Currently set to Index
Currently set to Follow

Cari Kerja? Simak 9 Daftar Situs Template CV Gratis dan Anti Norak Ini!

Mencari kerja di tengah pandemi COVID-19 memang bukan perkara mudah. Situasi ekonomi yang tengah lesu bikin lowongan kerja kian sedikit, namun persaingan antar pencari kerja kian sengit.

Kalau kamu adalah bagian dari pencari kerja tersebut, mungkin ada baiknya kamu mulai memperhatikan desain dan cara menyusun daftar riwayat hidup kamu, deh. Soalnya, agar lamaran kerja kamu lebih mencuat dibanding pesaing lainnya.

Survei Eye-Tracking Study yang dilakukan oleh Ladders Inc pada 2018 silam menemukan bahwa bapak-ibu HRD yang dihormati tersebut ternyata hanya membaca daftar riwayat hidup kamu hanya 7,4 detik saja. Mereka akan memproses lamaran kerja kalau desainnya bersih, simpel, dan to the point.

Studi itu juga menemukan bahwa praktisi personalia akan malas memproses sebuah lamaran jika desain daftar riwayat hidup, atau Curriculum Vitae (CV), pencari kerja terkesan berantakan.

Nah, makanya, kamu perlu memperhatikan betul desain CV kamu agar bisa lanjut ke proses wawancara. Untungnya, di zaman teknologi seperti ini, sudah banyak sekali situs-situs yang menyediakan template atau kisi-kisi menulis CV yang baik serta menarik dengan gratis!

Apa saja situs-situs tersebut?

Baca juga: Tingkatkan Potensi Dipanggil Interview, Ini 4 Aplikasi yang Bisa Percantik CV-mu

Cari Kerja? Simak 9 Daftar Situs Template CV Gratis dan Anti Norak Ini!, Pluang

9 Situs Template CV dan Daftar Riwayat Hidup Gratis

#1 Canva.com

Dikenal sebagai situs edit-edit foto dan gambar biar terlihat lebih ciamik, ternyata Canva juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu mendesain CV. Caranya pun mudah digunakan dan yang paling penting, gratis!

#2 Template.net

Situs ini bisa dibilang merupakan direktori yang baik bagi kamu dalam mencari template daftar riwayat hidup sesuai dengan keinginan kamu. Kamu hanya tinggal pilih kategori desain yang kamu mau, lalu tinggal unduh begitu saja. Layaknya situs lain, jangan lupa untuk sign-up dulu, ya!

#3 Vertex42

Situs ini memang dikenal sebagai lokasi di mana pengguna Microsoft Office mencari ribuan template. Di sini, kamu tinggal klik menu Microsoft Word, lalu temukan template daftar riwayat hidup yang kamu mau. Cara membuat CV di sini terkesan gampang, lho.

#4 Hloom

Situs ini mirip seperti Vertex42, di mana kamu bisa menemukan puluhan template daftar riwayat hidup. Di sini, kamu hanya tinggal pilih desain yang kamu mau, isi, lalu tinggal unduh saja.

#5 Resume Genius

Di situs ini, kamu bisa langsung membuat CV dengan cara seperti yang kamu mau dan mengunduhnya dengan mudah. Kamu pun juga bisa pilih mau mengunduh dalam versi .pdf atau Microsoft Word.

#6 Kickresume

Situs ini berbeda dengan yang lain, karena kamu bisa menghubungkan akun LinkedIn kamu langsung ke template daftar riwayat hidup yang disediakan mereka. Memang, untuk mengakses fitur lengkap mereka kamu harus berlangganan. Tapi, hasil produk gratisnya juga tak kalah keren, kok!

#7 Resume.com

Sementara itu, situs ini justru tak mengharuskan kamu untuk mendaftar terlebih dulu agar bisa mendesain daftar riwayat hidup. Semua fiturnya bisa dinikmati dengan gratis!

#8 CV Maker

Katanya nih, katanya lho, kamu bisa membuat daftar riwayat hidup dengan cepat. Kamu bisa unduh CV kamu secara gratis. Tapi, kalau kamu tidak membayar biaya langganannya, kamu tidak bisa menyimpan CV yang sudah kamu susun.

#9 Cakeresume

Situs ini mengklaim bisa bikin kamu menulis daftar riwayat hidup dengan mudah (piece of cake) karena kamu bisa menyusun CV hanya dalam 10 menit. Benar tidak ya janji tersebut? Nah, buat membuktikannya, coba yuk!

Baca juga: Terkesan Profesional, Ini Contoh CV Gratis Menarik yang Bisa Kamu Tiru

Meski Gratis, Ini Hal yang Diperhatikan di Dalam CV atau Daftar Riwayat Hidup Kamu

Nah setelah menemukan desain CV yang tepat, kamu juga perlu memperhatikan rambu-rambu dalam menulis isinya. Menurut Peter Yang, praktisi Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah berkecimpung 20 tahun, terdapat enam faktor yang bakal bikin bapak-ibu HRD anti memalingkan matanya dari daftar riwayat hidup kamu.

  1. Tunjukkan bahwa kamu punya kemampuan komunikasi yang mumpuni
  2. Sebut bahwa kamu sangat adaptif dengan perubahan lingkungan kerja
  3. Berikan judul di atas CV atau daftar riwayat hidup kamu. Misal: Certified Financial Planner berpengalaman lebih dari 10 tahun
  4. Berikan tautan akun LinkedIn kamu
  5. Tonjolkan pencapaian karier kamu sebelumnya
  6. Sebutkan secara singkat perusahaan tempat kerja kamu sebelumnya di badan CV

Bagaimana, Sobat Cuan? Sudah siap memburu pekerjaan baru lagi? Sukses terus, ya!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: CNBC, HR Dive, Gadget Bridge, Career Toolbet

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img