Currently set to Index
Currently set to Follow

Masa Depan Cerah! Lihat 5 Prospek Kerja yang Cocok Buat Lulusan Keuangan!

Jurusan manajemen keuangan menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di Fakultas Ekonomi tiap universitas. Hal ini karena prospek kerja lulusan keuangan memang menjanjikan. Apalagi bagi mereka yang bermimpi ingin menjadi eksekutif perusahaan, menjadi lulusan manajemen keuangan akan terlihat menggiurkan!

Tapi terkadang, mahasiswa manajemen keuangan kadang memasuki jurusan tersebut karena dipaksa keinginan orang tua. Atau, mungkin mereka harus kuliah jurusan keuangan karena tidak diterima di pilihan pertama studi pendidikan tinggi mereka.

Namun, jangan khawatir. Banyak pilihan karier menanti kamu selepas lulus. Apa saja?

Baca juga: Catat! 7 Rahasia Sukses Hidup Minimalis Seperti Mark Zuckerberg

Lima Prospek Kerja Lulusan Keuangan

#1 Analis Keuangan

Analis keuangan bekerja untuk perusahaan investasi, asuransi, konsultan, dan sebagainya. Tapi, kalau kamu ingin bekerja di bidang ini, bekali dirimu dengan keterampilan informasi teknologi ya demi meningkatkan daya saing.

#2 Analis Investasi Perbankan

Investment banking adalah salah satu bidang yang bergengsi dalam prospek kerja lulusan keuangan. Analisa investasi perbankan adalah posisi awal dalam perusahaan modal. Umumnya, mereka diminta untuk memproduksi materi yang berhubungan dengan kesepakatan, melakukan penelitian industri, analisa keuangan kinerja perusahaan, dan sebagainya.

#3 Akuntan Pajak Junior

Pekerjaan terkait pajak memiliki permintaan yang stabil dan akan selalu dicari kapan pun.

Profesi ini mengembangkan berbagai strategi untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan pajak. Misalnya adalah menghitung dan memperkirakan pembayaran pajak, melakukan penelitian, dan meninjau sistem fiskal internal.

#4 Auditor Keuangan

Pada krisis keuangan 2007 hingga 2008 dan resesi global, peran auditor menjadi sangat sentral. Prospek kerja satu ini terbilang bergengsi. Mereka melakukan penilaian risiko dan bertanggungjawab untuk menjaga perusahaan dari pelanggaran aturan.

#5 Penasihat Keuangan Pribadi

Di dalam pekerjaan ini, kamu bisa mengevaluasi kebutuhan moneter individu. Selain itu, mereka membantu menentukan keputusan investasi, penganggaran, dan tabungan. Banyak penasihat juga mendapatkan kredensial industri, seperti perencana keuangan bersertifikat. Hasilnya, prestise dan peluang berjaring mereka semakin luas.

Bahkan, tak jarang beberapa perencana keuangan kini sudah menjadi publik figur dengan jutaan pengikut di media sosial. Pintar dan terkenal, kenapa tidak dicoba?

Baca juga: 3 Jenis Modal Usaha, Dasar-dasar Financing Bisnis untuk Pemula

Masa Depan Cerah! Lihat 5 Prospek Kerja yang Cocok Buat Lulusan Keuangan!, Pluang

Hindari 4 Kesalahan ini Demi Prospek Kerja Keuangan Lebih Baik!

Tetapi, memiliki kemampuan mumpuni saja tidak cukup bagi lulusan keuangan untuk mengamankan pekerjaan. Terkadang, proses wawancara kerja atau faktor lainnya bisa meruntuhkan kesempatan lulusan manajemen keuangan dalam mendapatkan pekerjaan.

Di bawah ini terdapat empat kesalahan yang sering dilakukan lulusan jurusan manajemen keuangan dalam menggapai prospek kerja masing-masing.

#1 Masih Bingung dengan Tujuan Karier

Hindari tanda atau komunikasi yang menunjukkan keraguan dalam wawancara dengan calon perusahaan. Ingatlah, pencari kerja pasti akan mencari orang yang ideal. Untuk itu, sempatkan dirimu untuk memutuskan rute finansial mana yang ingin dikejar. Atau, coba bayangkan diri sendiri dalam tiga atau lima tahun ke depan untuk menetapkan tujuan karier kamu sendiri.

#2 Tidak Magang Saat Kuliah

Industri keuangan adalah bidang yang menantang bagi prospek kerja lulusan keuangan. Makanya, kamu harus proaktif sejak dini dan mulai mencari magang sebelum lulus. Apalagi, survei The National Association of Colleges and Employers AS pada 2017 lalu menemukan bahwa 65% mahasiswa magang langsung ditawari pekerjaan selepas kelulusannya.

Tak hanya itu, jangan pernah membatasi diri hanya mengejar magang di perusahaan yang besar saja. Bekerja di perusahaan kecil pun tidak masalah, lantaran magang adalah momen di mana kamu mengumpulkan banyak pengalaman.

#3 Lambat dalam Memperbarui CV

Pencari kerja akan membaca ratusan CV dan resume setiap harinya. Buatlah resume dan cover letter seminarik mungkin. Merestrukturisasi resume dan tonjolkan informasi penting secara ringkas dan padat bisa menjadi solusinya. Dan jangan lupa untuk terus memperbarui CV kamu untuk ditampilkan di jejaring media sosial profesional LinkedIn. Siapa tahu, kamu lagi diincar ibu-ibu atau bapak-bapak HRD!

#4 Tidak Mempersiapkan Diri untuk Sesi Wawancara

Kesalahan ini menunjukkan kalian tidak inisiatif. Kandidat yang bagus akan mempersiakan dirinya dengan pengetahuan yang mumpuni tentang perusahaan yang dilamar. Tunjukkan passion dan ketertarikan pada industri ini agar kamu cepat ditawari pekerjaan.

Baca juga: Lebih Banyak Menganggur, Ini 5 Alasan Kenapa Jadi Sarjana Saja Tidak Cukup

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia, Investopedia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img