Spot Emas Melemah, Apakah Tren Ini akan Berlanjut?

0
180
spot emas melemah

Spot emas dunia telah menunjukkan tren penurunan dimulai dari hari Senin minggu ini. Kabar positif tentang vaksin yang 90% efektif telah mendorong sentimen positif pasar untuk berpindah ke aset berisiko. Tetapi untuk jangka panjang, masih ada fundamental dari stimulus COVID yang dapat mendukung emas.

Spot Emas Merosot Karena Kabar Vaksin

Tepatnya di hari Senin (09/11),  harga emas dunia membukukan penurunan persentase terbesar sejak 2013 dikarenakan berita positif tentang potensi vaksin COVID-19 dari Pfizer. Kabar ini membantu memperkuat dolar AS dan imbal hasil obligasi, mengurangi permintaan investor untuk logam. Emas berjangka Desember, turun sebanyak $97.30, atau sekitar 5%, menjadi $1,854.40 per ounce.

Tetapi harga emas tidak bertahan di titik tersebut karena di hari Selasa, emas kembali naik sebesar 1%, meskipun masih di bawah $1,880.90 per ounce.

Kurang dari 24 jam setelah mendapatkan kekuatan, emas kembali melemah di hari Rabu. Spot emas, yang mencerminkan perdagangan real-time dalam bullion, turun $ 12,53, atau 0,7% menjadi $ 1,864.89. Penurunan emas terjadi karena Wall Street kembali ke aset berisiko, mendorong saham industri lebih rendah dan nama-nama saham teknologi besar lebih tinggi.

Menutup minggu ini, investor kembali berpaling dari pasar saham dan menuju emas pada Jumat pagi karena kabar virus korona yang masih menghambat aktivitas ekonomi. Pasar mempertimbangkan skala waktu dan kesulitan logistik yang terlibat dalam pencapaian dan pendistribusian vaksin yang bisa diterapkan. Hal ini mengurangi sentimen bullish dari Pfizer Inc dan pengumuman Senin dari BioNTech tentang data uji coba vaksin positif.

“Sementara berita terbaru tentang vaksin tampak menggembirakan, kami masih dapat menghadapi siklus berulang yang mempercepat penyebaran virus dan pengetatan pembatasan sampai kekebalan luas tercapai,” kata Lagarde, presiden Bank Sentral Eropa di forum ECB “Bank Sentral dalam Perubahan Dunia” pada hari Kamis.

AS dan Eropa sangat terpukul, dengan kasus virus korona AS mencapai tertinggi sepanjang masa 14.231 per hari menurut data Universitas Johns Hopkins. Beberapa negara bagian AS telah menggandakan jumlah kasus COVID-19 mereka dalam 14 hari terakhir, tanpa jeda dari pandemi di masa mendatang.

Fundamental Jangka Panjang Emas

Dalam jangka pendek hingga menengah, bank sentral tidak mungkin mengubah sikap akomodatif mereka, karena perkembangan berhasilnya vaksin akan membutuhkan waktu. Selain itu, juga membutuhkan waktu untuk kenaikan akan inflasi, pertumbuhan, dan pasar tenaga kerja.

“Jika ekspektasi inflasi meningkat sebagai akibat dari aktivitas ekonomi yang meningkat dari vaksin, itu akan membatasi hasil nyata AS yang panjang dan menjadi pendorong pendukung untuk emas,” kata Lachlan Shaw, kepala penelitian komoditas di National Australia Bank.

Emas tampaknya mendapat keuntungan dari stimulus yang meluas karena dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang. Meskipun optimisme vaksin meningkatkan minat risiko, ketidakpastian terus mendominasi pasar atas efek melonjaknya kasus virus korona di AS dan Eropa. Stimulus tambahan akan dilaksanakan dan The Fed akan mempertahankan suku bunga rendah, sementara vaksin akan memberikan dorongan reflasioner. Oleh karena itu, pasar masih mepertahankan emas.

“Saya terus berpikir kalau prospek jangka panjang untuk emas itu bullish, jalan menuju pemulihan akan memakan waktu. Dan juga membutuhkan lebih banyak dukungan bank sentral dan pemerintah,” kata Craig Erlam seorang broker OANDA. “Tapi mengingat reaksi yang dilihat terhadap berita vaksin dalam beberapa hari terakhir, risiko penurunan langsung untuk emas tidak diragukan lagi, telah meningkat.” TD Securities mengatakan dalam sebuah catatan.

Risiko jangka pendek untuk harga emas sekali lagi cenderung mengarah ke bawah. Di tambah lagi, berita vaksin yang lebih positif juga diharapkan tahun ini. Untuk investasi jangka panjang, menambah emas saat ini di portfolio dapat dipertimbangkan. Selain itu, untuk yang menggunakan strategi Dollar Cost Averaging, tentunya ini juga merupakan waktu yang bagus.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here