Tetap Bugar Kala Pandemi, Ini 3 Cara Simpel untuk Olahraga #dirumahaja

Olahraga di rumah jadi pilihan sebagian besar orang saat PSBB akibat pandemi Covid-19 diterapkan. Sebulan di rumah dan kerjanya hanya makan dan tidur, otomatis olahraga di rumah untuk mengecilkan perut pun menjadi informasi yang diburu pada hari-hari ini.

Selain membuat perut buncit, rutinitas baru kita akibat wabah ini membuat banyak aktivitas kita sehari-hari terbatas daya geraknya. Terlalu intens bekerja di rumah tanpa banyak bergerak bisa membuat leher dan punggung cedera.

olahraga sehat di rumah

Untuk mengurangi dampak cedera, kamu perlu menjadwalkan olahraga di rumah secara rutin. Baik olahraga di rumah untuk mengecilkan perut, ataupun menjaga daya tahan otot leher dan punggung dalam menghadapi masa WFH ini.

Gerakan sederhana disarankan untuk dilakukan dalam satu set setiap dua jam sekali. Atau, bisa juga dengan memilih gerakan yang ringan bagi tubuh.

Yang penting, selama aktivitas gerak terbatas, kamu memastikan otot, sendi, dan ligamenmu mendapatkan porsi geraknya lewat olahraga di rumah.

Berikut ini lima kegiatan olahraga yang bisa kamu lakukan selama menerapkan penjarakan fisik (physical distancing) alias PSBB.

Baca juga: Hindari Boros, Yuk Hitung Berapa Banyak Kamu Bisa Hemat dari WFH?

#1 Latihan olahraga di rumah ala Ashley Borden

olahraga di rumah

Jika kamu melakukan serangkaian latihan oleh Borden, kamu akan terapkan waktu istirahat selama “30 detik aktif, 30 detik istirahat” setiap 10 menit. Dengan teknik olahraga Borden ini, kamu akan lekas berkeringat dan merasakan seluruh tubuhmu bergerak.

Berikut ini langkah-langkah olahraga di rumah versi Borden:

  • Lakukan 15 air squat, 20 lateral bounds, dan merangkak seperti seekor beruang sebanyak lima kali ke satu sisi ruangan, lalu lakukan lima laki lagi ke sisi lain. Ulangi ini selama tujuh menit.
  • Coba lakukan hal ini empat kali: bergantian membolak-balik dada kiri ke kanan, lompat jongkok, planks dengan sikut sambil meraih masing-masing lengan. Lalu lakukan lagi posisi merangkak beruang masing-masing selama 20 detik, diikuti 10 detik istirahat per latihan.
  • Lalu, duduklah menyender ke dinding. Duduk menyender di dinding dengan berusaha menjangkau sesuatu. Kemudian lakukan posisi menonjok ke langit seperti Superman masing-masing selama 30 detik.
  • Semua gerakan ini perlu diikuti istirahat 30 detik setiap 10 menit.

Borden merekomendasikan supaya kamu menggunakan stopwatch ketika kamu berolahraga supaya kamu dapat menghitung secara presisi gerakanmu.

Kamu bisa tonton ratusan video latihan olahraga di rumah lengkap dari Borden lewat kanal YouTube-nya.

#2 Tonton channel YouTube yang tawarkan program olahraga di rumah

Selain Borden, beberapa channel YouTube juga menawarkan program latihan olahraga gratis. Yang paling disukai di antaranya:

  • Planet Fitness, dengan durasi video latihan olahraga 20 menit. Di Facebook page-nya, kamu bisa temukan latihan olahraga di rumah diperuntukkan dari Senin hingga Jumat malam. Video Facebook itu lantas diunggah ke halaman YouTube-nya.

olahraga di rumah untuk mengecilkan perut

  • Yoga with Adriene, di sini kamu bakal temukan lusinan latihan yoga dengan durasi sekitar 5 hingga 40 menit. Ada video berbeda untuk setiap level.

pop sugar fitness

  • PopSugar Fitness, kamu bakal temukan lusinan video latihan dengan intensitas tinggi di sini. Mulai dari kardio hingga menari, sampai latihan bergerak cepat/kencang masing-masing berdurasi 5 hingga 35 menit.

Baca juga: Sudah Mulai Bosan WFH? Ini 5 Trik Santuy Menghadapi COVID-19

#3 Gunakan aplikasi kebugaran gratis

Untuk mengombinasikan dengan video-video yang kamu tonton di YouTube, kamu bisa juga unduh dan pasang beberapa aplikasi untuk membantu program olahraga di rumah.

Sejumlah aplikasi ini gratis dan menawarkan banyak program latihan olahraga:

  • Aplikasi Yoga for Beginners, memiliki banyak latihan berdurasi 10 menit yang bisa bantu meningkatkan energi dan fleksibilitas tubuhmu, ataupun untuk pengencangan otot.
  • Daily Workouts, aplikasi dengan serangkaian program latihan olahraga di rumah berdurasi 10, 20, hingga 30 menit yang ditargetkan untuk gerak perut, lengan, kaki, atau seluruh tubuh.

nike training club

  • Aplikasi Nike Training Club, kamu bisa akses latihan harian baru setiap harinya. Kegiatan olahraga di rumah dengan target gerak untuk tubuh bagian bawah, tubuh bagian atas, tubuh bagian inti (core), dll. Latihannya berlangsung selama 15 hingga 45 menit. Beberapa latihan premium bisa diakses dengan membayar keanggotaan USD 14,9 per bulan.

Selain menonton banyak video olahraga di rumah atau memasang aplikasi khusus, kamu juga bisa lho manfaatkan aplikasi Videocall untuk menelepon teman dan berjoget bareng. Atau, sekadar jalan santai/jalan di tempat saja sementara melakukan pekerjaan rutin.

Kamu mesti ingat untuk jangan sampai terlena. Di masa pandemi ini, kamu mesti jaga imunitas tubuh dengan makan sehat dan teratur, juga jangan lupakan olahraga di rumah. Tetap jaga kesehatan, ya!

Sumber: CNBC

Simak juga:

Psst.. Ini 5 Rahasia Sukses Warren Buffett, Tokoh Investasi Paling Sukses di Dunia

Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Ada Nggak Sih Pajak Penjualan Emas Batangan dan Bagaimana Perhitungannya?

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya Jadi Wanita Karier Sukses!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img