10 Destinasi Favorit Liburan di Indonesia, Mana yang Jadi Bucket List Kamu?

Liburan sebentar lagi. Enggak mau ketinggalan bikin daftar itinerary-mu, kan? Sudah merasa menjelajahi seluruh tujuan wisata di Indonesia? Dari Sabang sampai Merauke, tempat wisata di Indonesia terhampar bagaikan permadani hijau yang segar.

Dikenal sebagai “zamrud khatulistiwa”, dengan kekayaan alam yang indah, dari wisata bawah laut hingga jelajahi pegunungan, kamu selalu bisa menemukan yang terbaik di Indonesia.

tujuan wisata di indonesia

Tahu, kan, kalau liburan adalah salah satu cara paling jitu melepas stres akibat rutinitas? Jangan sampai kamu terlewat menjadwalkan liburan ke tujuan wisata di Indonesia yang menarik. 

Daftar berikut 10 tempat wisata di Indonesia yang bisa kamu pilih sebagai destinasi liburan akhir tahun nanti:

Baca juga: Mau Bisnismu Terlihat Lebih Profesional? Ini Panduan Cara Bikin PT Terbaru

#1 Tempat wisata di Indonesia, ibukota negara alias Jakarta

Sebagai ibukotanya negara, banyak hal yang ada di Jakarta bisa dibilang sebagai “miniatur”-nya Indonesia. Sebagaimana Tien Soeharto membangun Taman Mini Indonesia Indah sebagai taman ikonik miniatur 33 provinsi, dengan berbagai wahana yang menampilkan bangunan, wahana, dan dekorasi seluruh Indonesia. Selain TMII, berikut ini berbagai tujuan wisata yang bisa kamu sambangi di Jakarta:

  • Pantai Ancol, terdiri dari lima pantai; Pantai Indah, Elok, Ria, Festival Ancol, dan Karnaval Ancol dengan panorama indah dan banyak tempat makan. Di area ini juga ada tempat hiburan seperti Seaworld dan Dunia Fantasi.
  • Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, berlokasi di Pantai Indah Kapuk. Area hutan bakau ini dikelilingi perairan. Kamu bisa temukan biawak di area ini.
  • Kebun Binatang Ragunan, ini tujuan wisata keluarga yang cocok untuk edukasi dan safari bersama keluarga. Dengan koleksi lebih dari 290 spesies hewan, Ragunan menyimpan Dunia Orang Utan dan Pusat Primata Schmutzer. Ada juga kebun binatang mini “Children Zoo” untuk anak-anak berinteraksi dengan beberapa hewan jinak.
  • Berbagai museum; dari Museum Nasional yang menyimpan koleksi prasasti, arca, tekstil, gerabah, manuskrip, dan berbagai benda kuno Nusantara, Museum Fatahillah, Museum Wayang, hingga Museum Tekstil.
  • Representasi tempat ibadah dengan sejarah yang kaya; dari Masjid Istiqlal, Gereja Katedral dengan desain menara khas Gotik, hingga Kelenteng Jin De Yuan.

#2 Bali, terkadang disangka terletak di luar Indonesia saking terkenalnya 

Hampir seluruh area di Bali menawarkan tempat wisata menarik. Dari sekian banyak, yang paling populer adalah Pantai Kuta, Pantai Legian, Pantai Seminyak, Pura Tanah Lot, dan wilayah pedesaan Ubud. Berikut ini berbagai tempat wisata menarik di Bali:

  • Garis pantai yang panjang; Pantai Kuta dengan ombak yang cocok untuk peselancar pemula dan panorama matahari tenggelam yang sangat indah. Ada juga Pantai Padang Padang yang tersembunyi di balik tebing di kawasan Pecatu, dekat Uluwatu. Pantai Lovina di sebelah utara Bali tempat kamu bisa melihat lumba-lumba di habitat aslinya. Lalu, Pantai Jimbaran dengan wisata kuliner laut di sepanjang pinggir pantai. Berikutnya, Pantai Tanjung Benoa yang jadi pusat kegiatan olahraga dan permainan air seperti snorkeling, sea walker, banana boat, parasailing, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, donut boat, flying fish, dst.
  • Kekayaan spiritual dengan pura-puranya di sepenjuru Bali. Pura Tanah Lot jadi destinasi yang unik karena berada di sebuah batu karang besar di tengah laut. Yang paling terkenal, Pura Besakih adalah pura terbesar dan pusat persembahyangan umat Hindu se-Bali, terletak di kaki Gunung Agung. Berikutnya, Pura Uluwatu berada di atas tebing menjorok ke laut dengan panorama matahari tenggelam yang indah.
  • Danau Batur Kintamani dengan hawa sejuk dan pemandangan mempesona.
  • Sangeh, monkey forest yang dihuni banyak kera liar.
  • Garuda Wisnu Kencana, patung besar karya I Nyoman Nuarta, yang jadi pusat teater seni dan pertunjukan berbagai jenis tari dan kesenian di Bali.

#3 Bandung, Paris van Java 

Selain distro dan skena fashion-nya, Bandung punya banyak tempat wisata menarik yang layak dikunjungi. Letaknya yang dikelilingi pegunungan dan berhawa sejuk membuat Bandung punya banyak kawasan wisata yang adem untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Kawah putih di Ciwidey, 50 km selatan kota Bandung, jadi objek wisata yang banyak diminati. Pesona kawah yang berubah warna sesuai dengan kadar belerang ini memang banyak jadi pembicaraan.
  • Stone Garden Padalarang, padang bertabur bebatuan ini terletak di dataran tinggi di atas bukit. Kamu bisa treking melewati bebatuan menanjak, menapak dan melihat padang rumput tempat bebatuan dengan formasi artistik.
  • Ranca Upas di Ciwidey, kawasan hutan lindung yang terkenal sebagai lokasi perkemahan dengan pemandangan alam spektakuler.

Baca juga: Penebangan Liar hingga Prostitusi, Ini 5 ‘Barang’ Pasar Gelap Indonesia yang Hasilkan Triliunan Rupiah

#4 Yogyakarta, kota wisata dan budaya 

Kota dengan banyak destinasi mempesona ini ramai dikunjungi pelancong. Magnet Jogja memang banyak, dari tempat wisata, kuliner, budaya dan kesenian, hingga arsitektur bangunan. Berikut ini tempat wisata populer kota ini:

  • Malioboro, kawasan dengan berbagai daya tarik, pengunjung bisa belanja batik, wisata kuliner, dan bersantai di sepanjang area ini.
  • Keraton Yogyakarta dan Taman Sari, hunian keluarga kerajaan ini menyimpan sejarah masa silam kota ini. Sementara Taman Sari adalah tempat permandian para putri raja.
  • Garis pantainya yang menampung Pantai Parangtritis dan deretan pantai selatan; Pantai Parangtritits terkenal akan pasir hitamnya yang membentang, kamu bisa susuri pantai dengan menumpang bendi dan juga menikmati wedang ronde dan jagung bakar yang menghangatkan badan.
  • Museum Ullen Sentalu, museum kebanggaan warga Yogya ini dinobatkan museum terbaik di Indonesia. Museum ini menyimpan kekayaan Jawa, dari koleksi kain batik, surat, alat musik tradisional, hingga lukisan bernilai sejarah tinggi.

#5 Surabaya, kota pelabuhan di ujung timur Jawa

Surabaya terkenal sebagai kota pahlawan karena banyaknya peristiwa penting pengukir sejarah Indonesia dan merupakan kota dengan salah satu pelabuhan besar di Indonesia. Di kota ini, ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi:

  • Kebun Binatang Surabaya, diakui sebagai kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara dengan 351 jenis binatang.
  • Monumen Kapal Selam, bernama KRI Pasopati 410, yang digunakan dalam pembebasan Irian Barat dari Belanda, kapal selam ini dialihfungsikan menjadi museum.

#6 Semarang, tujuan wisata dengan “kota tua”-nya di tengah Jawa

Semarang jadi tempat wisata di Indonesia yang populer dengan “kota lama”-nya. Kota ini memang paling populer di ibu kota provinsi Jawa Tengah. Deretan bangunan tua bergaya Eropa klasik-nya memang jadi buruan fotografer. Selain kota tua, Semarang juga punya beberapa tempat ini:

  • Lawang Sewu, gedung tua yang dulunya berfungsi sebagai kantor pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS), perusahaan yang membangun jalur kereta antara Semarang dengan Solo dan Yogyakarta.
  • Klenteng Sam Poo Kong, klenteng ini dibangun di lokasi kedatangan laksamana dari Tiongkok, Laksamana Cheng Ho pada 1400-an.

Baca juga: Jualan Drone, Frank Wang Berhasil Raup Keuntungan Hingga Rp27 Triliun

#7 Malang, tempat wisata di Indonesia yang adem

Malang menyimpan sejumlah potensi wisata yang kian ramai jadi pembicaraan para wisatawan. Berikut ini tempat wisata yang sedang ramai dikunjungi:

  • Bromo, Gunung Bromo dengan keindahan alamnya memberi daya tarik bagi pengelana. Dengan ketinggian 2.329 mdpl, kawasan Gunung Bromo seperti Bukit Penanjakan, Kawah Bromo, Pasir Berbisik, Padang Savana, hingga Bukit Telettubies jadi tujuan wisata yang tak terlupakan bagi penggemar hiking.
  • Wisata Petik Apel, apa yang paling identik dengan Malang dan Batu? Tentu saja, apel malang! Nah, rupanya ada tempat wisata untuk memetik apel. Terletak di Lereng Gunung Arjuno di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Pengunjung bisa memetik apel sepuasnya dan menikmati apell dengan biaya Rp20.000 saja untuk tiket masuknya. Hanya akan dikenakan biaya Rp15.000 per kilogram jika kamu tertarik membawa pulang apel-apel yang kamu petik.

#8 Bogor, kota hujan dengan pesona kebun rayanya

Kota yang terletak tidak terlalu jauh dari Jakarta ini menyimpan beberapa andalan tujuan wisata di Indonesia. Mulai dari Istana Kepresidenan, curug, hingga kebun teh. Berikut ini daftar tempat wisata Bogor:

  • Kebun Raya Bogor, dengan luas 87 hektare, kebun raya ini mengoleksi hingga 15.000 tanaman asli Indonesia untuk kepentingan penelitian.
  • Rafting Sungai Cisadane, bila kamu suka tantangan, jeram dan kelokan di sungai ini akan membantu menguras adrenalinmu. Pemandangannya juga memikat dan kamu bisa temukan beberapa satwa liar bermain di pinggir sungai.
  • Curug Cibaliung, air terjun yang masih alami ini membentuk sungai jernih dengan air bening agak kebiruan untuk berenang dan bersantai di atas ban.

#9 Medan, jelajahi semua kemungkinan budaya

Dari sekian banyak tempat wisata di medan, dua tempat ini menunjukkan pencampuran budaya yang terjadi di Medan:

  • Tjong A Fie Mansion, ini destinasi wajib yang mesti dikunjungi selagi di Medan. Dulunya, ini adalah bangunan rumah milik saudagar Tionghoa terkemuka di Medan, Tjong A Fie. kini, rumah ini jadi museum dengan kombinasi desain art deco, arsitektur Tiongkok dan Melayu.
  • Istana Maimun, arsitekturnya merupakan kombinasi unsur Melayu, Islam, India, Spanyol, dan Italia. Berbagai ornamen dipadupadankan dengan ciamik.

#10 Surakarta, tujuan wisata di Indonesia yang terkenal karena keratonnya

Kalau kamu ke Solo, yang kali pertama dicari tentu keratonnya. Keraton Surakarta dibangun oleh Susuhunan Pakubuwana II pada 1744 demi menggantikan Keraton Kartasura yang lebur pada peristiwa Geger Pecinan 1743. Hingga kini, bangunan masih difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan. Selain itu, ini beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi di Solo:

  • Pura Mangkunegaran, selain Keraton, Solo juga punya istana indah kediaman Kadipaten Praja Mangkunegaran.
  • Museum Manusia Purba Sangiran, terletak di Sragen, tempat ini adalah pusat penelitian arkeolog untuk tahu kehidupan manusia pada zaman prasejarah.
  • Pasar Klewer dan Kampung Batik Kauman, di sini kamu bisa menemukan berbagai batik khas Solo. Motif dan corak beragam, umumnya yang diproduksi batik tulis, batik cap, hingga batik kombinasi.

Sumber: Aneka Tempat Wisata

Simak juga:

Demi Nawacita, Jokowi Kembangkan Tol Laut untuk Pengembangan Daerah Terpencil

Ini 7 Kostum Halloween Termahal di Dunia, Supreme Edition Iron Man Salah Satu Peringkat Teratas!

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya jadi Wanita Karier Sukses!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img