Currently set to Index
Currently set to Follow

Hindari Kantong Jebol Saat Harbolnas, Coba 7 Tips Belanja Ini

Harbolnas atau hari belanja online nasional adalah sebuah hari ketika banyak ritel digital menawarkan promo besar-besaran.

Di hari ini kamu dapat memperoleh barang yang kamu inginkan dengan harga yang miring dan terjangkau. Namun, hati-hati jangan sampai kantongmu kebobolan karena tergiur berbagai promo yang ditawarkan.

Perputaran uang saat Harbolnas sangatlah besar. Transaksi pada hari belanja online nasional tahun 2019 silam mencapai Rp9,1 triliun. Ini jauh di atas target Asosiasi E-Commerce yang hanya sebesar Rp8 triliun.

Produk yang paling laris saat harbolnas masih didominasi oleh fesyen dan kosmetik. Tercatat, berbagai produk pada kategori itu naik rata-rata 6%.

Sementara itu di sisi lain, riset Nielsen menunjukkan bahwa harbolnas mendorong masyarakat untuk berjualan online. Ditemukan bahwa ada pertumbuhan online seller sebanyak 8% yang muncul lantaran hari belanja online nasional.

Baca juga: Tips Belanja Hemat untuk Kamu yang Suka Boros!

Barang atau jasa paling diminati di harbolnas 

Seperti telah dijelaskan di atas, fesyen dan kosmetik adalah produk yang paling digandrungi oleh konsumen saat ada harbolnas.

Namun, produk-produk lain pun tak kalah larisnya. Data dari katadata menunjukkan setidaknya ada delapan produk yang mendominasi penjualan saat hari belanja online nasional.

Posisi puncak ditempati oleh pakaian dan kecantikan dengan nilai transaksi sebesar Rp2,5 miliar. Posisi kedua adalah jasa travel yang mencapai angka Rp2,4 miliar.

Produk mainan dan hobi berada di posisi ketiga dengan nilai transaksi sebesar Rp1,4 miliar. Sementara itu berbagai produk furnitur dan peralatan rumah tangga berada di peringkat keempat dengan nilai transaksi Rp1,3 miliar. Berada di bawahnya adalah peralatan elektronik dengan nilai transaksi sejumlah Rp1,3 miliar.

Menyusul di peringkat bawah adalah video games (Rp792 juta), Makanan dan produk personal (Rp593 juta), dan musik digital (Rp4 juta).

Baca juga: Hemat Uang Belanja Demi Menabung, Begini 9 Cara Mudahnya

Tips belanja agar kantong tidak jebol saat harbolnas

Berikut adalah sejumlah tips belanja agar tidak tergiur atau bahkan tertipu dengan berbagai potongan menggoda saat hari belanja online nasional.

Harbolnas – Pasang reminder

Dengan memasang pengingat atau reminder, kamu tidak akan lupa untuk mengikuti pesta diskon hari belanja online nasional di tengah kesibukan pribadi atau pekerjaan yang padat. Dengan demikian peluang kamu untuk memperoleh harga terbaik pun akan lebih besar.

Preview dan Wishlist

Biasanya ritel online menyediakan banyak fitur untuk mempermudah calon pembeli dalam berbelanja. Nah, ada baiknya kamu memanfaatkan sejumlah fitur tersebut agar proses berbelanjamu lebih mudah.

Kamu bisa manfaatkan fitur preview yang memungkinkan kamu mulai mengulas produk-produk yang ingin dibeli, kemudian memasukannya ke dalam wishlist.

Fitur wishlist juga dapat kamu gunakan sebagai fitur untuk membuat daftar belanja. Dengan cara ini, kamu tidak akan kalap dan lebih fokus dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan. Wishlist juga akan mempermudah kamu memantau harga pada saat dan sebelum harbolnas berlangsung.

Pantau promo harbolnas sejak tengah malam

Sangat disarankan untuk kamu memasang reminder pada pukul 00:00 malam tepat saat dimulainya hari belanja online nasional.

Ini karena pada waktu itu biasanya kamu berpeluang besar untuk memperoleh penawaran terbaik yang jumlahnya sangat terbatas.

Pastikan produk yang kamu beli memiliki sistem retur

Memiliki pilihan untuk mengembalikan barang yang telah diterima memberikan manfaat dan keamanan untukmu.

Bila barang yang kamu beli memiliki kekurangan atau tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, sistem retur akan memberimu kesempatan mengembalikan produk untuk diganti dengan produk lain atau jaminan uang kembali.

Batasi transaksi di nominal tertentu

Untuk menyelamatkan dirimu dari kalap belanja, ada baiknya kamu membatasi transaksi di kartu ATM dan mobile banking pada nominal tertentu.

Saat jumlah total transaksi belanjamu sudah mencapai batas yang ditentukan, mau tidak mau kamu harus menghentikan aktivitas belanja.

Baca juga: Biar Gaji Kecil, Kamu Tetap Harus Bisa Hemat dengan 7 Cara Ini!

Periksa barang yang ingin dibeli sebelum pembayaran

Ada baiknya kamu memeriksa ulang barang belanjaan sebelum melakukan pembayaran, ini agar belanja kamu tidak mubazir karena tergoda oleh harga miring.

Jika ada barang yang dirasa tidak perlu, kamu bisa mencoretnya dari wishlist untuk menghemat anggaran belanjamu.

Hal ini akan membantumu untuk lebih cermat dalam berbelanja, serta memastikan jika produk yang kamu beli memang sesuai kebutuhanmu.

Meneliti promo tambahan

Kamu harus mencermati promosi harbolnas yang ditawarkan oleh sejumlah situs berhemat yang memiliki kerja sama dengan situs belanja favorit.

Seringnya situs berhemat menawarkan banyak kode promo eksklusif atau bahkan cashback yang dapat membantu kamu memperoleh diskon tambahan dari total potongan harga saat kamu melakukan check out.

Jadi, kamu sudah tahu, kan, serba-serbi tentang harbolnas atau hari belanja online nasional? Jangan lupa, kata kuncinya adalah jangan sampai kamu kalap saat berbelanja di harbolnas. Cermat dan berhemat itu perlu, jangan sampai tergoda untuk menguras kantongmu dengan berlebihan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik. Dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka. Sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img