Bagaimana Ekonomi Berjalan pada Periode PSBB Transisi? Ini 18 Sektor yang Beroperasi

Pemerintah provinsi DKI Jakarta sebagai pusat perekonomian mengatur kebijakan langkah taktis pemulihan perekonomian Indonesia pasca COVID-19. Perpanjangan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai 5 Juni hingga akhir Juni 2020 pun diterapkan, alias PSBB transisi.

Pada PSBB transisi, kelonggaran-kelonggaran diterapkan pada sejumlah sektor ekonomi, sosial, dan budaya yang diperbolehkan kembali beroperasi.

Sebelum masa PSBB transisi, Pemprov DKI Jakarta hanya membolehkan 11 sektor usaha untuk beroperasi pada masa PSBB. Demi pemulihan perekonomian Indonesia pasca COVID-19, beberapa sektor lain pun turut diperbolehkan.

Kini, rumah ibadah, kantor, taman, ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA), museum, hingga tempat usaha dibuka pada masa PSBB transisi.

Pada PSBB transisi, terdapat 18 sektor sosial ekonomi yang dibolehkan beroperasi.

Protokol kesehatan COVID-19 juga diterapkan, di antaranya pembatasan aktivitas jumlah karyawan, menjaga jarak aman atau physical distancing, dan mengenakan masker selama beraktivitas.

Baca juga: ‘New Normal’, Siapkah Indonesia Jalani Kelaziman Baru Pasca Covid-19?

Fase pertama PSBB transisi, berikut ini daftar sektor yang beroperasi

Dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Kamis (4/6), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan keputusan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 DKI Jakarta.

Pada fase PSBB transisi, Anies mengatakan kegiatan ekonomi hingga industri bisa kembali beroperasi. Beberapa kegiatan menyusul pada fase kedua nanti sesuai dengan indikator dan evaluasi dari fase pertama ini.

“Masa transisi ini kegiatan ekonomi sudah bisa dilakukan secara bertahap dan ada batasan yang harus ditaati. Periode ini menjadi periode transisi menuju kegiatan sosial yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Dan periode ini juga adalah periode edukasi, periode pembiasaan terhadap pola hidup sehat, pola hidup yang aman, pola hidup yang produktif sesuai dengan protokol,” terang Anis mengenai periode PSBB transisi.

Berikut ini daftar sektor yang diizinkan beroperasi pada periode ini:

psbb transisi

Baca juga: Pandemi COVID-19 Bakal Panjang, Apakah Indonesia Siap Hadapi Krisis?

Sektor yang belum diizinkan beroperasi pada fase pertama PSBB transisi

Adapun kegiatan yang masih belum diperbolehkan pada fase pertama PSBB transisi ini akan dilanjutkan pada fase kedua sesuai dengan indikator dan evaluasi fase pertama.

“Fase kedua mungkin nantinya akan terjadi tapi waktunya belum tahu kapan. Kegiatan keagamaan yang sifatnya pengumpulan massa jumlah banyak masih belum diizinkan. Ketika kondisi sudah terkendali, nanti baru bisa dibuka,” terang Anies.

Berikut ini daftar kegiatan yang belum diizinkan untuk beroperasi pada masa PSBB transisi pertama:

perekonomian Indonesia pasca covid-19

“Kami akan sampaikan detail protokol yang akan disebarluaskan sehingga seluruh masyarakat bisa basa secara rinci. Sebagai contoh pasar, kapasitas 50 persen. Artinya kios-kios, toko-toko di dalam dibuka berdasarkan hari, toko ganjil buka di tanggal ganjil, toko genap buka di tanggal genap,” terang Anies terkait protokol pemberlakuan operasi sektor-sektor pada PSBB transisi.

Anies menambahkan bahwa sejauh ini telah menetapkan 66 rukun warga (RW) yang menjadi zona merah penyebaran virus corona. Ke-66 RW ini tersebar di sejumlah wilayah, 15 RW di Jakarta Barat, 15 RW di Jakarta Pusat, 3 RW di Jakarta Selatan, 15 RW di Jakarta Utara, 15 RW di Jakarta Timur, dan 3 RW di Kepulauan Seribu.

Selain penerapan protokol pada berbagai sektor usaha, ia memastikan pihak pemprov DKI Jakarta akan melakukan pengendalian ketat di 66 RW tersebut.

Sumber: Kompas, Detik, CNN Indonesia

Simak juga:

Naik Hanya 8,51%, Ini Alasan Serikat Buruh Tolak Kenaikan Upah Buruh yang Kecil

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Recent Articles

gini index adalah

Apa Itu Gini Index?

Leverage Ratio adalah

Apa Itu Leverage Ratio?

Leverage adalah

Apa Itu Leverage?

defisit anggaran adalah

Apa Itu Defisit Anggaran?

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel lainnya