Currently set to Index
Currently set to Follow

Tren dan Prediksi Pekerjaan di Tahun 2021

Tahun 2020 adalah tahun yang sulit. Pandemi COVID-19 memaksa banyak bisnis bangkrut, buntutnya jumlah pengangguran menjadi sangat besar karena tidak ada pekerjaan tersedia. Namun, bagaimana dengan prediksi pekerjaan 2021?

Setahun yang lalu, negara adidaya Amerika Serikat merayakan rekor di mana mereka memiliki tingkat pengangguran terendah dalam kurun 50 tahun terakhir. Pandemi di 2020 mengubah segalanya.

Pada November lalu, sekitar 10,7 juta orang di Amerika Serikat menganggur. Namun, pakar dari ManpowerGroup North America, Michael Stull menyatakan prediksi pekerjaan 2021 akan makin membaik.

“Kami mengharapkan momentum, terutama di awal tahun, akan kembali meningkat di pasar kerja. Meskipun kami melihat pengangguran yang tinggi, kami juga melihat banyak lowongan pekerjaan,” kata Stull.

Prediksi pekerjaan 2021 menurut ManPower Group

ManPower Group melakukan survei prospek pekerjaan setiap kuartal untuk mengetahui rencana perekrutan pemberi kerja di 100 wilayah metropolitan terpadat di Amerika Serikat.

Laporan tersebut mengungkapkan prosek ketenagakerjaan bersih sebesar 17% untuk kuartal pertama 2021. Ini ketika kondisi tersebut disesuaikan secara musiman untuk menghilangkan pengaruh acara berulang seperti liburan dan jadwal sekolah. Meskipun ini mewakili peningkatan 3% dari kuartal keempat tahun 2020, ini merupakan penurunan 2% dari yang pertama.

Baca juga: Tak Terlahir Kaya, 20 Pengusaha Ini Buktikan Sukses Adalah Hak Semua Orang

Yang lebih mengerikan: hanya 13% pemberi kerja yang disurvei mengatakan mereka mengharapkan perekrutan sebelum pandemi kembali pada Juli 2021, turun 54% ketika ditanya pertanyaan yang sama pada kuartal kedua tahun ini.

Tapi Stull tidak terlalu khawatir dengan prediksi pekerjaan 2021. “Bagi banyak perusahaan yang kami ajak bicara, semua orang merasa [Juli] adalah saat kami akan sepenuhnya kembali dan berjalan dan pandemi akan berlalu,” katanya.

“Awalnya, kami melihat lebih banyak optimisme bahwa itu akan terjadi lebih cepat. Saya pikir ini hanyalah asumsi yang realistis,” tambah Stull.

Prospek pekerjaan bersih musiman sebesar 20%

Mereka yang berada di Amerika Serikat dan mencari pekerjaan di tahun baru akan bijaksana untuk fokus di Midwest, di mana ManPower Group memperkirakan prediksi pekerjaan 2021 ada prospek pekerjaan bersih yang disesuaikan secara musiman sebesar 20%.

Stull mengatakan kembalinya Midwest terkait dengan rebound manufaktur di daerah itu, yang telah membuat rantai pasokan pulih setelah didorong melampaui batas mereka sebelumnya dalam pandemi.

Tidak mengherankan, banyak kota Widwestern melihat prospek pekerjaan bersih jauh di atas rata-rata nasional.

Baca juga: Jeff Bezos Dikritik Karena Belum Bayar Pajak, Berapa ya Besarannya?

Dengan prospek prediksi pekerjaan 2021 sebesar 34%, Grand Rapids, Michigan—bekerja sama dengan El Paso, Texas, dan Winston-Salem, North Carolina—Mengklaim di nomor 2 dalam daftar kota dengan perkiraan perekrutan paling menjanjikan.

Tetapi, posisi teratas jatuh ke Cape Coral, Florida, yang memiliki prospek pekerjaan 42%. Dengan lebih dari 400 mil kanal dan dekat dengan pantai Gulf Coast, Cape Coral adalah daerah yang siap dengan pariwisata—di masa non-Covid.

Maka, tidak mengherankan bahwa industri rekreasi dan perhotelan adalah salah satu dari tujuh sektor di Selatan yang dapat mengharapkan pasar tenaga kerja yang sedikit lebih kuat pada kuartal pertama 2021, dengan prospek ketenagakerjaan sebesar 27%.

Prediksi pekerjaan 2021: bermacam sektor pekerjaan yang tersedia

Faktanya, sektor dengan prospek pasar tenaga kerja terkuat adalah rekreasi dan perhotelan di angka 26%. Stull mengatakan jumlahnya kuat karena industrinya telah dirugikan begitu parah.

Ia memperkirakan itu akan mengalami pemulihan pada kuartal pertama, sebagian berkat berita positif seputar vaksin COVID-19 yang telah tersedia.

Pasar tenaga kerja terkuat kedua dalam prediksi pekerjaan 2021 diperkirakan untuk sektor transportasi dan utilitas, dengan prospek ketenagakerjaan 22%. Ini diikuti oleh industri perdagangan grosir dan eceran sebesar 20%

Berdasarkan perbandingan antar-negara bagian di Amerika Serikat, Vermont, kota kecil namun digdaya yang terletak di New England dipandang memiliki prospek pekerjaan bersih tertinggi di Amerika Serikat di angka 56%.

Ini diikuti oleh Montana di 38%, dan Iowa di 31%. Negara bagian dengan pandangan terlemah adalah Nevada di 1% dan Kentucky di 2%.

Tren positif pekerja

Salah satu tren positif bagi pekerja adalah penurunan persyaratan yang lebih rendah daripada bulan Januari. Stull mengatakan ini adalah percepatan dari tren yang dia lacak selama beberapa waktu.

Misalnya, pekerjaan perwakilan layanan pelanggan biasanya membutuhkan pengalaman tiga tahun, dan 40% pemberi kerja mewajibkan pelamar memiliki gelar sarjana. Namun, sekarang mereka cukup membutuhkan satu hingga dua tahun pengalaman, jika ada, dan hanya 12% perusahaan yang membutuhkan gelar.

Stull mengatakan dia paling terkejut bahwa lebih dari 50% perusahaan yang disurvei mengatakan bahwa perhatian utama mereka adalah kesehatan dan kesejahteraan karyawan mereka. Diikuti oleh pengembangan para pemimpin dan manajer.

“Pada awal pandemi, banyak perusahaan akan mati. Hari ini, itu hanya sebagian kecil. Para pekerja tidak terlalu terpengaruh. Saya mengambil banyak hal positif dari itu. Kami telah belajar banyak tentang cara bekerja selama pandemi dan mengetahui prediksi pekerjaan 2021,” Pungkas Stull.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Forbes

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img