Currently set to Index
Currently set to Follow

Kenali Konsep Valuasi 409a dalam Opsi Saham bagi Karyawan. Apa sih 409a?

Banyak perusahaan mulai memberlakukan pemberian saham untuk karyawan. Apa sih, sebenarnya opsi saham karyawan itu?

Opsi saham karyawan merupakan hak untuk membeli sejumlah saham dengan harga tetap dan dalam periode tertentu di suatu perusahaan. Pada dasarnya, saham untuk karyawan merupakan kompensasi yang diberikan oleh perusahaan.

Opsi saham karyawan sangat berarti bagi perusahaan pemula. Misalnya perusahaan start-up. Biasanya mereka akan memberikan opsi ini sebagai penghargaan kepada karyawan awal dan sebagai bentuk perayaan saat perusahaan tersebut go public.

Kondisi ini lazim dilakukan perusahaan AS dan kini juga sudah diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di negara lain. Kini, lebih dari 500 perusahaan di AS mengikuti tren saham untuk karyawan atau employee stock options (ESO), jelas Tim Leung, dari University of Washington.

Namun, pemberian saham untuk karyawan memiliki aturan yang tidak boleh diabaikan oleh perusahaan. Gunanya, untuk menjamin hak dan memberikan kepastian kepada karyawan. Di Amerika Serikat, contohnya, para perusahaan yang melakukan aksi tersebut harus mendapat penilaian 409a.

Belum pernah mendengar penilaian 409a dalam saham untuk karyawan? Tidak usah khawatir. Yuk, simak artikel berikut!

Baca juga: Tahun 2020, Tenaga Kerja dan Gaji Karyawan Startup Diprediksi Melonjak

Kenali Konsep Valuasi 409a dalam Opsi Saham bagi Karyawan. Apa sih 409a?, Pluang

409a Valuation, Langkah Awal Penentuan Saham untuk Karyawan

Sebelum menawarkan saham untuk karyawan, perusahaan-perusahaan di AS perlu mendapatkan penilaian 409a. Secara harfiah, istilah ini merupakan proses penilaian saham sebuah perusahaan, umumnya perusahaan swasta.

Berbeda dengan perusahaan publik, perusahaan swasta tidak memiliki harga saham yang tersedia untuk dilihat sewaktu-waktu. Jika perusahaan gagal mendapatkan 409a, maka mereka harus siap-siap berurusan dengan IRS (Internal Revenue Service) dan pastinya menimbulkan masalah baru bagi karyawan mereka.

Lantas, apa saja hal mendasar tentang valuasi 409a?

Pertama-tama, perusahaan swasta harus punya skema dalam memberi hadiah saham kepada karyawan. Sebagai contoh, tengok kasus dari perusahaan “A” ini. Perusahaan A merekrut karyawan baru dan menawarkan untuk membeli 1.000 saham dengan nilai pasar yang berlaku saat ini. Misalnya setiap saham bernilai Rp10.000,00. Harga tersebut dikenal dengan “strike price”.

Selanjutnya, perusahaan membuat kebijakan bahwa karyawan tersebut bisa menggunakan atau mengolah (exercise) saham tersebut setelah lima tahun kerja. Periode ini dikenal dengan “vesting period”. Sebagai catatan, vesting period masing-masing perusahaan bisa berbeda-beda, tergantung kebijakannya.

Lima tahun kemudian, ternyata satu saham tersebut bernilai Rp300.000. Itu berarti, jika karyawan tersebut menjual sahamnya, dia akan mendapat keuntungan 30 kali lipat dari harga pertama.

Nah, penilaian 409a ini berguna untuk menentukan harga opsi yang akan ditawarkan kepada karyawan. Dengan begitu, perusahaan tidak sembarangan membuat penilaian dan penawaran. Karena, perusahaan bisa dituduh menyumbunyikan pendapatan (hiding income) jika mereka menawarkan saham yang kelewat murah.

Baca juga: Dirumahkan Kantor Karena Corona? Jajal 6 Situs Freelance Indonesia Ini!

Menentukan Besaran Nilai Pasar Saham untuk Karyawan

Setelah mengetahui prinsip dasar penilaian 409a, lantas, bagaimana caranya menentukan nilai pasar saham yang ditujukan bagi karyawan?

Ada beberapa cara yang bisa perusahaan pergunakan untuk menentukan harga penawaran.

Bagian 409a secara detail mendefinisikan nilai saham yang adil atau “fair value market”. Di sana ada beberapa indikator yang bisa membantu perusahaan menentukan harga. Atau, perusahaan bisa menggunakan piranti lunak khusus yang sudah dirancang untuk penilaian 409a ini.

Namun, cara mandiri ini bisa berbahaya jika perusahaan tidak memiliki kemampuan mumpuni untuk menentukan nilai pasar yang adil atau ‘safe harbor’. Karena, perusahaan harus bisa menjelaskan safe harbor tersebut kepada IRS.

Cara lainnya untuk menentukan opsi saham untuk karyawan adalah dengan menyewa konsultan atau pihak ketiga, yang sudah bereputasi, terpercaya, dan berpengalaman, untuk membantu menganalisis nilai saham untuk karyawan. Proses dengan pihak ketiga ini bisa memakan waktu setidaknya satu bulan. Jadi, perusahaan harus memperhitungkan waktu untuk pengumpulan maupun revisi data terkait saham dan karyawannya.

Mungkin sebagian dari perusahaan masih baru dan tidak ingin melakukan penilaian 409a. Ini cenderung membuat perusahaan menentukan harga saham untuk karyawan secara asal.

Ingatlah, penilaian 409a harus dilakukan setiap 12 bulan sekali atau pada saat pemutaran pendanaan. Dengan kata lain, perusahaan harus bersiap-siap menerima audit dari IRS.

Jika perusahaan tidak bisa memberikan dasar harga pada saat audit, bersiap-sipalah untuk menerima konsekuensinya. Apa saja konsekuensi tersebut?

Karyawan akan dikenakan pajak pendapatan (PPh 25), plus denda 20%. Tapi, indikator biaya denda bisa saja bertambah, misalnya hukuman tambahan yang diterapkan oleh negara, bunga atas pajak yang belum terbayar, dan sebagainya. Bayangkan berapa banyak biaya yang mesti dikeluarkan jika kalian membagikan saham kepada ratusan karyawan?

Maka dari itu, penilaian 409a adalah langkah penting bagi perusahaan untuk memberikan kompensasi saham kepada karyawan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: The Balance

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img