Currently set to Index
Currently set to Follow

Batuk, Bund? Simak 7 Obat Radang Tenggorokan Alami dan Murah di Sini!

Di era serba digital ini, kita mungkin saja bisa dengan instan membeli obat radang tenggorokan dari apotek. Tapi, kalau ada waktu, coba deh manfaatkan bahan-bahan herbal yang tersedia di rumah dan menggodoknya jadi obat alami untuk mengobati radang tenggorokan.

Selain memberi sensasi yang berbeda, semacam berasa jadi tabib untuk diri sendiri, kamu jadi tahu kalau bahan-bahan alami yang kamu simpan di dapur, ternyata ada gunanya.

Umumnya, penderita radang tenggorokan akan merasakan nyeri, gatal, dan rasa tak nyaman di tenggorokan. Rasa sakitnya pun kerap kian terasa bila digunakan untuk menelan makanan atau berbicara.

Radang tenggorokan biasanya, sih, diakibatkan oleh infeksi virus seperti virus influenza (flu). Selain itu, bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes, alergi, udara kering, hingga gangguan lambung.

Mayo Clinic menjelaskan bahwa umumnya penderita radang tenggorokan akan merasakan beberapa gejala berikut:

  • Tenggorokan terasa sakit, atau kelenjar di leher terasa gatal. Ini bisa disertai rahang yang bengkak atau terasa sakit.
  • Amandel membengkak atau memerah
  • Muncul bercak putih pada amandel
  • Suara berubah serak

Selain gejala itu, gejala yang bikin orang cepat-cepat cari obat radang tenggorokan adalah jika mereka mengalami demam, batuk, badan  pegal, sakit kepala, mual, hingga muntah. Kabar baiknya, penyakit ini bukan kondisi kesehatan yang perlu dikhawatirkan.

Baca juga: Bikin Hand Sanitizer di Rumah dengan Bahan Seadanya, Begini Caranya!

Batuk, Bund? Simak 7 Obat Radang Tenggorokan Alami dan Murah di Sini!, Pluang

Radang tenggorokan dapat disembuhkan dengan mengonsumsi beberapa bahan alami yang ada di rumah. Menurut Healthline, berikut ini beberapa obat radang tenggorokan alami:

1. Larutan Garam

Hanya dengan berkumur dengan larutan garam, kamu dapat meredakan gejala radang tenggorokan yang membandel. Campuran air dan garam dapat membersihkan kotoran yang tertinggal di mulut, sekaligus membasmi bakteri di tenggorokan.

Campurkan saja setengah sendok teh garam dengan segelas air putih hangat. Gunakan larutan air garam untuk berkumur setiap tiga jam sekali, hingga gejala radang tenggorokan membaik.

2. Bawang Putih

Bawang putih potensial jadi obat radang tenggorokan alami karena memiliki sifat antibakteri, yakni kandungan senyawa allicin. Senyawa ini ampuh melawan infeksi.

Untuk membantu pengobatan radang tenggorokan, kamu bisa kunyah langsung bawang putihnya, atau kamu bisa campurkan dalam masakan.

3. Madu

Madu ampuh jadi obat radang tenggorokan dan mengatasi batuk. Terutama kalau kamu mengalaminya di malam hari, kamu bisa coba tenggak madu sebelum tidur.

Madu merupakan obat alami untuk batuk dan radang yang sudah digunakan turun-temurun. Ini karena madu memiliki formula penyembuh luka sehingga bisa digunakan untuk membantu mengatasi peradangan.

Baca juga: Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

4. Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki formula yang bisa menenangkan peradangan. Ini lantaran teh chamomile memiliki zat yang bersifat antiperadangan dan antioksidan.

Beberapa penelitian membuktikan, menghirup uap dan minum teh chamomile dapat membantu mengobati radang tenggorokan dan pilek. Teh ini juga bisa merangsang sistem daya tahan tubuh untuk melawan infeksi yang menjadi biang radang tenggorokan.

5. Cuka Apel

Cuka apel menjadi obat radang tenggorokan yang ampuh karena mengandung bahan antibakteri. Sejumlah penelitian membuktikan cuka apel memiliki efek antimikroba untuk membantu melawan infeksi.

Sifat alami cuka apel dapat memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Kamu tinggal encerkan saja satu hingga dua sendok makan cuka apel ke dalam satu cangkir air. Gunakan larutan cuka apel itu untuk berkumur selama dua jam sekali sampai gejala penyakit reda.

6. Larutan Soda Kue

Larutan soda kue bisa digunakan untuk berkumur mengobati radang tenggorokan. Selain bisa membunuh bakteri, larutan soda kue ampuh mencegah pertumbuhan ragi serta jamur.

Campurkan saja 1/4 sendok teh  soda kue, 1/8 sendok teh garam, dan satu cangkir air hangat. Gunakan campuran larutan soda kue tersebut untuk berkumur tiga jam sekali.

7. Peppermint

Peppermint selama ini dikenal sebagai obat alami untuk mengharumkan napas tak sedap. Rupanya, peppermint juga bisa jadi obat radang tenggorokan yang ampuh, lho! Ini karena peppermint mengandung mentol yang dapat mengencerkan lendir dan menenangkan radang tenggorokan.

Zat yang terkandung di peppermint juga memiliki khasiat antiperadangan, antibakteri, sekaligus antivirus. Hanya saja, untuk bisa memperoleh khasiat-khasiat itu, jangan lupa untuk mencampurkan minyak esensial peppermint dengan minyak pengencer.

Gunakan lima minyak esensial peppermint yang dicampurkan dengan satu ons minyak pengencer seperti minyak zaitun, almond, atau minyak kelapa. Jangan pernah menelan minyak esensial, termasuk minyak esensial peppermint, secara langsung karena akan membahayakan kesehatan.

Apakah salah satu dari ketujuh bahan alami di atas ada di dapurmu? Kalau ya, selamat bereksperimen dengan obat alami untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan batuk, ya! Tapi ingat, perlu diperhatikan, kamu perlu ke dokter apabila radang tenggorokan yang berlangsung lebih dari seminggu tidak dapat disembuhkan dengan obat-obat alami di atas.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Kontan, Kompas

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img