Currently set to Index
Currently set to Follow

Asam Urat Kambuh? Yuk, Sembuhin Pakai 9 Obat Herbal Berikut!

Merasa nyeri di persendian atau rasa tidak nyaman saat berkemih? Dua hal itu bisa jadi pertanda dari adanya asam urat berlebih. Penyakit asam urat atau gout terjadi karena kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Yuk, cari tahu obat asam urat yang aman bagi tubuh.

Dalam kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun, dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih. Saat ini terjadi, tubuh dapat mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat ini. Dan voila, asam urat pun menumpuk.

Penumpukan asam urat alias uric acid ini yang lantas membentuk kristal di sendi dan memicu nyeri di jaringan sendi. Selain di persendian, kristal ini juga dapat terbentuk di ginjal dan saluran kemih yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Terkadang, malah menimbulkan timbunan batu di saluran kemih.

Bila sudah melebihi batas normal, asam urat yang telah mengkristal ini tidak akan bisa larut kembali dalam darah. Hal ini yang memicu sel-sel kekebalan dalam tubuh untuk memusnahkannya dan menimbulkan reaksi nyeri pada tubuh.

Pada kasus nyeri semacam itu, tentu diperlukan obat asam urat untuk mengurangi rasa nyeri hingga menstabilkan kadar asam urat darah. Selain pengobatan medis, konsumsi obat herbal juga dianjurkan untuk mengobati penyakit ini.

Baca juga: Batuk, Bund? Simak 7 Obat Radang Tenggorokan Alami dan Murah di Sini!

Asam Urat Kambuh? Yuk, Sembuhin Pakai 9 Obat Herbal Berikut!, Pluang

Jenis-Jenis Obat Asam Urat Herbal

Berdasarkan laman resmi Kementerian Kesehatan RI, berikut ini 9 tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat:

1. Jinten Hitam

Lantaran mengandung efek antiradang, jinten hitam dapat menjadi obat asam urat yang berkhasiat untuk meredakan peradangan pada sendi.

2. Sambiloto

Kendati rasanya pahit, sambiloto memiliki kandungan zat kimia seperti alkane, keton, aldehid, flavonoid, kalsium, kalium, dan natrium. Karena banyak kandungan zat penting tersebut, sambiloto juga bersifat antinyeri, antiradang, dan menawarkan racun.

Kamu dapat membuat ramuan sambiloto dengan memanfaatkan daunnya. Tinggal siapkan sambiloto kering 10 gram, temulawak 10 gram, komfrey 5-10 gram, lada 1 gram, dan 5 gelas air. Selanjutnya, rebus semua bahan tersebut dan sisakan hingga tiga gelas.

Hasil rebusan daun sambiloto ini dapat dikonsumsi tiga kali sehari sebelum makan atau dua jam usai makan.

3. Legundi

Bunga maupun daun legundi adalah tanaman herbal yang terbukti ampuh untuk atasi asam urat. Obat asam urat herbal ini mengendalikan rasa sakit akibat kristalisasi asam urat di persendian lantaran kandungan zat yang efektif mengendalikan rasa sakit dan inflamasi radang sendi dan sciatica.

Untuk memperolehnya, legundi dapat dijumpai sebagai tanamn liar, yang tumbuh di daerah hutan jati, hutan sekunder, tepi jalan, dan pematang sawah.

4. Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing dikenal lama sebagai obat asam urat yang berkhasiat menjadi penghancur batu di ginjal atau saluran kencing. Sifat diuretiknya membantu membuang asam urat berlebih melalui kencing.

Yang dibutuhkan untuk mengkonsumsinya adalah dengan menjadikannya ramuan. Siapkan daun kumis kucing kering sebanyak 10 gram, meniran kering 10 gram, sawi tanah kering 10 gram, jahe merah memar kering 15 gram, dan kapulaga kering 10 gram. Lantas, rebus semua bahan tersebut dalam 1 liter air hingga tersisa hanya 500 ml rebusan. Rebusan kumis kucing ini dianjurkan untuk dikonsumsi tiga kali sehari.

5. Daun Salam 

Tidak hanya wangi dan sedap untuk masakan, daun salam pun bermanfaat sebagai obat asam urat. Untuk meramu daun salam sebagai obat, kamu hanya tinggal merebus 10-25 daun salam dengan 3 gelas air. Rebus hingga yang tersisa tinggal satu gelas rebusan daun salam. Hasil rebusan daun salam ini dianjurkan untuk diminum dua kali dalam sehari.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Daun Kelor! Ini Lho, Manfaat Luar Biasanya Bagi Kesehatan!

6. Jahe Merah

Khasiat jahe merah yang mengandung zat antiradang tentu juga menjadikannya baik bagi obat asam urat. Konsumsi jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan sendi dan membuang tumpukan asam urat serta memperlancar sirkulasi darah.

Selain itu, jahe merah juga dapat meningkatkan nafsu makan dan memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan.

7. Brotowali

Brotowali terkenal akan khasiatnya sebagai tanaman herbal yang meningkatkan sistem tubuh (imuno-modulator). Karena itu, khasiatnya dapat digunakan untuk memperkuat tubuh dalam menahan serangan penyakit.

Semestinya brotowali dapat dikonsumsi dengan rebusan tanaman herbal lainnya untuk bantu redakan gejala penyakit asam urat. Selain atasi asam urat, brotowali bermanfaat mengatasi diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dan menyehatkan organ-organ vital tubuh.

8. Teh Hijau

Kandungan polifenol dalam teh hijau adalah yang bekerja sebagai antioksidan pencegah serangan asam urat dan menjadikannya obat asam urat yang baik juga.

Teh hijau juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Riset oleh Universitas Michigan tunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mencegah produksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada pasien asam urat.

9. Sidaguri

Tanaman liar yang banyak tumbuh di tepi jalan, halaman berumput, hutan, dan persawahan ini mengandung alkaloid ephedrine, terutama pada bijinya, yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan senyawa ini berguna, di antaranya untuk efek mendinginkan badan (mengobati demam), melancarkan pencernaan, menyusutkan jaringan (astringent), menguatkan stamina, hingga merangsang produksi air kencing (diuretik).

Dengan berbagai manfaatnya itu, sidaguri juga dapat mengatasi hematuria, cystitis, kelemahan seksual, dan bahkan mengatasi kualitas sperma buruk.

Obat Asam Urat: Perlu Dikonsumsi Secara Rutin

Lantaran konon asam urat tidak bisa disembuhkan secara total, tentu usaha untuk konsumsi tanaman herbal di atas perlu dilakukan secara rutin demi mengendalikan gejala dan mengurangi nyeri yang muncul.

Selain konsumsi tanaman herbal di atas, jangan lupa untuk mengonsumsi banyak air putih. Karena, bagaimanapun, air putih terbukti bisa membantu membuang asam urat berlebih dari tubuh melalui urine meski kadarnya tidak sebanyak tanaman herbal di atas.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Kompas

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img