Currently set to Index
Currently set to Follow

Mengenal 5 Aset Kripto Baru Pluang: EOS, NEO, ONE, MANA, dan COTI

Setelah meluncurkan lima aset kripto baru pada bulan lalu, Pluang kini telah menambah lima koin baru lho, yakni EOS.IO (EOS), NEO (NEO), Harmony (ONE), Decentraland (MANA), dan COTI (COTI).

Seperti apa sih karakteristik koin-koin baru di Pluang tersebut? Yuk, simak bareng-bareng di artikel ini!

Mengenal Aset Kripto Baru di Pluang

1. EOS.IO (EOS)

EOS adalah platform yang didesain bagi pengembang untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Memang, pengembang juga bisa menggunakan teknologi blockchain lainnya untung membangun dApps. Namun bedanya, EOS mengklaim punya kapasitas untuk mengakomodasi ratusan, atau bahkan ribuan, dApps di atasnya meski digunakan oleh konsumen yang bejibun. Kunci efisiensi tersebut adalah eksekusi paralel dan pendekatan modular di sistem blockchain-nya.

Tujuan EOS pun terbilang simpel. Yakni, menyediakan sarana bagi programmer untuk menggunakan teknologi blockchain semudah mungkin.

Selain itu, EOS juga memastikan bahwa komunitas kripto bisa memanfaatkan jaringan blockchain lebih praktis ketimbang jaringan rivalnya. Sehingga, EOS juga menyediakan berbagai perangkat dan sederet sumber-sumber edukasi demi mendukung pengembang yang ingin membangun aplikasinya dengan cepat di sistem blockchain ini.

Kemudian, EOS juga menyediakan tingkat skalabilitas yang lebih besar ketimbang blockchain lainnya. Tak ketinggalan, EOS juga berniat untuk menjadi jaringan blockchain yang punya tingkat keamanan tinggi serta anti ribet bagi konsumennya.

Dalam melakukan aktivitas di EOS, pengguna bisa menggunakan aset kripto native yang juga bernama EOS. Setiap pemilik aset kripto tersebut punya hak suara untuk memilih block producer dan menentukan nasib jaringan ke depan, seperti perihal pembaruan protokol.

Aset kripto

Informasi Lebih Lanjut

Whitepaper

Source code

2. NEO (NEO)

Neo menyebut dirinya sebagai ekosistem yang “tumbuh dan berkembang dengan cepat” dan bertujuan untuk menjadi pelopor generasi baru internet. Yakni, sebuah ekosistem ekonomi di mana pembayaran digital, identitas, dan aset berada di ruang lingkup yang sama.

Neo awalnya dikenal sebagai Antshares, sebuah protokol yang dipercaya sebagai proyek blockchain publik pertama China yang dirilis Februari 2014 silam. Platform open-source ini kemudian “ganti baju” menjadi Neo pada 2017 dan kerap dijuluki sebagai jaringan Ethereum versi China.

Salah satu nilai jual unik dari blockchain Neo adalah perkembangannya yang tanpa henti. Hal ini memungkinkan jaringannya untuk tetap bisa andal di masa depan dan mampu beradaptasi dengan kenaikan permintaan. Kini, Neo telah mengembangkan Neo 3.0 yang membuat keamanan jaringannya semakin mumpuni dan memungkinkan pemrosesan transaksi jumbo per detiknya.

Tim pengembang Neo juga meluncurkan EcoBoost pada 2019 silam untuk mendukung komunitas kripto global dalam menciptakan infrastruktur jaringan, membangun dApps, dan mengoperasikan smart contract di blockchain Neo. EcoBoost sendiri merupakan paket insentif Neo untuk pengembang yang berisikan dana bantuan, dukungan teknis, dan ragam promosi di media sosial.

Tidak seperti blockchain lainnya, jaringan NEO memiliki dua token native yakni NEO dan GAS. NEO bertindak sebagai token investasi dan “surat suara” bagi pengguna untuk menentukan arah pengembangan blockchain NEO ke depan. Sementara itu, pengguna bisa menggunakan token GAS untuk membayar segala ongkos transaksi yang terjadi di atas jaringan tersebut.

Aset Kripto

Informasi Lebih Lanjut

Whitepaper

Source code

3. Harmony (ONE)

Harmony adalah platform blockchain yang didesain untuk memfasilitasi pengembang untuk menciptakan dan menggunakan dApps.

Blockchain Harmony bertujuan untuk melakukan revolusi atas penciptaan blok transaksi. Caranya, jaringan ini berfokus pada “pemecahan” validasi transaksi secara acak sehingga waktu konfirmasi transaksi bisa menjadi singkat menggunakan fungsi bernama Verifiable Random Function (VRF). Akibatnya, jaringan Harmony bisa menciptakan beberapa blok transaksi dalam hitungan detik dan memungkinkan aplikasi terdesentralisasi untuk terus berinovasi.

Harmony akan memperkenalkan kontrak lintas shard dan infrastruktur lintas blockchain yang dijadwalkan meluncur pada akhir 2021. Selain itu, Harmony memiliki proyek Bantuan Harmony (Harmony’s Grants), yakni sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mendukung inovasi dan menarik minat pengembang untuk menggunakan jaringan Harmony.

Aset kriptoInformasi Lebih Lanjut

Whitepaper

Source code

4. Decentraland (MANA)

Decentraland menjuluki dirinya sendiri sebagai platform virtual reality yang didukung oleh jaringan blockchain Ethereum. Di dalam jaringan ini, pengguna bisa menciptakan, merasakan, dan memonetisasi konten dan aplikasi di dunia maya.

Dalam dunia virtual ini, pengguna bisa membeli kavling tanah virtual yang nantinya bisa mereka kembangkan, bangun, dan monetisasi.

Dalam transaksinya, pengguna wajib menggunakan token ERC-20 yang bernama MANA. Nah, pengguna Decentraland nantinya bisa menggunakan MANA untuk “dibakar” demi mendapatkan Non-Fungible Token ERC-721 yang bernama LAND. Kemudian, mereka bisa memonetisasi LAND miliknya melalui kegiatan sewa, periklanan, dan kegiatan lainnya.

Di samping itu, pengguna juga bisa menggunakan MANA untuk membeli avatar, pakaian, nama, dan benda-benda lainnya di lokapasar Decentraland. Pengguna pun bisa mendulang pendapatan berbentuk MANA dengan menjual barang-barangnya di lokapasar tersebut.

Decentraland diluncurkan setelah melakukan Initial Coin Offering (ICO) sebesar US$24 juta pada 2017 silam. Platform dunia virtual ini meluncurkan versi beta terbatasnya dua tahun kemudian dan resmi membuka pintu bagi publik sejak Februari 2020. Sejak saat itu, pengguna sudah menciptakan berbagai macam kegiatan di atas bidang tanah yang mereka miliki, seperti permainan interaktif dan pemandangan tiga dimensi (3D).

Decentraland juga merupakan salah satu proyek yang menggunakan sistem Decentralized Autonomous Organization (DAO) untuk urusan tata kelolanya. Alhasil, mereka yang memiliki MANA memiliki kendali hak suara untuk menentukan “kebijakan-kebijakan” yang terdapat di Decentraland. Selain itu, penggenggam MANA juga punya hak untuk menentukan aturan lelang LAND dan tipe konten yang diperbolehkan di Metaverse.

Mengenal 5 Aset Kripto Baru Pluang: EOS, NEO, ONE, MANA, dan COTI, Pluang

Informasi Lebih Lanjut

Whitepaper

Source code

5. COTI (COTI)

COTI memasarkan dirinya sebagai aplikasi teknologi finansial (tekfin) yang mendukung organisasi-organisasi global untuk menghemat uang dan waktu. Caranya adalah dengan mendorong mereka untuk membangun solusi pembayarannya sendiri dan mendigitalisasi setiap mata uang yang mereka miliki.

Jaringan ini adalah blockchain pertama di dunia yang dioptimalisasi untuk pembayaran terdesentralisasi dan diciptakan untuk memfasilitasi merchants, pemerintah, platform dApps khusus sistem pembayaran, dan penerbit stablecoin. Ekosistem ini hadir untuk mengatasi seluruh permasalahan yang kerap terjadi di sektor jasa keuangan tradisional, misalnya biaya administrasi, waktu transaksi lambat, hingga risiko. COTI bisa melakukan hal tersebut lantaran didukung infrastruktur berskalabilitas tinggi, privat, inklusif, dan cepat.

COTI juga merupakan platform pertama di dunia yang dimanfaatkan untuk penciptaan koin dengan nilai stabil. Dengan demikian, pengguna bisa menerbitkan stablecoin mereka sendiri dan punya kendali penuh atas uang dan data mereka.

COTI Pay adalah aplikasi pertama dari COTI. Aplikasi yang diluncurkan 2020 lalu ini bertujuan untuk mengakomodasi segala urusan keuangan yang berlangsung di atas jaringan blockchain. COTI Pay mengklaim bisa memproses segala jenis transaksi, baik pembayaran daring maupun luring termasuk aset kripto, stablecoins, hingga kartu kredit.

Mengenal 5 Aset Kripto Baru Pluang: EOS, NEO, ONE, MANA, dan COTI, PluangInformasi Lebih Lanjut

Whitepaper

Source code

Bagaimana Cara Membeli Lima Altcoin Tersebut di Pluang?

Aset Kripto Pluang

Tunggu apalagi, Sobat Cuan? Yuk, sikat lima aset kripto baru Pluang sekarang!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img