Currently set to Index
Currently set to Follow

Ini Dia Tips Mengajukan KPR Rumah Impian Tanpa Stress!

KPR, atau Kredit Pemilikan Rumah, adalah salah satu cara untuk memperoleh rumah impian bagi semua kalangan. Tak terkecuali kalangan milenial. Simak tulisan ini untuk mengetahui tips mengajukan KPR!

Apa itu KPR?

KPR adalah produk pembiayaan atau pinjaman yang diberikan kepada pembeli rumah dengan skema pembiayaan sampai dengan persentase tertentu dari harga rumah atau properti.

Menurut EVP Nonsubsidized Mortgage & Consumer Lending Division Bank BTN, Suryanti Agustina, tips mengajukan KPR di antaranya adalah kamu harus memperhatikan berbagai faktor.

Di antaranya adalah penyedia jasa KPR, angsurannya, perubahan bunga, hingga biaya KPR itu sendiri.

KPR dianggap sebagai solusi tepat dalam memiliki rumah dengan sejumlah uang muka yang cukup bersahabat.

Namun, pada kenyataannya, pengajuan KPR ke bank tak semudah yang orang-orang pikir. Ini mengingat bank selalu menerapkan sejumlah aturan yang ketat bagi yang ingin mengajukan KPR.

Patut diperhatikan, KPR pada dasarnya akan melibatkan nominal dana yang sangat besar. Maka, wajar saja jika bank sangat berhati-hati saat memberikan kredit kepada nasabahnya.

Karena ketatnya aturan yang diberlakukan bank, jika kamu ingin mengajukan KPR, cobalah untuk mempersiapkannya dengan cara-cara efektif. Jangan sampai pengajuan KPR selalu gagal.

Kalau gagal, artinya impian memiliki rumah sendiri selalu sebatas impian belaka. Nah, bagaimana caranya agal pengajuan KPR tidak kandas di tengah jalan?

Baca juga: Sudah Punya Modal Beli Rumah? Ini Syarat dan Tahap Ajukan KPR ke Bank

Tips langkah demi langkah mengajukan KPR

Pertama, kamu harus mengumpulkan informasi awal dan pahami dengan baik ihwal KPR ini.

Kamu harus mengumpulkan sejumlah informasi awal mengenai layanan KPR yang diberikan bank. Dengan demikian, kamu memiliki pemahaman yang detail tentang pengajuan KPR. Toh, semua informasi itu bisa didapatkan secara daring.

Melalui internet, kamu bahkan dapat menemukan berbagai informasi KPR di berbagai situs web keuangan.

Kedua, kamu harus melakukan perbandingan awal. Setelah memperoleh sejumlah informasi, jangan lupa untuk melakukan perbandingan antara satu bank dengan bank lainnya.

Ini karena setiap bank memiliki beragam aturan dan kebijakan yang berbeda. Di langkah ini, kamu setidaknya sudah harus memiliki tiga atau empat pilihan bank yang kira-kira memungkinkan pengajuan KPR kamu diterima.

Dengan tips mengajukan KPR ini, kamu bisa mengajukan ke bank kedua apabila di bank pertama menerima penolakan.

Ketiga, kamu harus mendatangi bank dengan penampilan yang meyakinkan. Jangan datang ke bank dengan penampilan berantakan, apalagi terlihat tidak meyakinkan.

Sebab, penampilan cenderung memengaruhi pandangan orang. Datanglah dengan penampilan rapi dan lengkapi diri dengan pemahaman KPR yang memadai.

Keempat, kamu harus memilih bank terbaik. Jangan memilih sembarangan bank. Meskipun pengajuan KPR kamu disetujui, selalu pastikan untuk memilih bank dengan layanan terbaik.

Sebab, KPR akan menjadi kewajibanmu dalam jangka panjang. Maka, penting bagimu untuk menemukan bank yang memiliki layanan dan standar kualitas terbaik untuk urusan KPR ini.

Baca juga: Beli Rumah dari Tabungan Emas? Bisa, Hitung Dulu Anggaranmu Yuk!

Tips mengajukan KPR yang lainnya

Selain empat langkah tips mengajukan KPR di atas, hal-hal berikut ini juga patut kamu perhatikan jika kamu ingin mengajukan KPR.

1. Teliti memilih penyedia jasa KPR

Kamu harus memahami benar penyedia jasa KPR yang kamu pilih. Ketelitian dan kesabaran adalah kata kunci di sini.

Jangan sampai karena terburu-buru, kamu malah salah memilih penyedia jasa KPR yang memiliki reputasi dan layanan yang buruk.

2. Pilih jenis angsuran. Mau angsuran tetap atau berubah?

Hal ini tak kalah pentingnya, kamu harus tahu dari awal apakah angsuran KPR ini berupa angsuran tetap, atau angsurannya berubah.

Ini penting karena dengan mengetahui model angsuran, kamu akan bisa menyesuaikannya dengan banyaknya pemasukan kamu setiap bulan.

Jangan sampai karena tidak memahami bentuk angsuran, kamu malah kewalahan setiap bulan di hari esok.

3. Ketahui, apakah akah ada perubahan bunga atau tidak

Poin ini berkaitan dengan poin kedua. Dengan mengetahui adanya perubahan bunga atau tidak, kamu akan bisa menyesuaikannya dengan jumlah pemasukanmu setiap bulannya.

Jangan sampai kamu tercekik bunga yang berubah dan kelewat tinggi sehingga mengganggu kondisi keuangan bulanan kamu.

4. Konsekuensi melunasi sebelum masa cicilan habis

Biasanya, penyedia jasa KPR akan memberikan semacam penalti apabila kamu melunasi sebelum masa cicilan habis.

Penalti itu bisa saja bernilai nominal cukup besar. Padahal kamu ingin menyelesaikan KPR kamu karena kebetulan ada uang lebih yang masuk ke kantongmu.

Perhatikan konsekuensinya, apakah jika kamu melunasi sebelum masa cicilan KPR habis, kamu akan terkena penalti.

5. Perhatikan biaya KPR

Terakhir namun tidak kalah pentingnya. Kamu harus mengetahui dan memahami benar berapa besar biaya KPR yang harus kamu tanggung setiap bulannya.

Jangan sampai biaya yang kamu tanggung terlampau besar sehingga mengganggu kondisi keuangan kamu.

Itulah tips mengajukan KPR yang dapat kamu terapkan saat kamu ingin mengajukan KPR. Pastikan kamu mengikuti tiap langkah itu sebelum memutuskan mengajukan KPR. Selamat berburu KPR, ya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: CNBC Indonesia

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img