Currently set to Index
Currently set to Follow

Punya 0,01 Bitcoin Bakal Bikin Kamu Masuk Jajaran Orang Kaya 10 Tahun Lagi?

Seperti yang kita tahu, pasokan Bitcoin di dunia sangat terbatas. Apalagi, sesuai perkiraannya, seluruh Bitcoin rencananya akan habis ditambang pada 2.140 mendatang. Tentu saja, pasokan Bitcoin yang langka akan mengerek harganya naik. Tapi, seberapa banyak Bitcoin yang perlu kamu genggam saat ini untuk menjadi orang kaya dari Bitcoin nantinya?

Baru-baru ini, Cointelegraph menulis bahwa kamu mungkin hanya perlu menggenggam 0,01 keping Bitcoin hanya untuk masuk jajaran orang kaya 10 tahun mendatang.

Sepintas, hal itu terdengar agak tidak mungkin. Sebab, nilai 0,01 keping Bitcoin saat ini mungkin hanya sekitar US$500, atau Rp7,9 juta. Tetapi, menilik distribusi kekayaan global saat ini dan pasokan terbatas Bitcoin, angka tersebut mungkin cukup bikin kamu di jajaran orang tajir masa depan.

Baca juga: Harga Bitcoin Diramal Tembus Rp1,4 Miliar di Agustus? Simak Analisis Berikut!

Punya 0,01 Bitcoin Bakal Bikin Kamu Masuk Jajaran Orang Kaya 10 Tahun Lagi?, Pluang

Pasokan Terbatas Bitcoin akan Mencapai 98% dalam 10 Tahun

Dalam artikel tersebut, awalnya Cointelegraph membuat perhitungan mengenai berapa jumlah Bitcoin yang bisa diperebutkan oleh kelompok orang yang memiliki kekayaan bersih di atas US$1 juta di dunia saat ini. Dalam hal ini, mereka menggunakan jumlah orang kaya di dunia berdasarkan “Global Wealth Report 2020” Credit Suisse, yakni 51,9 juta orang.

Setelahnya, mereka memperhitungkan jumlah suplai Bitcoin yang kemungkinan tersisa di dunia ini nantinya.

Seperti yang sudah diketahui, Bitcoin memiliki suplai 21 juta keping di dunia yang akan selesai ditambang 2041 mendatang. Pada 1 Maret, total pasokan Bitcoin terdiri dari 18,64 juta unit BTC, sehingga menyisakan sekitar 2,37 juta untuk ditambang. Kemungkinan, 10 tahun dari sekarang, suplai akan mencapai 20,6 juta, atau 98% dari 21 juta koin dari total suplai.

Namun, di dunia ini juga terdapat 1,9 juta koin yang belum tersentuh selama lebih dari satu dekade lamanya. Dengan mengurangi koin yang belum tersentuh terhadap jumlah total Bitcoin, artinya terdapat 19,2 juta keping Bitcoin yang bisa diperebutkan oleh 51,9 juta milyuner tersebut. Jika dibagi rata, maka setiap milyuner tersebut bisa menggenggam 0,37 keping Bitcoin.

Namun, terdapat pula asumsi yang lebih konservatif, yang mempertimbangkan kenaikan jumlah orang tajir di masa depan. Menurut asumsi tersebut, ternyata 51,9 jutawan tersebut nantinya akan bersaing untuk mendapatkan 14,57 keping Bitcoin saja. Atau, 0,28 keping Bitcoin per jutawan jika dibagi rata.

Jumlah 0,38 Bitcoin yang berada di kisaran Rp300-an juta tentu berjumlah sedikit — setidaknya bagi mereka yang tajir melintir. Namun, jangan salah. Sebab, suplai yang menurun, dengan asumsi stock-to-flow model, tentu bikin Bitcoin kian langka dan akan mengerek drastis harganya.

Di bawah ini adalah asumsi suplai Bitcoin dan tingkat inflasinya per tahun, seperti dihimpun dari Cointelegraph.

Data Bitcoin
Suplai Bitcoin and equivalent inflasi. Sumber: Medium.com/@CryptoProfG

Baca juga: Seberapa Kuat Bitcoin Whales dalam Mengendalikan Harga? Simak di Sini!

Individu Kaya yang Tersisa akan Berjuang untuk 0,01 BTC

Selain perhitungan di atas, Cointelegraph juga menghitung mengenai berapa jumlah Bitcoin yang bisa diperebutkan orang yang memiliki kekayaan lebih dari US$100.000. Orang-orang ini dianggap sebagai pemilik potensial Bitcoin, meskipun daya belinya tidak sebesar miliarder resmi.

Menurut Credit Suisse, saat ini terdapat 590 juta orang di dunia yang sudah mencapai posisi tersebut. Atau, 11,4% dari populasi global, seperti yang terlihat di piramida di bawah ini.

Data Orang Kaya

Distribusi kekayaan global. Sumber: Credit SuisseDengan asumsi di atas, maka mereka yang punya kekayaan bersih di atas US$1 juta bisa memiliki 6,32 juta koin. Angka itu dihitung dengan mengalikan proporsi kekayaan mereka (43,4%) dengan jumlah Bitcoin yang tersisa untuk dimiliki, yakni 14,57 juta keping.

Dengan rasio ini, berarti setiap orang tajir tersebut hanya memiliki 0,12 Bitcoin per individu.

Selain itu, dengan perhitungan yang sama, 590 juta orang yang memiliki kekayaan US$100.000 atau lebih tinggi dapat secara efektif memegang 5,9 juta koin lagi, menghasilkan hanya 0,01 BTC per orang dewasa.

Nah, kesimpulannya, membeli Bitcoin sebesar 0,01 saat ini artinya bisa bikin kamu setara dengan 11,4% populasi yang ada di bumi.

Sebagai kesimpulan, membeli 0,01 BTC hari ini, kira-kira investasi US$500 pada harga saat ini, dapat memastikan satu posisi pemegang 13% teratas. Ini setara dengan menjadi orang kaya dari Bitcoin hari ini — setidaknya dalam hal persentase kepemilikan dari total pasokan Bitcoin.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Cointelegraph

spot_img

Artikel Terbaru

Business Development Manager

0

Chief Marketing Officer

0

Relationship Manager

0

Human Resources Business Partner

0

Copywriter

0
spot_img