Currently set to Index
Currently set to Follow

Investasi ke Diri Sendiri! Yuk, Belajar ‘Self Love’ dari Begawan Saham Warren Buffett!

Siapa yang tak kenal Warren Buffett? Raja investasi saham ini tersohor sebagai salah satu pionir cara menjadi kaya hanya dengan menempatkan dana pada berbagai instrumen portfolio.

Hanya saja, Buffett mengatakan bahwa seluruh investasi tersebut tidak akan bisa menyamai hasil yang kita tuai dari berinvestasi ke diri sendiri. Ya, menurutnya, investasi terbaik yang perlu dilakukan umat manusia adalah mengembangkan kemampuan diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik di kemudian hari.

“Memang, sejauh ini, investasi yang baik yang bisa kamu lakukan adalah investasi ke diri sendiri,” jelas Buffett dalam wawancara bersama Yahoo Finance pada 2019 silam.

Menurut dia, orang boleh saja berlomba-lomba mencari cara untuk menjadi kaya. Namun, jangan pernah lupa untuk membekali diri sendiri dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni.

Lantas, bagaimana caranya kamu bisa melakukan self love dengan berinvestasi ke diri sendiri? Nah, juragan saham tersebut membeberkan kisi-kisinya!

Baca juga: Investasi ala Warren Buffett: Cara Terbaik Kelola Kekayaan

Investasi ke Diri Sendiri! Yuk, Belajar ‘Self Love’ dari Begawan Saham Warren Buffett!, Pluang

Belajar Self Love: 3 Jenis Investasi Diri Sendiri Ala Warren Buffett

#1 Berinvestasi di Pengembangan Keterampilan Komunikasi

Warren Buffett berujar bahwa berinvestasi di pengembangan keterampilan komunikasi kamu bisa meningkatkan “nilai” kamu sebesar 50% di hadapan orang lain. Menurutnya, menjadi pintar tidak akan ada artinya jika tidak dibarengi denga keterampilan komunikasi yang oke.

“Kondisi tersebut seperti kamu mengedipkan mata kepada seorang gadis di dalam kondisi gelap. Alias, kamu tidak akan mendapat respons apa-apa,” jelas Buffett.

“Kamu boleh saja menjadi orang terpintar di muka bumi ini. Tapi, kamu pun harus bisa menyampaikan ilmu yang kamu miliki ke semua orang. Hal itu hanya bisa dilakukan jika kamu punya kemampuan komunikasi.”

#2 Berinvestasi di Keterampilan Kepemimpinan

Buffett tidak pernah kehabisan wejangan mengenai cara menjadi kaya dan menjadi pemimpin yang sukses. Selama ini, ia selalu menekankan pentingnya satu sikap pemimpin yang tak boleh ditawar-tawar, yakni integritas.

“Tentu menjadi cerdas itu penting. Memiliki inisiatif atau energi juga penting bagi seorang manusia. Namun, kalau mereka tidak punya integritas, sifat-sifat tersebut akan membunuhmu di kemudian hari,” jelas dia.

Tony Simons dari The Integrity Dividend juga mengatakan bahwa integritas adalah karakteristik utama yang diperlukan bagi seseorang dalam berbisnis. Ketika seseorang mempraktikkan integritas, maka bisnisnya akan dipercaya banyak kalangan dan lama kelamaan akan menghasilkan cuan.

#3 Sayangi Diri Sendiri dengan Bergaul Bersama Orang-Orang yang Positif

Buffett pernah memberi wejangan bahwa berada di sekeliling orang-orang yang memberi dampak positif buatmu adalah strategi untuk menjadi sukses dan langkah self love yang baik.

“Dalam hidup, kamu akan selalu bergerak di arah jalan yang sama dengan orang-orang yang ada di sekeliling kamu,” jelas dia. “Sehingga, kamu lebih baik berhubungan erat dengan orang-orang yang memiliki keahlian dan ilmu yang lebih baik dari kamu”.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu menyaring lingkungan pertemanan kamu. Kalau kamu bergaul dengan orang yang tepat, bukan tidak mungkin karier dan kehidupan profesional kamu akan moncer di kemudian hari.

Baca juga: Mau Investasi? Terapkan Tips Warren Buffett Ini!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Inc.com, Yahoo Finance

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img