Currently set to Index
Currently set to Follow

Resolusi 2021 Cari Kerja Baru? Simak Tips Interview Kerja via Zoom Berikut!

Banyak kebiasaan yang harus disesuaikan di kala pandemi COVID-19, di mana tips-tips jitu diperlukan untuk mengakalinya. Selain pembatasan sosial dan fisik, proses interview kerja juga mengalami perubahan, yakni wawancara secara daring melalui aplikasi zoom, google meet, atau yang lainnya.

Nah, agar wawancara kerja online berjalan dengan lancar, maka kamu perlu mempersiapkan segalanya agar tidak terjadi kendala teknis yang tidak diinginkan, ada beberapa hal kecil yang perlu kamu perhatikan. Jika tidak, maka itu bisa menjadi masalah yang besar.

Lantas, seperti apa tips interview kerja melalui Zoom dan kawan-kawannya?

1. Periksa Jaringan internet

Ini adalah hal paling penting yang perlu kamu siapkan. Sebab, tanpa jaringan internet, maka kamu tidak akan bisa melakukanya. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu mengecek kestabilan internet satu jam sebelum memulai wawancara.

Untuk itu, lakukan percobaan sendiri. Buatlah room meeting dari aplikasi yang kamu pakai seperti Zoom, lalu undang beberapa teman untuk membantu kamu melakukan tes ini. Lakukan pembicaraan seperti biasa untuk mengetahui kualitas audio mikrofon dan suara serta gambar.

2. Berpakaian yang Rapi Saat Interview

Walaupun tidak datang dan bertemu langsung dengan pewawancara, kamu tetap harus gunakan pakaian yang formal seperti kemeja. Walau tidak selalu, tetapi cara berpakaian bisa mempengaruhi asas penilaian sopan santun dari pemberi kerja. Pastikan kamu tetap berpenampilan rapi walau wawancara jarak jauh dari rumah, ya!

Baca juga: Mengenal Eric Yuan, Pendiri Zoom dan Kontroversi Privasi Penggunanya

Banner Blog Pluang

3. Koordinasikan Lingkungan Sekitar Kamu

Tips interview kerja selanjutnya adalah dengan mengkondisikan segala hal yang ada di sekitar kamu. Seperti apa contohnya? Misalnya, usahakan agar kamu berada di ruangan sendirian agar tidak mendapatkan intervensi dari aktivitas lain atau bunyi-bunyian yang tak diinginkan.

Jika kamu memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, sebisa mungkin jauhkan mereka terlebih dahulu dari ruanganmu. Atau, agar tidak berisik saat kamu sedang wawancara, ada baiknya hewan peliharaan diberikan makan yang cukup terlebih dulu.

Selain itu, koordinasikan juga dengan orang di rumah. Kalau kamu adalah anak kost-an, mungkin kamu tidak perlu melakukan hal ini. Namun, jika di rumahmu ada orang lain, mintalah waktu untuk tidak diganggu beberapa saat. Hal ini berguna agar kamu bisa tetap fokus pada interview kerjamu.

4. Siapkan Jawaban Saat Interview Kerja

Bagimu yang sudah sering melalui banyak wawancara kerja, mungkin sudah mengerti cara mengantisipasi pertanyaan yang biasa dlontarkan pewawancara atau perekrut. Nah bagi kamu yang belum atau jarang menjalani proses interview, lakukan antisipasi dengan mempersiapkan jawaban.

Pertanyaan saat wawancara kerja pada umumnya memiliki kemiripan, pertama adalah seberapa dalam pengetahuanmu tentang perusahaan yang kamu lamar, kemudian seberapa dalam pengetahuan atau pemahaman tentang profesi yang dilamar, proyek atau pekerjaan yang telah diselesaikan, dan biasanya kamu akan diminta menceritakan proses pengerjaan proyek yang pernah dikerjakan.

Namun, ada kalanya perekrut menanyakan pertanyaan jebakan! Tenang saja, Sobat Cuan, di bawah ini juga ada artikel mengenai cara menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Baca juga: Hadapi Wawancara Kerja, Siapkan Dirimu untuk 15 Pertanyaan Jebakan Ini

Nggak susah kan tips-tips interview kerja di atas? Good luck ya!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Metro.co.uk

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img