Currently set to Index
Currently set to Follow

4 Faktor Umum Penyebab Bisnis Gagal, Bagaimana Menghindarinya?

Menjalankan bisnis bukan dilakukan oleh mereka yang berhati lemah. Kebanyakan dari pebisnis sukses hari ini telah jatuh bangun dalam berbisnis dan telah mengalami berbagai kegagalan pula. Ada banyak penyebab bisnis gagal. Berikut beberapa faktor penyebab bisnis gagal yang perlu diketahui.

Studi dari Small Business Administration (SBA) membuktikan jika 20% usaha kecil gagal di tahun pertama, 50% naik setelah lima tahun, dan hanya 33% yang berhasil mencapai 10 tahu atau lebih.

penyebab bisnis gagal

Faktor penyebab bisnis gagal yang bisa dihindari adalah pengusaha harus bisa multitalented. Artinya dia harus bisa memitigasi penyebab bisnis gagal dan risiko spesifik perusahaan serta memberikan layanan yang baik pada saat yang bersamaan.

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sangat penting bagi perekonomian nasional dan lokal. Bisnis kecil sangat penting bagi komunitas karena mampu menciptakan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi lokal.

Pentingnya memahami penyebab bisnis gagal membantu menjaga keberlangsungan bisnis. Simak ulasan faktor penyebab bisnis gagal dan bagaimana cara mengelola hambatan tersebut di bawah ini.

Baca juga: 5 Trik Cerdik Bagaimana Semestinya Investor Pemula Menghadapi Inflasi

Empat faktor penyebab bisnis gagal

faktor penyebab bisnis gagal

#1 Penyebab bisnis gagal – tantangan finansial

Kekurangan dana atau modal kerja sering menjadi alasan utama penyebab bisnis gagal. Pengusaha mungkin sadar akan kebutuhan biaya yang harus dikeluarkan untuk operasional.

Namun, banyak pengusaha yang kurang sadar pentingnya menyelaraskan pendapatan yang dihasilkan dari layanan atau produk.

Akibatnya, modal tidak bisa berputar dengan cepat. Faktor kedua adalah pemilih bisnis tidak memahami harga produk dan layanan.

Memberikan harga lebih rendah bisa menjadi strategi yang bagus untuk mulai bersaing. Namun, strategi ini tidak boleh dilakukan terlalu lama karena akan membuat biaya produksi melebihi pendapatan.

#2 Manajemen yang tidak memadai

Ketajaman tim manajemen atau pemilik bisnis menentukan kesuksesan bisnis. Pemilik bisnis memegang posisi senior dalam usaha kecil.

Sementara pemilik memiliki keterampilan untuk membuat dan menjual produk atau layanan yang layak. Dan tim manajemen diperlukan untuk mengawasi karyawan lain.

Pemilik bisnis yang baik akan mendelegasikan urusan yang tidak mereka pahami dengan baik. Sehingga tim manajemen yang kuat adalah salah satu tambahan utama bisnis kecil.

#3 Perencanaan bisnis yang tidak efektif

Salah satu penyebab bisnis gagal adalah pemilik tidak menyiapkan strategi untuk memenuhi kebutuhan usaha. Harus dipahami jika usaha memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi.

Rencana yang baik artinya harus siap beradaptasi dengan perubahan pasar atau industri. Pemahaman yang kuat tentang industri dan persaingan usaha menjadi faktor penting. Sehingga, pemilik modal bisa menghindari jebakan yang terkait dengan rencana bisnis.

#4 Penyebab bisnis gagal – kecelakaan pemasaran

Pemilik bisnis sering kali gagal mempersiapkan kebutuhan pemasaran dalam hal modal, jangkauan prospek, dan proyeksi rasio konversi yang akurat.

Ketika perusahaan meremahkan biaya kampanye awal, maka perusahaan akan sulit mencari modal untuk menebus kekurangan tersebut.

Jangkauan target dan rasio konversi penjualan perlu diperhitungkan dalam kampanye pemasaran. Bisnis yang tidak memperhitungkan dua aspek tersebut cenderung gagal.

Baca juga: Memahami Analisa Saham 52 Weeks High Low dalam Investasi

Bisnis usaha kecil dan pandemi COVID-19

Pandemi corona membuat sejumlah usaha kecil gulung tikar. Panik bukanlah jawaban untuk menghadapi tantangan ini. Berikut strategi yang bisa dilakukan usaha kecil dalam menghadapi pandemi sebagai penyebab bisnis gagal.

Langkah pertama adalah mengamankan likuiditas. Salah satu tantangan usaha kecil selama pandemik adalah mengakses uang tunai.

Berdasarkan Small Business Administration (SBA), pemilik usaha kecil cenderung kehabisan uang tunai karena mesti membayar sewa, karyawan, dan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, pemilik sangat disarankan untuk menyediakan likuiditas langsung dan menjaga agar bisa berjalan.

Memastikan akses ke modal merupakan langkah selanjutnya. Memiliki hutang untuk bisnis pemula merupakan hal yang wajar. Namun, hal itu bisa menjadi beban yang sangat besar pada saat pandemik.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil telah menyiapkan strategi untuk membantu usaha kecil. Salah satunya adalah Kementerian telah merestrukturisasi kredit dan cicilan bisa ditunda enam bulan. Lebih lanjut, Tetan Masduki, Menteri Koperasi dan UKM, menjelaskan jika Kementerian akan menyubsidi bunga kredit.

Terakhir, berpartisipasi dalam proses pembuat kebijakan. Yang diperlu diingat adalah kebijakan pemerintah tidak bersifat statis. Sebagai pelaku usaha, pemilik usaha kecil bisa memberikan suara. Jarak tidak menjadi halangan. Memberikan suara bisa dilakukan melalui media sosial, email, telefon, dan lain sebagainya.

Penyebab bisnis gagal adalah tidak mau beradaptasi dengan situasi baru. Pandemik menjadi tantangan baru bagi pemilik usaha untuk lebih mematangkan strategi bisnis mereka, bukan sebaliknya.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia, Harvard Business Review, Depkop.go.id

Simak juga:

Emas Sebagai Aset Diversifikasi

Cara Mengelola Risiko Investasi Emas

Apa Hukum Membeli Emas Digital? ini Fatwa MUI yang mengaturnya

5 Trik Cerdik Bagaimana Semestinya Investor Pemula Menghadapi Inflasi

Recent Articles

Personal Finance adalah

Apa Itu Personal Finance?

gini index adalah

Apa Itu Gini Index?

Leverage Ratio adalah

Apa Itu Leverage Ratio?

Leverage adalah

Apa Itu Leverage?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel lainnya