Currently set to Index
Currently set to Follow

Kaya 7 Turunan! Simak Raja-Raja Terkaya di Dunia Berikut!

Kalau Sobat Cuan nonton The Crown di Netflix, yang berkisah tentang kehidupan Ratu Elizabeth II, tentunya jadi bikin mikir, dong, tentang kehidupan rahasia dan serba-mewah para penghuni kerajaan atau kesultanan di seluruh dunia. Tentunya, lantas, pertanyaan ini pun tak terhindarkan: siapa saja, nih, raja terkaya di dunia?

Barangkali mengejutkan, karena ternyata peringkat satu dan peringkat dua ditempati oleh para raja dan sultan yang satu rumpun regional dengan kita di ASEAN ini, alias raja dari Thailand dan sultan dari Brunei. Betul, keduanya jauh, jauh, jauh lebih kaya daripada Ratu Elizabeth. Meskipun, mereka tampaknya kalah populer dibandingkan Sang Ratu.

Berikut ini daftar lima raja terkaya di dunia saat ini beserta laporan kekayaan bersih mereka per Januari 2021. Daftar ini juga menyertakan dari mana mereka memperoleh kekayaan mereka, dan tentu saja, bagaimana mereka menggunakannya.

Baca juga: Ini Daftar Orang Terkaya Indonesia 2020 Versi Forbes

Kaya 7 Turunan! Simak Raja-Raja Terkaya di Dunia Berikut!, Pluang

1. Maha Vajiralongkorn, Raja Thailand

Maha Vajiralongkorn

Raja Vajiralongkorn, atau dikenal sebagai Rama X, naik tahta tak lama setelah ayahnya wafat, Raja Bhumibol Adulyadej, pada 2016. Ia pun menjadi raja kesepuluh dari Dinasti Chakri.

Aset sang raja terkaya di dunia ini kini senilai hingga US$43 miliar per Januari 2021.

Menurut Fortune, sebagian besar kekayaan sang raja berasal dari 23,38% sahamnya di Siam Commercial Bank, salah satu pemberi pinjaman terbesar di negara itu, dan Siam Cement Group, konglomerat industri terbesar di negara itu.

Portofolionya juga mencakup sekitar 6.500 hektar (16.000 acre) tanah utama dan ia menjalin lebih dari 40.000 usaha persewaan dengan para pengembang.

Mau tahu bagaimana raja terkaya di dunia ini menggunakan sebagian besar uangnya? Ia sangat menyukai bidang penerbangan. Terutama, karena sang permaisuri, Sineenat Wongvajirapakdi, adalah seorang pilot yang berkualifikasi. Hingga saat ini, raja terkaya di dunia ini mengoleksi 38 armada pesawat jet dan helikopter.

2. Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei

Sultan Hassanal Bolkiah

Entah bagaimana ceritanya, Hassanal Bolkiah, sang sultan Brunei, merosot peringkatnya menjadi nomor dua raja terkaya di dunia. Tapi, toh, tetap saja sang raja tidak bakal ambil pusing juga soal peringkat. Perkiraan kekayaan bersihnya masih berkisar di US$28 M, alias tetap tidak berubah.

Angka fantastis kekayaan sang sultan diperoleh sebagian besar dari cadangan minyak negara yang sangat besar. Industri minyak negeri ini memang terbilang signifikan secara global.

Setidaknya, uang sebanyak itu bisa digunakan olehnya untuk merawat 1.788 kamar di istananya, plus armada 5.000 kendaraannya (termasuk di antaranya ratusan Rolls-Royce). Belum bikin takjub? Bahkan, nilai potongan rambutnya saja berkisar US$20.000, alias kalau dikonversikan ke rupiah senilai Rp290 juta tiap potong rambut.

Baca juga: Eksotis Luar Biasa, Ternyata Segini Lho Harga Paket Wisata ke Raja Ampat

3. Salman bin Abdulaziz Al Saud, Raja Saudi Arabia

Salman bin Abdulaziz Al Saud. Photo: @aboodiyh1/Twitter
Sumber: The South China Morning Post

Raja Salman dari Arab Saudi dilaporkan memiliki kekayaan US$18 M. Angka yang hanya beda sekitar 10 miliar saja dari Sultan Brunei ini menjadikannya sebagai raja terkaya di dunia nomor tiga.

Bagaimana ia memperoleh kekayaan itu? Tentunya, sebagaimana raja pada umumnya, ia berasal dari keluarga dinasti. Sebagian besar kekayaannya berasal dari portofolio keluarga kerajaan yang diperkirakan mencapai US$1,4 T. Angka fantastis ini diperoleh dari industri gas alam dan minyak bumi Saudi yang dikelola Aramco.

Sama seperti para raja lainnya, ia amat menikmati kemewahan yang dapat diperoleh dengan uang sebanyak itu. Raja Salman menikmatinya dengan mengoleksi kapal pesiar dan lukisan yang sangat mahal. Hobi yang dia turunkan juga kepada putranya yang kini berusia 34 tahun, Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, alias dikenal umum sebagai MBS.

4. Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden UEA

Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, who was reported to be in a stable condition following a stroke on Friday morning. WAM
Sumber: The National News

Posisi sheikh Khalifa sebagai penguasa turun-temurun Abu Dhabi, emirat terkaya di Uni Emirat Arab, menjadikannya raja terkaya keempat di planet ini. Dengan kekayaan bersih sekitar US$15 M, sang raja saat ini mengelola aset negara yang dilaporkan bernilai US$830 M. Sama seperti kebanyakan raja dari negeri Arab, ia memperoleh sebagian besar kekayaannya dari cadangan minyak yang disimpan di wilayah negaranya.

Berdasarkan informasi dari Panama Papers, konon nih ia memiliki banyak properti mewah di London, dan nilainya sekitar US$1,7 M.

5 Mohammed VI, Raja Maroko

Kaya 7 Turunan! Simak Raja-Raja Terkaya di Dunia Berikut!, Pluang
Sumber: Arabian Royal Agency

Dengan kekayaan bersih yang diperkirakan sekitar US$2 M hingga US$8 M, Raja Maroko Mohammed VI berhasil mendapuk dirinya sebagai salah seorang raja terkaya di dunia.

Kekayaannya meningkat saat ia mewarisi 35 persen saham di perusahaan induk Société Nationale d‘Investissement (SNI) dari almarhum ayahnya, Raja Hassan. Portofolionya juga mencakup saham di bank terbesar Maroko Attijariwafa, perusahaan pertambangan Group Managem, perusahaan penghasil gula Cosumar, dan juga perusahaan produk olahan susu Centrale Danone.

Sayangnya, media tidak banyak mengetahui bagaimana cara keturunan Dinasti Alaouite ini membelanjakan uangnya. Namun, menurut Forbes, pada 2014, tahun ketika ia diakui sebagai raja terkaya di Afrika, anggaran operasional harian istana sekitar US$960.000, alias uang jajan harian sang raja sebanyak Rp14 M.

Sumber: South China Morning Post

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img