Currently set to Index
Currently set to Follow

Siapa Pun Pemenang di Pemilu AS, Emas Juaranya!

Saat ini tengah terjadi Pemilu di Amerika Serikat (AS). Warga Negeri Paman Sam pun berbondong-bondong memilih calon presidennya. Hal ini dinilai menyebabkan ketidakjelasan situasi di pasar.

Di sisi lain, harga emas telah tertambat ketat ke level US$1.900 per ounce karena investor enggan untuk mengambil taruhan risiko signifikan menjelang pemilu AS.

Menurut para analis, kenangan malam pemilu AS pada 2016 silam masih tersimpan sangat jelas, menjelang peristiwa yang diperkirakan belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurut banyak analis, logam mulia tampak seperti aset safe-haven yang menarik karena mereka memperkirakan kemenangan Trump. Ini akan menciptakan ketidakpastian politik di pasar keuangan.

Ketidakpastian ini menyebabkan pasar saham menjual saat kemenangan Trump menguat. Banyak analis juga bertaruh bahwa kepresidenan Trump akan menurunkan suku bunga.

Baca juga: Kapan Wabah Akan Berakhir? Ini 3 Skenario Pandemi COVID-19

Pengaruh pemilu AS terhadap harga emas

Beberapa pengamat melihat kesamaan antara pemilu 2020 dengan pemilu AS empat tahun silam. Banyak pakar pada saat itu meramalkan bahwa calon dari partai Demokrat, Hillary Clinton akan menjadi presiden berikutnya.

Empat tahun kemudian, lembaga survei melihat calon dari Partai Demokrat Joe Biden memegang kepemimpinan yang solid secara nasional dan di negara bagian penting. Beberapa pakar juga melihat Demokrat mendapatkan kendali Kongres, memenangkan 52 kursi dan mayoritas di Senat.

Namun, banyak yang masih tidak mengesampingkan kemenangan Trump lainnya. Menambah ketidakpastian tahun ini adalah masalah hasil yang diperebutkan atau periode penghitungan yang diperpanjang.

Lebih dari 100 juta orang Amerika telah memberikan suara dalam jajak pendapat lanjutan, kira-kira sepertiga dari semua orang yang memberikan suara pada tahun 2016.

“Menurut jajak pendapat, Biden tampaknya akan memenangkan pemilihan, tapi Anda tidak tahu apa yang akan terjadi,” kata Daniel Briesemann, analis logam mulia di Commerzbank seperti dilansir dari Kitco.

Briesemann mengatakan bahwa dia melihat dua skenario yang akan menjadi bullish untuk emas dalam waktu dekat akan menjadi kemenangan yang jelas bagi Biden dan Demokrat yang mengendalikan Kongres.

“Akan ada ekspektasi paket stimulus besar yang akan datang jika Demokrat menang,” katanya. “Itu akan sangat bullish untuk emas.

Skenario bullish di tengah pemilu

Briesemann menambahkan bahwa skenario bullish kedua adalah jika hasil diperebutkan. Pemilu yang sengit akan menciptakan ketidakpastian politik berkepanjangan yang baik untuk emas sebagai aset safe-haven.

Menurut banyak analis, skenario terburuk untuk emas adalah jika Kongres tetap terpecah karena Senator Republikan akan terus mendorong kembali langkah-langkah stimulus utama.

Namun, faktor utama yang membuat 2020 jauh berbeda dari empat tahun lalu adalah Pandemi COVID-19 yang telah menewaskan lebih dari 230.000 orang Amerika dan menghancurkan perekonomian.

Banyak ekonom dan analis mengatakan bahwa terlepas dari siapa yang berkuasa, pemerintah harus mengeluarkan lebih banyak langkah stimulus untuk mendukung ekonomi yang terkepung.

“Tidak peduli siapa yang terpilih, virus terus merusak ekonomi dan kemerosotan itu akan berarti bahwa pemerintah harus bertindak. Pada titik ini, pemilu AS bukanlah pengubah permainan yang akan menggeser fundamental yang kuat dalam bermain di emas,” kata Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank.

Mobile Banner Promo Spread Emas Pluang

Siapa pun pemenang pemilu AS, emas tetap menjadi juara

Dikutip dari sumber lain, tidak peduli siapapun yang memenangkan pemilu AS kali ini, baik Biden atau Trump, investasi emas dinilai akan memperoleh keuntungan. Hal ini dikarenakan AS kemungkinan akan mengadopsi program stimulus fiskal yang lumayan besar. Tidak peduli kandidat mana yang memenangkan kursi kepresidenan.

“Kami (AS) akan mencetak triliunan dolar lebih dan semua itu pada akhirnya memiliki dampak yang sangat positif bagi emas,” kata James Rasteh, CIO dari Coast Capital dikutip dari CNBC Indonesia.

“Kebijakan fiskal dan moneter akan hampir identik di bawah kepemimpinan siapapun. Menurut saya perbedaan hanya imajinasi daripada nyata,” imbuhnya.

Baca juga: Pemilu Amerika Serikat Berlangsung, Bagaimana Keadaan Pasar?

Stimulus dari negara

Stimulus fiskal semacam kebijakan belanja pemerintah maupun pengurangan pajak yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas ekonomi, seringnya mengarah pada defisit yang lebih luas.

Ini dapat merusak kepercayaan investor dan mendorong mereka untuk memasukkan uang mereka ke aset yang lebih aman seperti emas. Inilah yang kemudian mendorong harga emas lebih tinggi.

Pada Agustus silam emas menguat di atas US$2.000, sebelum akhirnya kembali diperdagangkan pada level US$1.900 di beberapa minggu terakhir. Pada hari rabu (04/11) logam mulia ini diperdagangkan pada US$1.912,41 pada pukul 7:25 waktu Hong Kong.

Namun, berdasarkan data dari World Gold Council, permintaan dan pasokan emas di seluruh dunia menurun pada kuartal ketiga 2020. Ini terjadi akibat pandemi COVID-19.

Saat ini seluruh warga Amerika Serikat—bahkan warga dunia—tentu sedang harap-harap cemas menanti siapa yang akan memenangkan pemilu AS. Bagaimana tidak? Kondisi perpolitikan Amerika Serikat akan memengaruhi kondisi sosial politik dan ekonomi negara lainnya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Kitco

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img