapan kesukaanmu, dekorasi meja kerja, hingga bikin to-do list yang manageable! Yang penting, hindari distraksi yang hambat produktivitasmu.

Jadi, masih tetap semangat, kan, melalui rutinitas pekerjaan hingga akhir tahun nanti? Ingat bikin resolusi kerja yang menyenangkan bagi dirimu di tahun baru mendatang, ya!

Sumber: Cermati, Moneysmart

Simak juga:

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Menabung Asyik dengan 5 Cara Fun Ini, yuk!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img