Currently set to Index
Currently set to Follow

Mau Jadi Plant Daddy dan Plant Mom? Beli Tanaman Hias dengan Perawatan Mudah Ini!

Berkebun tanaman hias daun menjadi salah satu pelipur lara yang ngetren di kala pandemi. Kalau kamu rajin buka medsos, tentunya sering lihat kawanmu di medsos menjadi plant daddy dan plant mom dengan mengunggah berbagai jenis tanaman hias daun yang mereka koleksi.

Hobi berkebun selama pandemi COVID-19 ini memang menawarkan berbagai manfaat, entah itu sebagai sarana untuk melepas ketegangan atau memperbaiki suasana hati, hingga rekreasi karena tidak bisa keluar rumah. Berkebun pun disebut-sebut bisa memiliki efek terapeutik.

Sobat Cuan tertarik untuk berkebun dan menyegarkan suasana gersang di rumah lewat memelihara tanaman hias daun? Kamu bisa tempatkan berbagai jenis tanaman hias di halaman rumah, teras, atau beranda agar hunian menjadi tampak lebih asri.

Selain segar dipandang mata, tanaman hias daun juga bisa membantu memperbaiki kualitas udara. Terutama jika kamu memilih tanaman hias yang mampu menyerap racun dari udara.

Berikut ini tanaman hias daun yang cocok menjadi hiasan di rumah dan juga memberi manfaat menyegarkan situasi udara di rumah.

Baca juga: Simak Cara Membuat Aquascape Secara Murah dan Gampang di 2021!

Mau Jadi Plant Daddy dan Plant Mom? Beli Tanaman Hias dengan Perawatan Mudah Ini!, Pluang

Ragam Tanaman Hias Daun Penyejuk Mata

1. Keladi Hias

keladi hias

Tanaman hias daun dalam genus Caladium dan Alokasia ini memiliki karakteristik daun yang berwarna-warni dan berbentuk hati. Beberapa jenis keladi memiliki warna solid, dua warna solid dengan pertulangan daun berbeda.

2. Lidah Mertua

Tanaman Hias Daun - Lidah Mertua

Tanaman dengan nama latin Sansevieria trifasciata ini banyak dijumpai dan dirawat karena tampilannya yang unik dan perawatannya yang mudah. Ciri khas tanaman hias daun ini adalah bentuk daunnya yang memanjang, tekstur keras, dan corak garis vertikal pada daunnya.

Lidah mertua juga memiliki manfaat bagi lingkungan dan kesehatan karena ia mampu menyerap bahan beracun seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene yang kurang baik untuk manusia.

3. Monstera

Tanaman Monstera

Jenis tanaman hias ini tengah digemari di kala pandemi. Namanya diambil dari bahasa latin Monstrou yang berarti ‘tidak normal’ karena memang bentuk daunnya yang berlubang. Tanaman hias daun ini sering digunakan untuk dekorasi rumah atau bahkan properti foto karena memiliki nilai estetik.

4. Philodendron

Philodendron

Tanaman hias daun philodendron menjadi primadona tanaman di dalam ruangan untuk hiasan interior. Ada banyak ragam tanaman ini, dan sebagian besarnya tampil eksotis, yakni sebanyak 450 varietas. Beberapa spesies tanaman ini tumbuh merambat dan ada pula yang tumbuh di antara semak.

Kesamaan antara semua jenis philodendron adalah tanaman ini mampu tumbuh di berbagai kondisi lingkungan, meski masing-masing memiliki ciri khas fisik berbeda, baik dari bentuk, ukuran, maupun warna daunnya.

5. Sirih Belanda

Sirih Belanda

Pohon sirih belanda termasuk yang cocok ditanam dalam pot gantung. Karena itu, kamu bisa meletakkannya dalam pot dengan menyiapkan tanah dan air saja sebagai media tanamnya.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Daun Kelor! Ini Lho, Manfaat Luar Biasanya bagi Kesehatan!

6. Janda Bolong

Monsterra AdansoniiJenis tanaman daun ini cukup populer di masa pandemi ini. Termasuk dalam keluarga Monstera, Janda Bolong memiliki nama Monsterra adansonii.

Janda Bolong memiliki karakteristik bentuk daun yang unik, dihiasi lubang-lubang pada permukaan tengah daunnya. Ukuran daunnya pun lebih kecil serta memiliki gradasi warna hijau tua dan muda.

7. Sri Rejeki

Aglaonema

Jenis tanaman hias daun satu ini dipercaya dapat memberi keberuntungan bagi yang memeliharanya. Ada banyak jenis tanaman Sri Rejeki yang bisa dijadikan hiasan rumah.

Sri Rejeki tidak memerlukan perawatan khusus yang rumit. Beberapa jenis tanaman bisa dipilih, seperti sinar bulan, bidadari, legacy, pride of Sumatra, lipstik, red kochin, dud anjamani, dan lady valentine.

8. Sirih Gading

Sirih gading

Tanaman hias sirih gading memiliki keunikan tersendiri karena batang daunnya yang memanjang dan menjuntai bila ditempatkan di pot gantung. Tanaman hias daun ini memiliki karakteristik bentuk daun melebar dan berwarna hijau dengan tambahan pola warna putih. Tak hanya cantik, tanaman hias satu ini hanya memerlukan perawatan sederhana, seperti menyiramnya dengan air secara rutin dua hari sekali.

9. Kuping Gajah

Kuping gajah

Tanaman kuping gajah alias Anthurium crystallinum memiliki bentuk daun sesuai namanya yang membentuk seperti kuping seekor gajah.

Kuping gajah memiliki daun lebar berbentuk jantung dengan warna hijau tua dan urat hijau muda keputih-putihan. Pada daunnya, terdapat guratan urat yang menonjol berwarna putih seperti kristal, karenanya dinamai crystallinum.

10. Daun Suplir

Suplir

Jenis tanaman hias daun hijau satu ini tidak tahan jika terkena paparan sinar matahari yang terik secara langsung. Karakteristik pohon ini yakni ukuran daun kecil, majemuk, dan berwarna hijau segar.

Daun suplir alias Adiantum cuneatum hidup dengan baik di wilayah yang lembab, dengan udara bersih, dan sedikit sinar matahari. Jadi, jika kamu memilih tanaman ini, pastikan untuk selalu menjaga kelembaban area sekitar tanaman ini, ya.

Selain tanaman hias daun di atas, kamu juga bisa lengkapi taman atau kebunmu dengan berbagai barang berwarna cerah untuk menambah kesegaran dan keindahan lingkungan di sekitarmu.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Merdeka, Dekoruma

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img