Hadapi IHSG yang Melemah, Ini 4 Pilihan Reksadana Terbaik

Di tengah pelemahan IHSG pada Kamis (18/6), pasar obligasi negara justru menguat sehingga perolehan reksadana pendapatan tetap pun meningkat. Ketahui pilihan reksadana terbaik agar kamu bisa susun portofolio investasi disertai reksadana terbaik.

Meski sejak awal Juni mulai rebound, IHSG pada Kamis (18/6) cenderung melemah, turun 1,25 persen ke level 4.925,25. Sementara, benchmark obligasi pemerintah tercatat pada level 7,2 persen.

reksadana terbaik

Penguatan obligasi negara ini sejalan dengan peningkatan nilai aset reksadana pendapatan tetap. Karena itu, penting untuk mengetahui reksadana terbaik untuk pendapatan tetap dengan imbal hasil terbaik. Pilihan reksadana terbaik ini akan bantu memperkuat portofolio investasimu.

Reksadana merupakan pilihan wadah untuk menghimpun dana dari investor. Dana ini oleh manajer investasi dikelola ke dalam beberapa instrumen investasi, seperti saham, obligasi, atau deposito.

Pengelolaan oleh manajer investasi dengan reputasi baik umumnya menghasilkan komposisi portofolio reksadana terbaik. Pilihan mengelola reksadana oleh manajer investasi ini khususnya ditujukan bagi investor kecil yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Baca juga: Baru Belajar Investasi? Ketahui 5 Contoh Kelas Aset dan Cara Mengelolanya

IHSG masih melemah kendati rebound sejak Juni, reksadana pendapatan tetap alami penguatan 

Sepanjang Juni, IHSG telah menguat hingga 4,92%. Relaksasi lockdown berbagai negara dan keputusan PSBB transisi di Jakarta jadi katalis positif bagi pasar saham. Begitu pula stimulus bank sentral dan pemerintah terus perkuat berbagai perusahaan.

Dengan penguatan IHSG ini, investor kembali menaruh sentimen positif pada reksadana saham. Saat ini, Danareksa Mawar Fokus 10 merupakan salah satu pilihan relatif aman.

Reksadana ini mengelola minimum 70% portofolio diinvestasikan pada saham-saham mid-small caps dan pilihan saham melalui riset cukup ketat terhadap fundamental emiten dibarengi analisis kuantitatif.

Berdasarkan kinerjanya, Danareksa Mawar Fokus 10 mencatatkan pertumbuhan sangat baik sejak rebound pasar saham Juni ini. Per 5 Juni 2020, berdasarkan data Infovesta Utama, Danareksa Mawar Fokus 10 mencetak kinerja 15,76%. Kinerja ini unggul dibanding IHSG dan Indeks Reksa Dana Infovesta yang hanya mencetak masing-masing 6,86%.

Akan tetapi, pada saat IHSG melemah kembali seperti yang terjadi Kamis (18/6), melemah 1,25%, investor pun perlu pula mengarahkan dana pada reksadana pendapatan tetap.

Karena itu, pengelolaan reksadana terbaik pun penting untuk dipertimbangkan di masa fluktuatif ini. Bareksa mencatat dua reksadana pendapatan tetap yang mampu mencetak imbal hasil (return) 5,65 persen dan 3,54 persen sejak awal tahun hingga 18 Juni 2020 (year to date).

Berdasarkan fund fact sheet Mei 2020, portofolio investasi reksadana Manulife Obligasi Unggulan Kelas A di antaranya INDOGB 12% 09/15/26, INDOGB 8 3/8% 04/15/39, MEDCIJ 9.3% 02/20/25, PLNIJ 8.7% 11/03/32, dan SMRAIJ 9 1/2% 10/15/24. Reksadana pendapatan tetap ini mencetak imbal hasil sebesar 5,65 persen ytd.

Sementara, untuk Manulife Obligasi Negara Indonesia II Kelas A, imbal hasil sebesar 3,54 persen ytd. Fund fact sheet pada Mei 2020 menunjukkan komposisi portofolio ASIIIJ 5.8% 04/07/21, INDOGB 7 1/2% 06/15/35, INDOGB 7 3/8% 05/15/48, INDOGB 8 3/8% 03/15/34, dan INDOIS 6 3/4% 04/15/43.

Baca juga: Pahami Kinerja Sekuritas, Ini 3 Alasan Volatilitas Pasar Pengaruhi Peluang Profit

Daftar reksadana terbaik yang diperdagangkan Bareksa

Selain dua reksadana pendapatan tetap tersebut, marketplace Bareksa juga mencatatkan beberapa pilihan reksadana terbaik yang catatkan return tertinggi. Berikut ini kinerja reksadana berdasarkan indeks benchmark periode sebulan terakhir.

Reksadana Saham

IHSG : 9,18 persen

Indeks Reksadana Saham : 8,53 persen

Pilihan reksadana terbaik, BNP Paribas Infrastruktur Plus : 18,61 persen

Indeks Reksadana Saham Syariah : 4,34 persen

Pilihan reksadana terbaik, Manulife Syariah Sektoral Amanah Kelas A : 9,76 persen

Reksadana Pendapatan Tetap

Indeks Reksadana Pendapatan Tetap: 1,86 persen

Pilihan reksadana terbaik, Manulife Obligasi Negara Indonesia II Kelas A : 3,56 persen

Indeks Reksadana Pendapatan Tetap Syariah : 1,36 persen

Pilihan reksadana terbaik, Eastspring Syariah Fixed Income Amanah Kelas A : 2,81 persen

Reksadana Pasar Uang

Benchmark:

– Bunga deposito sebelum pajak dengan dana kurang dari Rp100 juta dan tenor satu bulan :

> BCA : 0,395 persen per bulan

> Bank Mandiri : 0,354 persen per bulan

> BNI : 0,354 persen per bulan

> BRI : 0,354 persen per bulan

Indeks Reksadana Pasar Uang : -0,37 persen

Pilihan reksadana terbaik, Reksa Dana Mega Dana Kas : 0,8 persen

Indeks Reksadana Pasar Uang Syariah : -0,01 persen

Pilihan reksadana terbaik, Sucorinvest Sharia Money Market Fund : 0,53 persen

Reksadana Campuran

Indeks Reksadana Campuran : 5,45 persen

Pilihan reksadana terbaik, Shinhan Balance Fund : 11,11 persen

Indeks Reksadana Campuran Syariah : 3,88 persen

Pilihan reksadana terbaik, TRIM Syariah Berimbang : 6,96 persen

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Bareksa, Kontan, Bareksa

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Recent Articles

Related Stories