Perlu Patuh Peraturan, Berikut Ini Sanksi Perusahaan Jika THR Tidak Diberikan

Peraturan THR mewajibkan perusahaan membayar tunjangan hari raya kepada karyawannya  dalam rangka perayaan hari keagamaan. Namun, kondisi keuangan perusahaan bisa jadi seret karena COVID-19 yang menyebabkan mereka mangkir dari kewajiban itu. Kamu tidak perlu khawatir karena peraturan THR karyawan akan membuatmu tetap mendapat hakmu.

Sudah diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan bahwa perusahaan wajib membayar THR kepada karyawan. Pemerintah menegaskan bahwa meski masa sedang sulit, pengusaha harus tetap memenuhi kewajibannya.

peraturan thr

Peraturan THR tercantum dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 20 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian Sanksi Administratif Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Pada pasal 8 tertulis peraturan THR karyawan bahwa THR keagamaan wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

 Apabila perusahaan mangkir dari kewajiban membayar THR, ada sanksi administratif berupa denda yang akan dijatuhkan pada mereka.

Jadi kamu tak perlu cemas karena peraturan THR telah menjamin bahwa kamu akan mendapat hak THR kamu. Walau pihak pengusaha sebenarnya merasa keberatan dengan peraturan THR karyawan tersebut.

Baca juga: Dampak Pandemi Corona, 1,4 Juta Orang Mendaftar Kartu Prakerja Online

Pengusaha mengeluhkan peraturan THR memberatkan perusahaan

peraturan thr karyawan

Ketua umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, pengusaha tidak dapat menjamin mampu membayar penuh gaji dan Tunjangan Raya (THR) kepada para karyawan.

Menurutnya, perusahaan tidak dapat menjamin mematuhi peraturan karena nihilnya pemasukan ke perusahaan akibat terdampak wabah virus corona (COVID-19) di Indonesia.

“Sekarang customer-nya tidak datang, tidak ada penjualan, otomatis enggak sanggup karena enggak ada cash inflow. Perusahaan itu kan ditopang adanya cashflow, nah sekarang enggak ada,” ujar Hariyadi dalam sebuah wawancara dengan Kompas.

Pemerintah telah membahas ini. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan bahwa masalah peraturan dan bagaimana pembayarannya ini telah dibahas dengan presiden Joko Widodo dan kementerian terkait.

”THR ini sudah berdasarkan aturan di undang-undang, maka diwajibkan. Perlu ada kesiapan sektor usaha untuk membayarkan THR kepada pekerjanya,” jelas Hartarto dalam wawancara bersama Kompas.

Lagipula logikanya THR adalah dana yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari oleh perusahaan, jadi mereka seharusnya mampu menaati peraturan THR karena dananya memang sudah ada.

Apabila perusahaan tempat kamu bekerja masih enggan mematuhi peraturan THR dan tidak membayarkan hak kamu, maka mereka akan mendapat sanksi. Apa saja sanksi tersebut? Ada 3 sanksi akan dijatuhkan ke perusahaan jika mereka mangkir dari peraturan THR karyawan.

Baca juga: Tetap Produktif Meski Kerja dari Rumah, Ini 9 Trik dari Para Freelancer Sukses

3 sanksi jika perusahaan tidak mematuhi peraturan THR

peraturan thr

Bila perusahaan tidak mematuhi peraturan THR dan tidak membayarkan tunjangan hari raya kami, maka ada sanksi yang akan dikenakan kepada pengusaha atau perusahaan. Sanksi ini sudah diatur dalam Permenaker Nomor 20 tahun 2016.

Dalam peraturan tersebut, ada 3 sanksi yang akan dijatuhkan jika perusahaan tidak mematuhi peraturan THR karyawan. Sanksi tersebut adalah sebagai berikut.

#1 Peraturan THR – Sanksi teguran

Pada pasal 9 Permenaker Nomor 20 tahun 2016, disebutkan bahwa jika perusahaan tidak menaati peraturan THR dan tidak membayar THR, mereka akan memperoleh sanksi administratif berupa teguran tertulis dan pembatasan kegiatan usaha.

Lebih lanjut dalam pasal 10, ditetapkan bahwa teguran tertulis dikenakan pada pengusaha untuk satu kali dalam jangka waktu paling lama 3 hari terhitung sejak teguran pertama tertulis.

#2 Sanksi pembatasan kegiatan usaha

Sementara dalam pasal 11 ayat 1 menyatakan bahwa perusahaan yang tidak melaksanakan kewajiban menaati peraturan sampai berakhirnya jangka waktu 3 hari sesuai pasal 9 dapat direkomendasikan untuk dikenakan sanksi administratif tahap lanjut.

Sanksi administratif tahap lanjut dari teguran tertulis itu adalah berupa sanksi administratif pembatasan kegiatan usaha.

Dalam pasal 11 ayat 2 tertulis: Rekomendasi sanksi administratif pembatasan kegiatan usaha didasarkan pada pertimbangan beberapa hal. Yakni mengenai sebab-sebab tidak dilaksanakannya teguran tertulis oleh pengusaha. Serta kondisi finansial perusahaan berdasarkan laporan keuangan perusahaan dua tahun terakhir yang telah diaudit oleh akuntan publik.

Pada pasal 11 ayat 3 tertulis bahwa pengenaan sanksi pembatasan kegiatan usaha berlaku sampai perusahaan mematuhi peraturan. Artinya, di mana mereka memenuhi kewajiban membayarkan tunjangan hari raya keagamaan sebagaimana telah diatur dalam pasal 8 ayat 1.

#3 Peraturan THR – Sanksi denda

Selanjutnya dijabarkan pada pasal 12 bahwa selain mendapat sanksi administratif berupa pembatasan kegiatan usaha sebagaimana tercantum pada pasal 9, perusahaan yang mangkir menaati peraturan THR karyawan akan dikenakan sanksi denda.

Artinya, meski sudah terkena sanksi administratif pembatasan kegiatan usaha, pengusaha atau perusahaan masih akan terkena denda di mana mereka harus membayarkan sejumlah nominal.

Itu tadi 3 sanksi yang akan dikenakan pada perusahaan yang tidak menaati dan tidak membayarkan tunjangan hari raya.

Jadi kamu tidak perlu khawatir karena meski kondisi ekonomi memang sedang macet karena adanya pandemi COVID-19, perusahaan tempatmu bekerja tidak punya alasan untuk mangkir dari kewajiban mereka membayar tunjangan hari raya.

Semoga perusahaanmu menaati peraturan THR ini dan membayar tunjangan hari raya Idul Fitri kamu, ya.

Sumber: Kompas

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img