Pengin Cuan Jadi Vlogger? Hitung Dulu Yuk Penghasilan Jadi YouTuber di Sini!

Dengan penghasilan dari YouTube yang begitu menggiurkan, banyak orang tertarik terjun bikin platform di industri hiburan YouTube. Cara mendapatkan uang dari YouTube memang tidak sulit.

Malah, karena menganggap platform ini menyenangkan, banyak pula yang rela melepas pekerjaan formalnya demi dapat uang dari YouTube.

Dunia teknologi memang tidak ada habisnya berinovasi. Tren terbaru silih berganti adu kecepatan, baik dari segi hardware hingga software.

Kehadiran berbagai gawai baru dukung informasi yang kian cepat beredar di media sosial. YouTube sebagai salah satu channel yang memungkinkan “kecepatan cahaya” dari informasi ini.

penghasilan dari youtube

Dengan fakta penghasilan dari YouTube lumayan tinggi dan cara mendapatkan uang dari YouTube tidak terlalu sulit, banyak orang kian merambah media ini.

Konten-konten unik dan beragam bisa kita temukan dari channel yang sifatnya official maupun pribadi dari orang-orang yang tertarik memperoleh penghasilan dari YouTube.

Gaji YouTuber hari ini bahkan ada pula yang bisa mengalahkan jumlah pendapatan seorang CEO! Yuk, kita cari tahu.

Baca juga: Terkenal dan Sukses Hasilkan Miliar Rupiah dari YouTube, Siapa Saja Mereka?

Incar penghasilan dari YouTube, ada beberapa sumbernya

Penghasilan dari YouTube bisa didapat dari tiga pihak, yakni pihak YouTube, pihak ketiga atau perusahaan komersial yang ingin produknya diiklankan. Kita juga bisa dapat penghasilan dari produk atau jasa yang kita pasarkan sendiri.

Berikut ini ulasan dari sumber-sumber penghasilan YouTube yang kamu perlu tahu:

cara mendapatkan uang dari youtube
Women holding a YouTube icon

#1 YouTube Ads

Untuk dukung biaya operasional, kamu perlu rutin unggah video ke channel YouTube, ini karena YouTube akan bagikan komisi kepada seluruh pemilik channel setiap bulannya.

Pembagian komisi dari YouTube ads ini diperoleh dari dana iklan dari klien yang dilekatkan ke oleh YouTube pada video si pemilik akun channel. Iklan ini dikenal juga dengan nama AdSense.

Dengan kebijakan tertentu, si pembuat konten lantas akan memperoleh bagi hasil uang iklan itu, bergantung pada berapa banyak jumlah penonton yang melihat atau mengakses iklan itu melalui video yang diunggah.

Semakin banyak penonton yang lihat iklan atau klik iklan, maka penghasilan dari YouTube pun semakin gede kepada si pemilik akun channel.

#2 Pemasaran berafiliasi

Pemasaran afiliasi ini adalah timbal balik saling menguntungkan antara perusahaan komersial dan YouTuber. Affiliate marketing ini bisa diperoleh bila si kreator konten membuat video untuk brand atau perusahaan e-commerce tertentu.

Tugasmu adalah memasarkan produk dari klien itu. Jadi, diperlukan kesepakatan kerja sama antara pihak e-commerce dengan pemilik channel.

Bila terjadi kesepakatan, maka YouTuber akan mengiklankan produk atau promo yang dibuat perusahaan itu di video unggahannya.

#3 Jualan produk/jasa

Penghasilan dari YouTube selanjutnya dapat diperoleh dari penjualan langsung. Kamu bisa mengunggah video yang memasarkan produk atau jasamu sendiri.

Kalau kamu punya keahlian menggambar digital, bermain gitar, menulis, dst, kamu bisa bikin kelas atau tutorial belajar untuk jadi video channel yang memasarkan hal tersebut.

#4 Endorsement

Yang biasanya sering dilakukan para kreator konten adalah endorsement produk. Dengan ini, kamu bertugas untuk memperkenalkan sebuah produk dan ini diselipkan pada videomu.

Produk yang perlu di-endorse umumnya perlu berkaitan dengan isi konten yang dibuat.

Baca juga: 21 Usaha Sampingan dengan Modal Minim yang Jamin Bikin Kamu Cuan

Mau tahu cara mendapatkan uang dari YouTube? Yuk, cari tahu dan hitung!

Nah, dari berbagai sumber memperoleh penghasilan dari YouTube itu, sekarang kita tinggal berhitung berapa penghasilan bersih yang bisa kamu dapatkan dari YouTube.

Untuk memperoleh penghasilan yang signifikan, kamu perlu paham tentang dua indikator untuk menghitung penghasilan dari YouTube ads. Dua indikatornya yakni CPM (Cost Per Mile) dan CPC (Cost Per Click).

CPM adalah uang yang bakal kamu dapatkan setiap 1.000 penayangan iklan di seluruh videomu. Di Indonesia, nominal sekitar Rp7.000 per seribu tayangan iklan bisa kamu peroleh. Sementara CPC adalah nominal yang kamu peroleh setiap 1 orang klik iklan yang tayang di videomu. Uang yang bakal ditransfer sekitar Rp5.000-Rp12.000.

Ini bisa didapatkan dengan minimal subscriber di channel-mu sebanyak atau bertambah 1.000 dalam 1 tahun terakhir dan videomu ditonton selama 4.000 jam oleh para viewers dalam setahun belakangan.

Untuk hitungan metode pemasaran berafiliasi, jumlahnya tergantung kesepakatan kedua pihak. Persentasenya diperkirakan 0,1 hingga 10 persen dari harga produk yang berhasil dijual. Uang yang dapat diperoleh bergantung pada keuntungan yang bisa diberikan padamu.

Sementara penghasilan dari YouTube untuk endorsement didapat berdasarkan kesepakatanmu dengan pihak endorser. Ini biasanya bergantung pada subscriber-mu.

Baca juga: Penggemar Drakor? Ini 5 Aplikasi Nonton Film Korea Paling Beken dan Update

Jadi, berapa yang bisa diperoleh YouTuber pemula?

Dari cara mendapatkan uang di YouTube ini, kita akan tahu bahwa penghasilan dari YouTube yang bisa kamu dapat dengan subscriber yang banyak dan viewer yang tinggi tentu tidak main-main.

Seorang YouTuber pemula bisa berpenghasilan hingga USD226 atau setara Rp3,2 juta hingga USD3.600 atau setara Rp51 juta per bulan tergantung total viewer dan subscriber tertentu.

Nominal ini masih kecil dibandingkan YouTuber dengan jam terbang tinggi. Angka ini tentu bergantung pada subscriber di channel dan jumlah viewer.

Kalau kamu berminat terjun di dunia ini, jangan setengah-setengah, deh. Jumlah uang yang bisa kamu peroleh dari waktu ke waktu bisa meningkat tergantung pada berapa banyak viewer yang bisa didatangkan oleh videomu.

Asyik, kan, ini bisa memancingmu untuk terus bikin konten video yang kreatif? Selamat berekspresi dan selamat cuan dari video YouTube, ya!

Sumber: Moneysmart, Cermati

Simak juga:

7 Investasi Unik Mainan yang Akan Laku Mahal di Masa Depan, Minat Beli?

Staycation di Jakarta? Ini 8 Hotel Murah di Sepenjuru Jakarta yang Bisa Kamu Pilih

5 Trik Cuan Investasi Tas Branded Original dari Hermes hingga Louis Vuitton

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img