Currently set to Index
Currently set to Follow

Ini Daftar Orang Terkaya Indonesia 2020 Versi Forbes

Membahas daftar orang terkaya di Indonesia pada 2020 tak bisa lepas dari apa yang terjadi di tahun ini. Ketika kasus COVID-19 di Indonesia melewati angka setengah juta — penyebaran terbesar di antara negara-negara Asia Tenggara — negara ini tergelincir ke dalam resesi pertamanya sejak krisis keuangan Asia 1997.

Dilansir dari Forbes, perekonomian berkontraksi masing-masing 5,3% dan 3,5% (tahun ke tahun) di kuartal kedua dan ketiga. Indeks saham acuan turun lebih dari 10% dalam 12 bulan terakhir.

Akibatnya, lebih dari setengah dari 50 orang terkaya di negara ini mengalami penurunan kekayaan dari tahun lalu. Terlepas dari penurunan ini, kekayaan kolektif orang-orang super kaya di Indonesia hanya turun 1,2% dari daftar tahun lalu menjadi US$133 miliar.

Baca juga: Kekayaan 10 Orang Terkaya di Dunia Ini Amblas Lantaran Covid-19, Siapa Saja Mereka?

R. Budi dan Michael Hartono selaku pemilik Grup Djarum termasuk yang mengalami peningkatan kekayaan, dan kini memiliki kekayaan US$38,8 miliar, setara Rp547 trilliun (asumsi kurs Rp14.200 per dolar AS). Mereka tetap di menduduki posisi puncak, tempat yang mereka pegang selama belasan tahun.

Keluarga Widjaja dari Grup Sinar Mas mengalami kenaikan kekaayan US$2,3 miliar, paling banyak dalam dolar AS. Mereka mempertahankan status mereka sebagai orang terkaya kedua di negara itu. Di sisi lain, industri petrokimia yang lemah berdampak pada kekayaan Prajogo Pangestu, yang turun 21% menjadi US$6 miliar, meskipun ia tetap di peringkat 3 untuk tahun kedua.

Orang terkaya yang cuan di masa pandemi

Pandemi, yang merupakan tantangan bagi banyak orang, di sisi lain memberikan dorongan kepada beberapa orang. Taipan media Eddy Kusnadi Sariaatmadja adalah salah satu yang meruap cuan tinggi di balik bayangan pandemi.

Kekayaan Eddy dan keluarganya melonjak hampir 80% menjadi US$1,4 miliar — kenaikan terbesar dalam persentase tahun ini. Saham perusahaannya, Elang Mahkota Teknologi (Emtek), melonjak karena dukungan layanan e-commerce dan streaming.

Meningkatnya saham Emtek mendorong nama salah satu pendirinya, Susanto Suwarto untuk pertama kalinya masuk peringkat 50 orang terkaya Indonesia dengan kekaayaan US$475 juta. Insinyur elektronik dan telekomunikasi kelahiran Jakarta ini adalah satu dari tiga pendatang baru dalam daftar tersebut.

Sementara pendatang baru yang lain adalah dua bersaudara Wijono dan Hermanto Tanoko, yang mengendalikan perusahaan cat swasta Avia Avian. Mereka memulai debut di daftar orang terkaya Indonesia dengan kekayaan mencapai US$700 juta.

Baca juga: Apa Itu Kapitalisasi Pasar?

Wajah baru yang ketiga adalah bankir veteran Jerry Ng. Dia mengakuisisi saham di Bank Jago pada tahun lalu, yang kemudian disebut Bank Artos. Ia memiliki rencana untuk mengubahnya menjadi bank digital.

Penerima berkah di masa pandemi lainnya adalah Irwan Hidayat selaku bos Sido Muncul, pembuat jamu terbesar di Indonesia. Saham Sido Muncul naik karena penjualan produknya yang lebih tinggi, seperti obat flu Tolak Angin yang populer, meningkatkan kekayaan keluarganya 41% menjadi US$1,55 miliar.

Di sisi lain, empat orang terkaya Indonesia dari tahun 2019 tidak berhasil masuk ke daftar tahun ini. Dua di antaranya adalah Kusnan dan Rusdi Kirana, selaku bos maskapai penerbangan Lion Air yang bisnisnya menderita karena jumlah perjalanan udara terjun bebas karena pandemi.

Banner Blog Pluang

Berikut daftar 20 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 

  1. Hartono bersaudara total kekayaan US$38,8 miliar
  2. Keluarga Widjaja total kekayaan US$11,9 miliar
  3. Prajogo Pangestu total kekayaan US$6 miliar
  4. Anthoni Salim total kekayaan US$5,9 miliar
  5. Sri Prakash Lohia total kekayaan US$5,6 miliar
  6. Susilo Wonowidjojo total kekayaan US$5,3 miliar
  7. Jogi Hendra Atmadja total kekayaan US$4,3 miliar
  8. Boenjamin Setiawan total kekayaan US$4,1 miliar
  9. Chairul Tanjung dengan total kekayaan US$3,9 miliar
  10. Tahir dengan total kekayaan US$3,3 miliar
  11. Bachtiar Karim dengan total kekayaan US$3,1 miliar
  12. Martua Sitorus dengan total kekayaan US$2 miliar
  13. Putera Sampoerna dengan total kekayaan US$1,8 miliar
  14. Kuncoro Wibowo dengan total kekayaan US$1,75 miliar
  15. Garibaldi Thohir dengan total kekayaan US$1,65 miliar
  16. Theodore Rachmat dengan total kekayaan US$1,6 miliar
  17. Irwan Hidayat dengan total kekayaan US$1,55 miliar
  18. Peter Sondakh dengan total kekayaan US$1,5 miliar
  19. Djoko Susanto dengan total kekayaan US$1,45 miliar
  20. Eddy Kusnadi Sariaatmadja dengan total kekayaan US$1,44 miliar

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img