Currently set to Index
Currently set to Follow

10 Energi Alternatif Ini Akan Jadi Sumber Utama Listrik Masa Depan. Apa Saja?

Perang melawan krisis iklim dan pencarian sumber energi alternatif kini tengah menjadi prioritas negara-negara di seluruh dunia. Di Inggris, misalnya, pemerintahannya telah berjanji untuk sepenuhnya menghapus emisi (net zero alias nol bersih) pada 2050.

Meski begitu, kita tahu hal tersebut bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Sehingga, umat manusia harus sepenuhnya merangkul alternatif terbarukan selain bahan bakar fosil. Atau, menghemat penggunaan energi fosil.

Ada begitu banyak cara bagi kita untuk mengurangi emisi karbon, nih, Sobat Cuan. Dari beralih ke mobil listrik dan memesan instalasi pengisi daya EV hingga memasang panel surya, kamu dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan sehari-hari.

Kita bisa, misalnya, merangkul sumber energi alternatif yang inovatif, karena itu konon adalah salah satu cara terbaik bagi pemerintah untuk mengatasi krisis iklim. Yuk, kita lihat sumber energi terbarukan yang kini sedang naik daun dan digadang akan jadi sumber tenaga listrik masa depan.

Baca juga: Dunia Makin Panas, Ini Bukti Dampak Pemanasan Global Makin Parah di 2021!

10 Energi Alternatif Ini Akan Jadi Sumber Utama Listrik Masa Depan. Apa Saja?, Pluang

1. Tenaga Air

Dengan daya listrik sebesar 1.295 Gigawatt (GW) energi di seluruh dunia, tenaga air adalah sumber energi terbarukan yang paling banyak digunakan. Tenaga air menghasilkan 54% dari kapasitas pembangkit listrik terbarukan global. Sejauh ini, tenaga air yang paling umum berasal dari air di bendungan. Air dilepaskan dari reservoir untuk menggerakkan turbin yang menghasilkan tenaga.

2. Tenaga Surya

Tenaga surya adalah sumber energi yang tumbuh cepat. Di Inggris, penerapan energi tenaga surya terbilang lebih cepat dibandingkan di negara Eropa lain. Tenaga surya bekerja dengan mengubah cahaya dari matahari menjadi energi dan untungnya, panel surya masih berfungsi bahkan saat cahaya dipantulkan atau sebagian terhalang oleh awan.

Bahkan negara dengan curah hujan yang tinggi seperti Inggris masih dapat memanfaatkan energi matahari. Faktanya, Energy Saving Trust memperkirakan bahwa rata-rata empat kilowatt sistem tenaga surya membantu menghemat hingga 85 dan 220 poundsterling per tahun.

3. Panas Bumi

Ada energi panas yang tersimpan dan terperangkap di perut bumi yang ternyata juga bisa menjadi sumber energi alternatif. Produksi panas bumi global telah melampaui 13,2 GW pada 2018.

Islandia adalah salah satu produsen listrik panas bumi terbesar di dunia, menghasilkan 26,5 persen listrik negara itu dan 87% kebutuhan perumahan. Nah, tapi bukan cuma Islandia saja yang berhasil mengubah panas bumi jadi listrik. Apakah kalian tahu bahwa Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan kapasitas pembangkit listrik panas bumi terbesar di dunia?

4. Energi Angin

Energi angin adalah sumber energi terbarukan kedua yang paling banyak digunakan di dunia. Sebanyak 563 GW energi jenis ini menyumbang 24% dari total kapasitas pembangit energi terbarukan dunia. Cara kerja turbin angin adalah dengan memanfaatkan energi kinetik dari angin untuk menghasilkan energi.

Inggris adalah penghasil energi angin terbarukan terbesar keenam di dunia, menghasilkan 13.603 Megawatt (MW). Ladang angin lepas pantai di Inggris memberikan daya yang diperuntukkan bagi 4,5 juta rumah. Energi satu ini dapat menjadi alternatif yang paling hemat biaya dibandingkan bahan bakar fosil tradisional.

Baca juga: Penebangan Liar hingga Prostitusi, Ini 5 ‘Barang’ Pasar Gelap Indonesia yang Hasilkan Triliunan Rupiah

5. Bioenergi

Hanya tiga negara yang bertanggung jawab atas lebih dari setengah total bioenergi dunia: Inggris, China, dan India. Di Inggris, jenis sumber energi alternatif ini sudah menyediakan 11% dari total keseluruhan energi yang diproduksi oleh negara kerajaan tersebut.

Bioenergi modern mencakup bahan bakar nabati dan pelet kayu serta bahan bakar tradisional yang sudah digunakan sebelumnya, seperti produk sampingan pertanian. Produk-produk ini lantas dibakar untuk menghasilkan uap, yang menggerakkan turbin dan menghasilkan energi.

6. Energi Arus Air Laut

Energi arus air laut diciptakan melalui kekuatan pasang surut air laut. Pergerakan ini menghasilkan energi kinetik yang dapat digunakan untuk mendorong turbin dan menghasilkan listrik. Turbin energi arus pasang ini mirip dengan turbin yang digunakan untuk menghasilkan sumber energi angin.

Skotlandia menghasilkan energi arus pasang surut terbesar di Inggris karena cuaca di Kepulauan Skotlandia. Seiring kemajuan teknologi, sumber energi ini diatur menjadi lebih murah dan lebih efisien. Jadi, kita mungkin akan melihat penyerapan yang lebih besar dalam sumber energi ini di tahun-tahun mendatang.

7. Sel Bahan Bakar

Sel bahan bakar dapat digunakan dengan berbagai cara, dan teknologi sumber energi alternatif ini telah diterapkan dalam transportasi, penanganan material, dan sebagai sumber energi cadangan darurat.

Energi alternatif ini bekerja seperti baterai, yakni menggunakan energi kimia hidrogen atau jenis bahan bakar lain untuk mengubahnya menjadi listrik yang lebih bersih dan lebih efisien. Dari reaksi yang terjadi di dalam fuel cell, listrik, air, dan panas merupakan satu-satunya produk yang memiliki laju emisi lebih rendah dibandingkan mesin lainnya.

8. Energi Panas yang Terbarukan

Energi termal bergantung pada pengumpulan panas dari satu sumber, menyimpan energi dalam baterai termal, dan menggunakannya nanti untuk memanaskan sesuatu yang lain. Umumnya, sumber energi alternatif satu ini secara teratur digunakan untuk memanaskan air, gedung, kolam, dan banyak lagi.

Meski energi matahari dan panas bumi adalah bentuk energi panas yang dapat digunakan kembali, mereka bukan satu-satunya sumber panas yang digunakan kembali. Faktanya, ada banyak cara inovatif di mana panas berlebih dapat digunakan kembali. Misalnya, sebuah inisiatif baru diluncurkan di Islington pada 2020 untuk menggunakan kelebihan panas dari London Underground untuk menghangatkan rumah dan pusat rekreasi setempat.

9. Energi Hidrogen

Energi hidrogen terbarukan dapat diproduksi dengan berbagai cara dan memiliki banyak potensi. Salah satu sumber energi alternatif ini dapat diproduksi dengan menggunakan elektrolisis untuk memisahkan air menjadi hidrogen dan oksigen, sehingga keluaran hidrogen dapat digunakan untuk listrik terbarukan.

Teknik ini telah terbukti sangat berguna untuk sektor-sektor yang secara tradisional menganggap dekarbonisasi sangat sulit, seperti transportasi, bangunan, dan industri. Sumber energi ini juga berpotensi besar untuk menyediakan listrik ramah lingkungan ke lokasi-lokasi terpencil.

10. Tenaga Angin Surya

Sumber energi alternatif hibrida ini barangkali belum pernah kamu dengar sebelumnya. Kita sudah membahas tentang energi solar dan energi angin secara terpisah, tapi ternyata kedua sumber energi ini bisa digabungkan. Para ilmuwan saat ini sedang bereksperimen dengan kemungkinan memanen energi dari angin surya melalui satelit. Satelit hipotetis ini, yang diusulkan oleh sekelompok ilmuwan Amerika Serikat pada 2010, akan bekerja dengan memanen aliran partikel bermuatan energi dari matahari.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Energy Digital

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img