fbpx
Artikel Rencana Penghapusan "Saham Gocap" pada 2020, Kalian Setuju Nggak Sih?

Rencana Penghapusan “Saham Gocap” pada 2020, Kalian Setuju Nggak Sih?

Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tahun ini menurun. Ini dibarengi banyaknya saham murah 2019 di pasar. Beberapa saham jatuh ke harga Rp50 alias jadi saham gocap.

Pada 2018, hanya ada 41 saham yang dilego seharga gocap. Namun, per Desember 2019 ini, kita bisa temukan hingga 74 saham yang dilego gocap! Ini berarti, jumlah saham dengan harga murah naik 80,49% dibandingkan tahun lalu.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengkaji penghapusan saham murah 2019 gocap atau saham Rp50. Penghapusan saham ini akan dilakukan pada 2020.

Namun, lebih lanjutnya, pihak BEI tegaskan akan keluarkan aturan baru terkait nilai terendah harga saham. BEI rencana menerapkan pembebasan minimum harga saham supaya saham dengan harga Rp50 bisa tetap likuid.

Ini karena beberapa saham gocap ini masih diminati dan ditransaksikan di pasar negosiasi. Sementara itu, ada pula saham gocap dari 33 emiten yang dinyatakan relatif tak bergerak dalam waktu yang lama.

Sebanyak 20 saham dari 33 emiten ini yang punya valuasi price to earning ratio (PER) negatif. Dari 13 saham dengan PER positif, 3 saham tercatat punya PER hingga 50x.

Baca juga: Belajar Investasi Saham? Intip Yuk Simulasi Trading hingga Strategi Kelola Saham

Saham murah 2019 masih jadi incaran di pasar negosiasi

Dari 33 emiten tersebut, nilai kapitalisasinya sebesar Rp42,8 M hingga Rp3,2 T. Dari 13 saham dengan PER positif, hanya 5 saham yang punya PER di bawah sektornya.

Terlepas dari pergerakan PER ini, beberapa emiten dengan saham gocap ini masih diminati pelaku pasar di pasar negosiasi.

Berdasarkan data BEI, banyak di antaranya memilihi saham gocap dari PT Ratu Prabu Energi Tbk (ARTI). Nilai transaksi ARTI capai hingga Rp299,9 M.

Selain ARTI, saham PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk (BIPI) juga ramai di pasar. Nilai transaksinya hingga Rp124,3 M.

Sementara itu, saham ARTI yang diperdagangkan capai Rp30 per saham dan BIPI dengan harga Rp20 per saham.

Angka transaksi ini tunjukkan valuasi harga saham dengan nilai saham gocap masih diminati. Sebelumnya, pihak BEI pernah memberi pernyataan bahwa hampir 60% transaksi di pasar negosiasi dilakukan atas transaksi saham gocap.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Investasikan Danamu di Saham Blue Chip

BEI pertimbangkan soal penghapusan saham gocap pada 2020

Statistik menunjukkan transaksi saham di pasar negosiasi per Maret 2019 capai hingga Rp44,81 T yang naik dari Februari sebesar Rp39,86 T.

Karena nilai transaksi ini, BEI sempat berniat hapus batas bawah harga saham. Lantaran ada kemungkinan saham dengan harga Rp50 berpotensi akan turun, meski dapat kembali diperdagangkan apabila harganya kembali ke batas bawah.

Berikut ini daftar dari 33 emiten dengan saham gocap yang diperdagangkan di pasar negosiasi:

saham murah 2019
Source: CNBC Indonesia

Transaksi ini oleh pelaku pasar banyak digunakan untuk mengambil dana tambahan.

Beberapa analis saham berpendapat bahwa karena masih adanya permintaan terhadap saham gocap, permintaan ini akan membentuk harga saham selanjutnya.

Dengan demikian, penghapusan batas bawah harga saham dapat dikatakan sebagai langkah yang bagus. Kira-kira kalian setuju nggak sih dengan wacana penghapusan saham gocap ini?

Sumber: Business Insight, Finansialku, CNBC Indonesia

Simak juga:

Jadi “Cewek Keren” dengan Menghapus Gaya Hidup Boros

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Menabung Asyik dengan 5 Cara Fun Ini, yuk!

Menikah vs Beli Rumah, Mana yang Harus Didahulukan?

Artikel Terbaru