Currently set to Index
Currently set to Follow

Kenali 5 Sumber Energi Panas dan Jenisnya di Sini!

Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali merasakan panas. Mulai dari panasnya terik matahari di siang bolong hingga peristiwa yang jarang dirasakan seperti panasnya kawah dari gunung berapi. Peristiwa perpindahan panas atau energi yang dari satu benda ke benda lain, tanpa disadari sering kita alami.

Namun, meski kadang kita membeci panas, ternyata energinya sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya. Apalagi, panas yang berasal dari sumber energi panas.

Contohnya kita butuh sinar matahari untuk menerangi dunia dan sumber tumbuhan untuk melaksanakan proses fotosintesis. Atau, kita butuh api untuk memasak makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Jadi, secara tidak langsung kita tidak bisa lepas dari adanya energi panas ini dan akan selalu berdampingan.

Namun, sudahkah kamu mengenali dari mana saja sebenarnya sumber energi panas ini berasal? Yuk, simak artikel ini!

Baca juga: 10 Energi Alternatif Ini Akan Jadi Sumber Utama Listrik Masa Depan. Apa Saja?

Kenali 5 Sumber Energi Panas dan Jenisnya di Sini!, Pluang

Jenis-Jenis Sumber Energi Panas

1. Energi Panas Matahari

Sejak menginjak sekolah dasar, kamu pasti sudah diajarkan mengenai apa itu matahari beserta fungsinya. Sinar dari cahaya bintang besar ini mampu menyinari planet-planet lain termasuk planet yang kita huni, yaitu bumi. Oleh karena itu, matahari menjadi sumber energi panas terbesar yang tidak terbatas jumlahnya.

Sinar matahari memiliki peran sangat besar karena membantu kelangsungan hidup makhluk bumi baik manusia, hewan hingga tumbuhan. Energi panas matahari dimanfaatkan mulai dari sesederhana menjemur pakaian sampai dengan hal besar seperti pemanfaatan sel surya untuk pembangkit listrik.

Mengingat sekarang penggunaan listrik sudah menjadi kebutuhan dasar bagi manusia, bahkan kamu pun pasti setuju dengan hal ini, bukan? Oleh karena itu, manusia berlomba-lomba menciptakan inovasi untuk memanfaatkan energi panas matahari semaksimal mungkin. Apalagi, sumber energi panas matahari merupakan energi terbarukan yang tidak akan habis dihasilkan oleh sumbernya.

2. Energi Panas Bumi

Selain dari matahari, sumber panas bisa juga berasal dari energi panas bumi, atau biasa disebut geotermal.

Energi panas bumi merupakan energi yang berasal dari inti bumi, tepatnya dari bebatuan yang ada di dalam bumi. Panas bumi yang keluar ke permukaan bumi dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, salah satunya sebagai bahan bakar dan pembangkit listrik.

Selain itu, sumber energi panas bumi bisa juga mendatangkan sisi ekonomi yang baik lainnya, salah satunya adalah objek wisata. Pernahkan kamu datang ke pemandian air panas? Jika iya, maka kamu pun sudah menikmati hasil dari energi panas bumi.

Kamu mungkin tidak sadar ternyata di dalam inti bumi terdapat sumber panas yang luar biasa. Ternyata bumi yang kita tempati menyimpan energi yang sering kita gunakan sehari-hari.

3. Energi Panas Api

Jika kamu mendengar kata panas, objek yang akan melekat pada pikiranmu pertama kali bisa saja api. Hantaran panas api akan merambat dengan cepat sekecil apapun bentuk besaran apinya. Sesederhana menaruh jari di atas lilin yang menyala, kamu pasti pernah melakukan itu kan?

Api merupakan campuran zat panas dengan cahaya yang sudah ditemukan sejak dahulu kala. Penemuan api sendiri menjadi sejarah besar bagi peradaban manusia.

Hingga saat ini, api tetap dimanfaatkan untuk menghantarkan energi panas guna memenuhi keperluan memasak, menghangatkan badan dari cuaca dingin maupun membakar sesuatu. Api dapat tercipta hanya dengan menggesekkan dua batu saja. Cara lain untuk membuat api yaitu dengan bantuan bahan bakar minyak juga gas. Terlihat sangat sederhana tetapi ternyata api salah satu energi panas yang serba guna.

4. Energi Panas Listrik

Tahukah kamu jika listrik juga dapat menghasilkan energi panas?

Nah, energi ini sanga krusial karena dapat membantumu dalam berbagai hal. Contoh yang paling sering kita temui adalah setrika listrik yang biasa kamu pakai.

Energi yang terjadi adalah perubahan dari energi listrik menjadi panas. Hal ini terjadi karena adanya elemen panas yang menjadi hambatan listrik. Saat elemen tersebut dialiri listrik secara terus menerus, maka sebagian arus listrik akan berubah menjadi energi panas.

Selain setrika, ada banyak benda yang mungkin kamu gunakan sehari-hari tapi kamu tidak sadar jika benda itu merupakan energi panas dari listrik. Contoh lainnya seperti kompor listrik, pemanas ruangan, pengering rambut, sampai alat penanak nasi. Perubahan aliran listrik menjadi energi panas terbukti sangat berguna untuk kebutuhan keseharian kita.

5. Energi Panas Gesekan

Saat kedinginan, pasti kalian reflek menggosokkan kedua telapak tangan, bukan? Ya, energi panas gesekan ini berasal dari gesekan dua objek/benda. Hasilnya, kedua tangan kita menjadi hangat karena gesekan berulang tersebut.

Jaman dulu, manusia purba menggunakan cara ini untuk menghasilkan api, yaitu dengan menggosokkan dua batang kayu atau batu. Hal ini juga masih dilakukan beberapa manusia yang tinggal di pegunungan maupun di daerah pedalaman.

Sumber energi panas sering tidak kita sadari, manfaatnya juga sangat terasa untuk kelangsungan hidup umat manusia. Energi panas dapat digunakan untuk banyak hal, contoh kecilnya memasak dan menghangatkan diri. Energi panas juga akan terus kita butuhkan selama manusia hidup di dunia. Selain sumber energi panas di atas, apalagi energi panas yang bisa kamu temui di sekitarmu?

Baca juga: Dunia Makin Panas, Ini Bukti Dampak Pemanasan Global Makin Parah di 2021!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Kumparan, Tribunnews

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img