Currently set to Index
Currently set to Follow

Kata Siapa Orang Introvert Cemen? Nih, Simak 5 Orang Introvert yang Sukses Berat!

Selama ini, orang introvert selalu dipandang cemen karena mereka lebih menyukai suasana nyaman di kamarnya dan memilih tidak bersosialisasi dalam pesta-pesta. Banyak orang masih beranggapan, sosialisasi dalam acara-acara bisnis adalah hal mutlak yang mengantar ke jejaring bisnis dan mengantarkan ke kesuksesan. Menariknya, semakin hari, mitos ini terpatahkan. Hari ini, kita lihat makin banyak saja nama orang introvert yang sukses dalam berbisnis.

Pada dasarnya, kategori introvert dan ekstrovert memang bukan faktor penentu utama kesuksesan. Dua hal tersebut adalah kategori yang didasarkan pada bagaimana seseorang memilih menghabiskan waktunya.

Introvert cenderung lebih menyukai keadaan yang tenang, soliter, introspektif. Sementara ekstrovert lebih menyukai lingkungan yang energik, kolaboratif, dan sosial. Apa yang bakal membedakan mereka ketika berbisnis?

Seorang pengusaha karismatik biasanya identik dengan ekstroversi. Karisma seorang pebisnis membantunya mendapatkan lebih banyak koneksi atau menginspirasi karyawannya. Seorang ekstrovert juga cenderung mendapatkan kepercayaan lebih cepat dan mendapat sorotan media lebih banyak.

Memang, dalam urusan bisnis, jadi supel dan ramah sebagaimana kekuatan seorang ekstrovert bakal membantu siapa pun bertemu orang baru di acara-acara yang menyediakan jejaring bisnis. Gaya hidup para pebisnis memang membuat mereka mesti akrab dengan suasana yang berisik, sesuatu yang tidak dinikmati seorang introvert.

Baca juga: Mulailah Sedini Mungkin, 6 Panduan Cara Jadi Kaya Ini Akan Berarti Besar

Kata Siapa Orang Introvert Cemen? Nih, Simak 5 Orang Introvert yang Sukses Berat!, Pluang

Jadi, bagaimana seorang introvert bisa bertahan, dan bahkan berkembang, di situasi sosial semacam ini?

Berikut ini figur pebisnis penting yang berhasil mengelola introversi mereka dan mendatangkan cuan:

1. Larry Page

larry page
Sumber: Business Insider

Larry Page mendirikan Google bersama Sergey Brin, dan kita tahu bagaimana kisah mereka berakhir. Page menjabat sebagai CEO Google hingga 2001 dan lantas menduduki kembali posisinya pada 2011. Ia bertahan di sana hingga 2015, selama proses migrasi Google ke Alphabet.

Saat itu, banyak yang melihat pemilihan Page sebagai opsi yang aneh. Sebagaimana orang introvert pada umumnya, ia sangat pendiam, dan seperti yang dibayangkan banyak orang, “culun”. Namun, sifatnya yang tenang dan tampak intelektual memungkinkannya untuk menciptakan produk baru yang inovatif. Bahkan, ia berhasil menciptakan merek unik yang masih bertahan dengan imejnya menciptakan ruang kerja dan budaya perusahaan terbaik secara global.

2. Bill Gates

Kata Siapa Orang Introvert Cemen? Nih, Simak 5 Orang Introvert yang Sukses Berat!, Pluang

Kamu mungkin mengenal Bill Gates sebagai pendiri Microsoft, yang kekayaan bersihnya saatnya ini ditaksir mencapai miliaran dolar. Gates juga adalah seorang introvert yang lebih menikmati kerja-kerja soliter. Namun, ia berhasil mengajak kerjasama orang-orang di sekitarnya untuk melengkapi kekuatan dan kelemahannya.

Dalam kata-katanya sendiri, “Jika kamu pintar, kamu bisa belajar mendapatkan manfaat dari jadi seorang introvert. Kerja sepenuhnya dengan dirimu selama berhari-hari untuk memikirkan hal-hal rumit. Baca semua yang dapat kamu nikmati. Dorong dirimu dengan kerja kerasmu. Lalu, saat kamu menemukan sesuatu, bagilah itu pada seorang ekstrovert. Pekerjakan seorang ekstrovert dan lihat bagaimana mereka dapat membantumu.”

3. Warren Buffett

Warren Buffett

Warren Buffett, pendiri dan CEO Berkshire Hathaway, adalah salah seorang terkaya di dunia dan tokoh terkemuka dalam dunia investasi. Ia dikenal dengan keputusan-keputusan yang diambilnya dengan kepala dingin, kegigihan intelektualnya, dan pemikiran kritisnya. Dia adalah orang introvert yang sukses yang, meski sangat tertutup, memimpin salah satu bisnis paling terkemuka di negeri ini.

Ia menjadikan kecerdasan dan sikapnya yang penuh perhitungan itu kunci suksesnya dalam berkomunikasi. Buffett membiarkan hal itu menjadi kekuatannya sebagai orang introvert, dan memperkuat keputusan-keputusan bisnisnya.

4. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg pernah dideskripsikan oleh COO-nya Sheryl Sandberg sebagai “pemalu dan tertutup, dan dia kerap kali tidak terlalu ramah kepada orang yang tidak dikenalnya. Tapi dia hangat.”

Hebatnya, Zuckerberg membangun citranya yang karismatik meski ia terkenal sebagai orang introvert. Terdengar kontradiktif?

Ia mengelilingi dirinya dengan para pemimpin tim yang mampu melengkapi kekuatannya. Dan tentunya, yang memungkinkannya membangun Facebook menjadi perusahaan besar seperti saat ini.

5. Elon Musk

Elon Musk

Mungkin kamu berpikir bahwa sosok Musk yang pernah disebut-sebut sebagai “Steve Job berikutnya” adalah seorang ekstrovert karena ia tampak sangat ambisius dan energik. Jangan salah. Musk terkenal sebagai seorang insinyur yang sangat tertutup dan introvert di masa lalunya.

Musk belajar bahwa ia perlu lebih banyak berkomunikasi dan sosialisasi, karena ini akan membantunya mengembangkan gagasan-gagasannya.

Baca juga: 7 Langkah Optimal untuk Bangun Portofolio Investasi dan Neraca Keuangan

Introvert Juga Bisa Jadi Sosok Karismatik dalam Bisnis

Jadi, apa pelajaran penting yang bisa kamu petik dari para orang introvert hebat dalam daftar di atas?

  1. Introversi tidak menentukan perilakumu

Hanya karena kamu seorang introvert, bukan berarti kamu tidak bisa bersosialisasi. Lihatlah bagaimana Elon Musk dan Warren Buffett mengatasi keharusan mereka untuk sosialisasi dan menjadi figur orang introvert yang sukses. Lampaui introversimu, dan kamu pun sebagai introvert bisa, kok, jadi sosok komunikatif dan karismatik.

2. Ada beberapa keuntungan dari menjadi introvert

Banggalah dengan sisi introvert di dirimu. Introvert cenderung lebih kontemplatif. Sebagai seorang pemikir, mereka tergolong orang-orang yang sangat teliti dan memperhatikan detail. Jadi, gunakan kelebihan itu untuk mendapatkan solusi yang lebih baik bagi bisnismu.

3. Keberhasilanmu ditentukan oleh tindakanmu

Introversi atau ekstroversi bukan faktor utama sukses atau tidaknya seseorang. Yang menentukan kesuksesan seseorang adalah bagaimana ia bertindak dan membuat keputusan dalam perkara-perkara penting di hidupnya.

4. Kamu selalu bisa melampaui kelemahanmu

Kalau kamu merasa introversi adalah faktor lemahmu, kamu selalu bisa menutupi celah kelemahan ini. Misalnya, kamu bisa menemukan rekan satu tim seorang ekstrovert yang bisa membantumu lebih berkembang.

Poin penting yang harus kamu ingat sebagai orang introvert: kamu pun bisa menjadi karismatik dan berhasil dengan bisnismu. Kamu hanya memiliki seperangkat keterampilan dan pendekatan berbeda dalam menghadapi hal-hal di sekitarmu. Dan tentunya, kamu selalu bisa membangun tim yang hebat untuk bisnismu.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Entrepreneur Asia Pacific

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img