Currently set to Index
Currently set to Follow
Uang Anggaran dan Tabungan Minimalisir Anggaran, Coba Tips Sederhana Berikut

Minimalisir Anggaran, Coba Tips Sederhana Berikut

Memiliki anggaran minimalis bisa menjadi tips meminimalisir anggaran yang bagus untuk menyederhanakan keuangan kamu. Ini juga dapat memecah proses penganggaran dan membuatnya cukup sederhana untuk pemula.

Dengan memiliki anggaran minimalis kamu akan bisa menyederhanakan anggaran keuanganmu, dan menemukan cara agar kamu dapat dengan mudah menyederhanakan dan membuat anggaran minimalis.

Tips meminimalisir anggaran yang utama adalah kamu harus duduk dan dengan teliti menganalisis rencana anggaranmu. Barangkali kamu merasa dirimu adalah ahli matematika yang buruk.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Agar kamu tidak stres atau frustrasi dalam mengelola anggaran keuanganmu, simaklah tips meminimalisir anggaran berikut ini.

Baca juga: Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya Jadi Wanita Karier Sukse

Tips meminimalisir anggaran agar kamu mudah mengelola anggaran

Tips meminimalisir anggaran yang pertama adalah kamu harus memahami bahwa kategori penganggaran itu terdiri dari empat, yaitu:

  1. Pengeluaran
  2. Tabungan
  3. Investasi
  4. Utang

Kamu selalu bisa menambahkan sub-kategori jika itu membantumu, tetapi terkadang lebih sederhana lebih baik. Keempat kategori anggaran ini memastikan kamu melacak uangmu dengan benar.

Tips meminimalisir anggaran berikutnya adalah, jika kamu memiliki banyak kartu kredit, pertimbangkan untuk memangkas semua dan hanya menyisakan satu kartu kredit untuk digunakan dalam banyak keperluan.

Tidak dapat disangkal bahwa satu kartu kredit lebih sederhana. Memiliki satu kartu menghemat waktu dan energi kamu karena harus mengetahui kartu mana yang akan digunakan dan kartu mana yang harus dilunasi.

Jika kamu telanjur membuka beberapa kartu kredit, jangan menutupnya, tetapi pastikan sudah terbayar dan simpan di tempat aman seperti kotak berkunci. Seiring waktu, kartu kredit itu akan ditutup oleh penyedia, tetapi ini membuat skor kredit kamu tetap tinggi saat kamu membangun sejarah kredit.

Hilangkan utang

Seperti telah dijelaskan di empat kategori penganggaran di atas, utang adalah salah satunya. Sekarang kita akan berbicara tentang menyingkirkan seluruh kategori.

Ketika kamu menghilangkan utangmu, kamu tidak hanya menghilangkan kategori dari anggaran kamu, tetapi kamu memberi dirimu lebih banyak kebebasan. Tidak perlu khawatir tentang utang yang kamu bawa bersamamu yang merupakan beban di pundakmu.

Untuk anggaran kamu, ini membuatnya lebih mudah untuk dikelola. Kamu tahu bahwa uang yang kamu hasilkan sedang digunakan atau disimpan.

Ketika berbicara tentang anggaran minimalis, tips meminimalisir anggaran terbaik yang dapat kamu lakukan adalah membuatnya tetap sederhana. Atur keuangan kamu dengan cara yang mudah diatur yang dapat kamu gunakan dengan mudah.

Mungkin tampak menakutkan untuk mengubah diri kamu menjadi mesin penganggaran yang ramping dan kejam, tetapi percayalah, ini bisa menjadi proses yang sangat sederhana. Dengan beralih ke anggaran sederhana dan minimalis, kamu dapat menangani keuangan tanpa merasa kewalahan.

Baca juga: Berlibur Bersama Keluarga? Pilih 3 Destinasi Pilihan yang Jadi Favoritmu

4 Tips Meminimalisir Anggaran

Tips meminimalisir anggaran – Ambil uang sesuai kebutuhan

Jika kamu ada rencana belanja bulanan atau mingguan di toko atau swalayan, sebaiknya ambil uang sesuai keperluan belanjamu.

Misalnya kebutuhan belanjamu Rp500.000, maka ambil uang sejumlah nominal itu dan segera tinggalkan kartu debit dan kartu kredit di rumah.

Berbelanjalah sesuai dengan anggaran sejumlah itu, dan jangan tergoda untuk membayar lebih melalui kartu debit atau kredit.

Bawa daftar saat akan berbelanja

Tanpa menyiapkan daftar belanja, bisa saja kamu membeli di luar anggaran yang telah ditetapkan. Atau bahkan bisa membeli barang yang tidak dibutuhkan sama sekali.

Sebelum menuju toko dan berbelanja, ada baiknya kamu menulis apa saja yang kamu butuhkan.

Dengan adanya daftar belanja, kamu akan terhindar dari melakukan pembelian yang tidak seharusnya dilakukan. Sehingga uang yang dimiliki bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat misalnya untuk berinvestasi.

Tips meminimalisir anggaran – Fokus pada apa yang kamu butuhkan

Kamu tentu pernah mengalami kejadian ini, kamu datang ke pusat perbelanjaan untuk membeli sepatu. Namun, akhirya malah melakukan pembelian lain yang tidak direncanakan seperti pakaian baru, jaket baru, celana baru, es krim, atau jam tangan.

Tips meminimalisir anggaran selanjutnya adalah, jangan lapar mata saat datang berbelanja. Kamu harus fokus dan melakukan pembelian pada apa yang benar-benar kamu butuhkan saat ini.

Catat apa saja yang telah kamu miliki

Langkah berikut ini sangat perlu kamu lakukan, jika kerap melakukan pembelian barang-barang yang sebenarnya sudah dimiliki.

Tips meminimalisir anggaran di sini adalah misalnya kamu ingin melakukan belanja bulanan ke toko. Maka, segera cek kulkas dan lemari penyimpanan untuk memastikan barang kebutuhan apa saja yang telah habis. Lakukan pencatatan berisi barang-barang tersebut. Dengan berbekal catatan itu kamu tidak akan terjebak membeli barang yang sama.

Tips meminimalisir anggaran yang telah dijelaskan di atas merupakan cara yang dapat dilakukan saat ini juga untuk mengendalikan pengeluaran tidak perlu.

Semakin banyak uang yang mampu kamu tekan untuk dikeluarkan, maka semakin banyak juga dana yang bisa disimpan atau diinvestasikan untuk masa depan. Selamat mencoba!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

Artikel Terbaru