Tetap Cuan di Akhir Tahun dengan 7 Peluang Bisnis Ini, Minat?

0
891
peluang bisnis akhir tahun

Apa rencanamu untuk akhir tahun ini? Bosan berpesta dan liburan keluar kota? Kenapa tidak coba peluang bisnis akhir tahun yang menggiurkan? Selain bisa mengembangkan bakat bikin usaha menjanjikan untuk pemula, kamu juga bisa dapat duit dari kegiatan positif ini, lho.

Memanfaatkan momen pengujung tahun untuk memperoleh duit tentu menyenangkan. Selain kamu memanfaatkan waktu dengan lebih maksimal, kamu sekaligus juga ikut merayakan momen-momen spesial bagi sebagian besar orang.

Natal dan Tahun Baru tiap tahun selalu jadi momen yang ditunggu banyak orang. Merayakan spesialnya hari Natal dengan keluarga tersayang tentu akan memberimu kehangatan tersendiri. Begitu juga, menyambut tahun baru, kamu bisa membuat resolusi-resolusi yang bermakna untuk tahun yang baru.

usaha menjanjikan untuk pemula

Yuk, cari tahu peluang bisnis akhir tahun dan usaha menjanjikan untuk pemula yang kamu bisa eksplor selama hari-hari jelang liburan Natal dan Tahun Baru.

Berikut ini beberapa peluang yang bisa kamu coba untuk menyemarakkan momen Natal dan Tahun Baru:

Peluang bisnis akhir tahun #1 Jual pernak-pernik hari Natal dan Tahun Baru

Di dua momen sukacita ini, saatnya orang-orang merayakan dengan beribadah, berkumpul dengan keluarga, bertemu teman, dan momen bersenang-senang lainnya

Kamu bisa ikut, lho, menyemarakkan hari-harimu dan menyambut momen gembira ini dengan memburu pernak-pernik Natal seperti gantungan pohon natal, lampu hias, baju santa, topi santa, dll.

Juga untuk tahun baru, kamu bisa bikin daftar panjang barang-barang apa yang akan menyemarakkan pesta perayaan tahun baru dari mulai pernak-pernik dekorasi ruang pesta tahun baru, minuman dan makanan untuk pesta, terompet hingga kembang api.

#2 Sediakan jasa jadi tour guide

Bosan jalan-jalan sendiri dan kamu merasa sudah hafal beberapa tempat wisata di daerahmu? Kenapa tidak coba menawarkan diri sebagai tour guide?

Ini salah satu usaha menjanjikan untuk pemula yang bisa kamu jajal terus bahkan di luar momen tahun baru.

Kamu bisa punya peluang untuk bikin jasa tour guide ini untuk pengunjung lokal dengan paket wisata tertentu. Atau kamu bisa juga menawarkan panduan wisata bagi bule mancanegara yang ingin tahu tentang daerah wisata di tempatmu.

Selain bisa jalan-jalan, kamu juga bisa mengasah kemampuan bahasa Inggrismu dengan si bule, kan? Belum lagi bonusnya: tambah kenalan baru yang sama-sama suka perjalanan dan bertualang!

Oh ya, kalau kamu malas menawarkan jasamu sendiri, kamu bisa bekerja sama dengan beberapa agen travel. Biar mereka yang mencarikan pelanggan untukmu dan kamu bisa bersenang-senang!

Baca juga: Sepekan Travel ke Vietnam? Ini 3 Destinasi Terbaik yang Tak Boleh Terlewatkan

#3 Rental/sewakan kendaraanmu

Malas menggunakan kendaraanmu di akhir tahun dan ingin menghabiskan waktu di rumah saja? Penyewaan kendaraan tentu bakal laris di momen-momen liburan, jadi kamu bisa ambil peluang bisnis akhir tahun ini dengan menyewakan kendaraanmu buat yang lebih membutuhkannya, lho.

Tawarkan sewa kendaraanmu ini lewat teman di jejaring media sosial dan jadikan ini penghasilan tambahanmu tanpa pergi ke mana-mana dan bersantai saja di rumah.

#4 Jualan aneka camilan hingga bisnis parcel

Merayakan momen spesial tentu juga butuh makanan dan minumam spesial, ya? Ini untuk kamu yang hobi masak atau bikin kue, bisa jadi usaha menjanjikan untuk pemula di bidang kuliner. Kembangkan kreativitasmu dalam mengolah makanan. Siapkan menu makanan untuk Natal dan Tahun Baru.

Coba jual camilan yang “rame” seperti jagung bakar, popcorn, bakso bakar, atau masakan-masakan negara tertentu yang akan seru untuk disantap menyambut tahun baru.

Kamu bisa juga coba bikin camilan kue dan panganan ringan lain untuk dicamil saat liburan. Bahkan, kalau kamu memang niat dan bisa menyempatkan waktu, kamu bisa juga bikin parcel yang berisi kotak-kotak kue camilan bikinanmu.

Baca juga: Tak Perlu Mahal, Ini 7 Trik Hemat Bikin Pesta Pernikahan Outdoor

Peluang bisnis akhir tahun #5 Sewakan ruang kamar

Kebalikan dari orang yang malas keluar rumah, bisnis ini bisa kamu coba kalau kamu tipe yang lebih memilih keluyuran lama keluar kota dan meninggalkan rumahmu dalam jangka waktu lama untuk liburan. Ada beberapa platform seperti Airbnb atau Couchsurfing yang bisa kamu pakai.

Selain memajang pengumuman online, kamu juga bisa sediakan spanduk atau plang di depan rumahmu yang menjelaskan ada ruangan di rumahmu yang disewakan untuk beberapa hari.

#6 Desain hingga cetak kalender

Sekarang memang sudah zamannya ketika segala hal serba digital. Tapi tidak ada salahnya mencoba peluang usaha ini, kan? Ini menjanjikan juga, lho, untuk pemula yang ingin belajar proses percetakan lebih jauh.

Percetakan kalender masih dibutuhkan dan malah mengalami peningkatan berkali lipat daripada tahun-tahun sebelumnya. Karena kalender versi fisik masih dibutuhkan di beberapa tempat seperti kantor, sekolah, dan warung/restoran. Belum lagi perusahaan yang biasanya membagikan kalender gratis bagi pelanggannya. Kamu bisa menyasar peluang ini untuk memperdagangkan kemampuan desain grafismu dengan menawarkan desain spesial kalendermu kepada mereka.

#7 Jual terompet dan kembang api

Ini tentu bisnis yang paling “kelihatan” sewaktu menyambut tahun baru. Musimnya terompet dan kembang api memang datangnya akhir tahun demi menyambut tahun baru. Keuntungan dari jualan produk terompet dan kembang api ini bisa cukup besar lho karena permintaannya selalu besar tiap tahunnya.

Jadi, sudah terpikir peluang bisnis akhir tahun mana yang paling cocok untukmu? Kamu tidak harus memilih satu saja, jajal beberapa dari peluang ini juga oke, lho! Selamat “membisniskan” momen spesial akhir tahun ini, ya!

Sumber: Info Peluang Usaha, Anak Dagang, Moneysmart

Simak juga:

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Emas atau Perak, Pilihan Investasi Logam Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Nadiem Makarim sebagai Menteri Termuda dengan Ide Segar, Ini 5 Menteri Muda Lainnya dari Seluruh Dunia!

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here