Currently set to Index
Currently set to Follow

7 Resolusi Tahun Baru terkait Finansial untuk Tahun 2021

Pada pergantian tahun, umumnya orang-orang akan menghabiskan waktu untuk menyusun resolusi tahun baru, termasuk resolusi keuangan untuk tahun mendatang. Faktanya, pada 2020 dengan situasi pandemi ini, semakin banyak orang yang memutuskan untuk memperbaiki cara mereka mengelola keuangan.

Di antara resolusi tahun baru terkait keuangan yang paling umum adalah menabung lebih banyak, membayar utang, dan membelanjakan uang lebih sedikit.

Masalah yang kerap terjadi adalah menjelang akhir Januari, kebanyakan orang sudah melupakan resolusi tahun baru mereka. Mungkin itu karena mereka lantas memiliki prioritas lain, atau mungkin mereka baru saja memutuskan resolusinya kurang realistis.

Apa pun alasannya, jelang akhir 2019 ini, jika kamu memang betul ingin memperbaiki keuanganmu di tahun mendatang, yuk membuat resolusi yang lebih realistis.

Baca juga: Punya Resolusi Keuangan untuk 2020? Wujudkan dengan 5 Trik Taktis Ini, Yuk!

Resolusi tahun baru: menetapkan sasaran dan target keuangan yang jelas untuk tahun 2021

Apa alasan paling umum yang menggagalkan orang-orang dari tujuan mereka? Mereka tidak menetapkannya secara spesifik. Jika ingin sukses dengan resolusi tahun baru mendatang, kamu mesti pastikan untuk spesifik tentang apa yang ingin kamu capai dan rencana tindakan untuk mewujudkannya.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat tujuan yang cerdas: buatlah spesifik, terukur, dapat diraih, relevan, dan tentunya dibatasi waktu.

Misalnya, daripada mengatakan “saya ingin menghemat lebih banyak uang”, buatlah sasaran menjadi “saya ingin meningkatkan tingkat tabungan saya dari 18% menjadi 20%”. Sasaran yang dapat diukur harus dapat dilacak sehingga kamu mengetahui kemajuan yang telah dicapai.

Tujuan yang relevan berarti kamu harus bertanya pada dirimu sendiri, tentang apa prioritas yang selaras dengan resolusi tahun baru keuanganmu. Tujuan ini pun harus dibatasi waktu, dengan kata lain, tetapkan kerangka waktu untuk mencapai tujuan itu.

Berikut ini daftar resolusi tahun baru yang bisa kamu masukkan dalam prioritas keuanganmu:

Resolusi tahun baru: pertahankan anggaran realistis

Salah satu resolusi keuangan yang paling umum untuk tahun baru adalah menabung lebih banyak dan membelanjakan lebih sedikit.

Jika kamu ingin tahu rahasia sukses finansial, tetapkanlah anggaran.

Membuat anggaran yang realistis dan menggunakannya secara proaktif, terus melacak pengeluaran, akan membantu membuat kemajuan finansial. Kalau perlu, kamu dapat menggunakan tracker atau aplikasi keuangan yang dapat membantu.

Tambahkan nominal dana darurat

Tantangan dana darurat adalah mengetahui pasti berapa angka yang betul-betul kamu butuhkan di saat darurat. Jika pengeluaran rata-ratamu per bulan hingga Rp 6 juta, sementara penghasilanmu Rp 10 juta per bulan, maka kamu akan membutuhkan dana darurat sekitar Rp 36 juta-60 juta. Ini dengan asumsi kamu mencukupi dana pengeluaran atau penghasilan yang kamu peroleh selama enam bulan.

Mungkin tahun ini kamu sudah mengantongi dana darurat untuk dua bulan, jadi di tahun 2021 kamu dapat tingkatkan untuk memiliki dana darurat hingga 6 bulan pada akhir tahun.

Menabung lebih banyak untuk dana pensiun

Selanjutnya, barangkali ini belum pernah masuk resolusi tahun baru keuanganmu, tapi kamu mungkin ingin menabung lebih banyak uang untuk masa pensiun. Jika di tahun sebelumnya kamu tidak pernah menargetkan kapan akan pensiun, sepertinya inilah saatnya.

Targetkan hingga usia berapa kamu akan terus melanjutkan dengan keseharian dan pekerjaan saat ini. Jika kamu mematok pensiun pada usia 50 tahun, buat perhitungan yang realistis tentang dana yang kamu akan butuhkan saat usia tersebut yang sekiranya akan mencukupi biaya bulananmu.

Baca juga: Tahun 2020, Tenaga Kerja dan Gaji Karyawan Startup Diprediksi Melonjak

Investasikan pendapatan

Saat kamu sudah merasa aman dengan dana darurat dan mampu realistis dengan anggaranmu, maka kini saatnya kamu memikirkan investasi yang tepat.

Untuk memaksimalkan resolusi tahun baru, kamu mungkin bisa membuka rekening investasi. Bunga yang diperoleh dari investasi dapat menjadi sumber pendapatan pasif baru bagimu.

Pelajari berbagai jenis investasi yang dapat kamu tempuh: saham, obligasi, pinjaman peer-to-peer, atau bahkan investasi real estat. Lalu, tentukan berapa dana yang akan kamu alokasikan untuk masing-masing diversifikasi portofoliomu itu.

Lacak kekayaan bersih

Berikutnya, lacak kemajuan yang telah kamu capai di tahun ini dan apa saja yang dapat kamu tingkatkan di tahun 2021 nanti. Jika kamu memenuhi resolusi tahun baru keuanganmu, maka kamu akan menjadi seperti mereka yang sukses melakukannya di tahun ini.

Jadikan tahun 2021 tahunmu untuk melacak kekayaan bersih dan gambaran keuangan secara keseluruhan.

Tingkatkan penghasilan

Menambah penghasilan juga bisa menjadi resolusi tahun baru yang mendukung kemajuan finansialmu. Kamu mungkin bisa mengajukan kepada atasan untuk kenaikan gaji. Tentu saja, kamu perlu bersikap strategis dalam meminta kenaikan gaji, termasuk pengaturan waktu, alasan, dll. Pelajari cara menegosiasikannya.

Selain itu, kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan dari bekerja sampingan. Jika kamu punya keahlian selain pekerjaan rutinmu, maka kamu bisa kembangkan hal itu. Terakhir, kamu bisa membangun pendapatan pasif dengan investasi yang tepat.

Tingkatkan skor kredit

Selanjutnya, jadikan tahun ini untuk meningkatkan skor kredit. Masukkan poin ini ke dalam resolusi tahun barumu. Baik jika kamu ingin membeli rumah, membeli mobil, menyewa apartemen, atau membuka kartu kredit, skor kreditmu akan jadi penting. Tetapkan tujuan untuk meningkatkan skor kreditmu tahun ini.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: After School Finance

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img