Currently set to Index
Currently set to Follow

Simak Cara Membuat Aquascape Secara Murah dan Gampang di 2021!

Tren tanaman aquascape alias akuarium hias kembali hangat di kalangan penghobi akuarium dan tumbuhan alias flora dan fauna. Bagaimana cara membuat aquascape dan mengembangkan seni mendekorasi pemandangan dalam akuarium ini?

Tanaman aquascape pada masa pandemi ini rupanya menjadi primadona di tengah masyarakat untuk menghadirkan kesejukan alam di rumah. Aquascape mengandalkan seni mendekorasi pemandangan alam dalam akuarium ikan. Tidak hanya meletakkan tanaman bawah air, bebatuan, dan kayu-kayuan untuk menemani ikan-ikan cantik, tren ini mengantar peminatnya untuk mengembangkan estetika seni, ketelatenan dan kesabaran yang mumpuni.

Meski tampak sederhana, kegiatan aquascaping ini diminati banyak orang hingga diadakan kontesnya di tingkat internasional. Salah satunya adalah The International Aquatic Plant Layout Contest (IAPLC).

Salah satu hal menarik dari aquascape adalah bahwa komponen-komponen yang diletakkan dalam akuarium adalah komponen aslinya. Karenanya, ekosistem di dalam akuarium pun hidup seperti di alam aslinya.

Berikut adalah beberapa tahapan cara membuat aquascape dengan menyertakan tanaman aquascape serta berbagai komponen cantik lainnya tanpa merogoh kantong yang dalam!

Baca juga: Jade Plants, “Tanaman Uang” Keberuntungan ala Drama Korea Start-Up

Simak Cara Membuat Aquascape Secara Murah dan Gampang di 2021!, Pluang

Memperindah Akuarium dengan Tanaman Aquascape

1. Kumpulkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan, di antaranya akuarium, pupuk, pasir dan batu-batu kecil dan cantik, tanaman aquascape, dan pompa agar ikan dapat tetap hidup. Dalam membuat aquascape versimu, tidak perlu membeli akuarium yang besar dan mahal, belilah ukuran sedang saja. Biasanya, akuarium berukuran sedang dibanderol dengan harga berkisar atau di bawah Rp500 ribu.

2. Mengatur Akuarium dan Posisi Tanaman Aquascape

Bila semua bahan telah disiapkan, ini saatnya menaruh pasir sebagai dasar akuarium. Agar lebih awet dan cantik, penggunaan pasir yang berjenis silika sangat direkomendasikan. Harga sekitar Rp10 ribu per kilogram. Dasar akuarium pasir idealnya setinggi dua hingga tiga sentimeter. Kemudian, di sampingnya disarankan menggunakan pasir yang lebih tebal yang memungkinkan pasir tampak seperti melekuk.

3. Taburkan Pupuk di Atas Pasir Tersebut

Setelah menaruh pasir, kini saatnya beralih ke pupuk untuk tanaman aquascape. Taburkan pupuk di tengah-tengah akuarium dengan komposisi lebih tipis. Pupuk berguna membuat tanaman-tanaman di aquascape tetap hidup dan subur. Harga satu kantong pupuk sekitar Rp100 ribu. Dengan harga tersebut, penggunaan pupuk pun dapat dilakukan berulang kali.

4. Berikan Sentuhan Keindahan dengan Menambahkan Bebatuan

Ini saatnya menggunakan kreativitas dan menciptakan kreasi aquascape versimu sendiri. Kita bisa menata batu-batuan yang cantik dengan warna pilihan sesuai keinginan. Harga satu kantong batu-batuan relatif terjangkau, umumnya dibanderol di bawah Rp50.000 dan terbilang awet digunakan.

Baca juga: Tertarik Buka Usaha Ikan Cupang? Simak Dulu Jenis dan Harga Ikan Cupang Ini!

5. Menata Tanaman Aquascape Seumpama Hiasan Bagi Ikan-Ikan

Ini saatnya menata tanaman-tanaman unik yang tampak sedap dipandang mata. Sebelum menaruh tanaman, kamu sudah dapat mengisi akuarium dengan air hingga seperempat akuarium. Umumnya, tanaman aquascape yang disarankan di antaranya Spatterdock, Cabomba, Vallisneria, atau rumput air. Biasanya harga satuan dari tumbuhan-tumbuhan ini sekitar Rp15 ribu

6. Sertakan Pompa Air, Pasang Lampu, dan Peralatan Lainnya

Setelah pasir dan tumbuhan telah tampak cantik di dalam akuarium, ini saatnya memasang pompa air, saringan, lampu, dan beberapa peralatan pendukung. Namun, jangan mengisi air hingga penuh. Sisakan sekitar 5-10 cm bagian atas karena kita belum memasukkan ikan ke dalam akuarium.

7. Ini Saatnya Ikan Hias Hidup Berdampingan dengan Tanaman Aquascape

Tahapan ini adalah saatnya memasukkan ikan hias pilihan. Tentunya ikan-ikan akan tampak lebih hidup dan ceria dengan dampingan tanaman yang indah dan menyegarkan bagi mereka. Begitu pula siapa pun yang memandang akuarium, keberadaan ikan di sini berfungsi untuk membuat akuarium lebih hidup. Saat merasa letih dengan pemandangan layar seharian, kita tentunya dapat menjadi lebih rileks saat melihat ikan-ikan yang cantik berenang di akuarium, bukan?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Berkeluarga.id, Merdeka

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img