Currently set to Index
Currently set to Follow

Ini Tips dan Trik Menghemat Biaya Traveling

Melakukan perjalanan tentu memerlukan perencanaan anggaran yang tepat dan matang. Ini karena terkadang ada tambahan biaya traveling yang tidak terduga sebelumnya. Tambahan biaya traveling ini terkadang harus kamu keluarkan agar perjalananmu lancar tanpa hambatan.

Menyusun anggaran biaya traveling akan sangat membantumu dalam perjalanan. Bahkan jika kamu melakukannya, kamu bisa menghemat banyak uang selama traveling.

Apa saja tambahan biaya traveling alias biaya tersembunyi yang muncul selama perjalanan? Simak rangkumannya di artikel ini.

Baca juga: Biar Gaji Kecil, Kamu Tetap Harus Bisa Hemat dengan 7 Cara Ini!

Tambahan biaya traveling yang harus kamu ketahui

Pertama, ketika melakukan reservasi, kamu harus melihat dengan jeli apakah ada tambahan biaya traveling di situ. Saat kamu memesan reservasi secara online, kamu sesungguhnya tengah menghemat waktu dan uang untuk perusahaan perjalanan.

Saat kamu memilih untuk menelepon dan berbicara dengan agen secara langsung, biasanya mereka akan mengenakan sejumlah biaya tambahan dari harga asli reservasi.

Maka, alangkah baiknya kamu cukup memesan secara online dan pastikan saja saat kamu mengecek jumlah pembayaran, kamu tidak melihat adanya biaya tambahan untuk reservasi.

Kedua, kamu harus mencermati seberapa banyak barang-barang yang akan kamu bawa dalam traveling. Ini karena bagasi tercatat akan menjadi sebuah tambahan biaya traveling kamu.

Kamu harus tahu bahwa maskapai penerbangan dapat menghasilkan pendapatan sebesar US$3,4 M dari biaya bagasi terdaftar.

Sejak tahun 2007, saat maskapai penerbangan mulai mengenakan biaya untuk bagasi terdaftar, para pelancong telah belajar cara menghindari tambahan biaya traveling dalam bentuk bagasi terdaftar itu.

Mengakali biaya traveling

Untuk mengakalinya, para pelancong telah belajar untuk menggabungkan barang-barang bagasi yang akan dibawa. Nah, kamu bisa ikuti tips ini untuk menghindari biaya tambahan bagasi terdaftar.

Ketiga, dalam rangka menghindari adanya tambahan biaya traveling, kamu harus mengecek benar-benar berat dari barang-barang yang kamu bawa.

Apabila kamu memutuskan untuk tidak mendaftarkan bagasi, kamu dapat menghemat rerata Rp55.000 – Rp100.000 (untuk 5 kg) per tas sebagai upaya menghindari keterkejutan biaya bagasi kelebihan berat.

Biasakan untuk menimbang bagasimu sebelum berangkat, jika berlebih, kamu dapat memilah kembali semua barang bawaanmu untuk dibawa. Pastikan hanya membawa barang yang benar-benar penting dan tinggalkan barang yang sifatnya tidak terlalu penting. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari tambahan biaya traveling berupa ongkos bagasi.

Keempat, bahan bakar. Kamu tidak akan pernah tahu apa biaya tambahan seperti bahan bakar hanyalah teknik pemasaran lain untuk menutupi kenaikan tarif.

Jika demikian, kamu dapat melakukan riset dulu terhadap seluruh maskapai yang akan melakukan penerbangan ke tempat yang kamu tuju. Kemudian, kamu bisa memilih pilihan yang paling terjangkau di antara seluruh maskapai lainnya.

Baca juga: Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Tambahan biaya traveling lainnya

#1 Biaya traveling – pengembalian alias refund

Beberapa maskapai penerbangan, menawarkan periode pemesanan yang fleksibel selama 24 jam. Dengan ini, kamu bisa memperoleh pengembalian uang atau mengubah tujuan penerbanganmu tanpa terkena penalti.

Jika kamu adalah orang yang banyak melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, ada baiknya kamu membeli asuransi perjalanan agar kamu terlindung dari pengeluaran uang jika sakit, kehilangan bagasi, atau keadaan darurat pribadi yang dapat mengganggu perjalananmu.

#2 Wi-Fi

Barangkali di satu kesempatan kamu harus tetap membuka laptop dan menyelesaikan sedikit pekerjaan di tengah perjalananmu, maka kamu bisa memanfaatkan berbagai layanan Wi-Fi gratis yang biasanya disediakan di bandara atau tempat perjalanan lainnya. Dengan demikian kamu bisa menghemat biaya pemakaian internet ponselmu.

#3 Biaya traveling – air minum

Biasanya, keamanan bandara terlampau ketat untuk membiarkanmu membawa air ke area keberangkatan. Jika kamu haus di pintu keberangkatan atau kedatangan, kamu dapat menghabiskan sekitar Rp15.000 sampai Rp.20.000 air mineral kecil berukuran  300-600 ml.

#4 Makanan

Di bandara tersedia banyak sekali gerai makanan cepat saji atau resto lainnya. Namun, harga yang ditawarkan biasanya terbilang lumayan mahal.

Untuk itu, kamu bisa membawa camilan bar padat dengan kandungan karbohidrat, lemak dan protein. Cara ini akan membantumu menghemat anggaran namun tetap membuat tubuhmu tetap terisi tenaga.

#5 Biaya traveling – biaya penginapan

Beberapa hotel akan mengenakan biaya tambahan yang dikenal sebagai “biaya resor hotel” saat kamu checkout. Seringnya, biaya ini menjadi tambahan 10% per malam.

Jadi, meskipun kamu telah lakukan pembayaran melalui situs seperti TripAdvisor atau Expedia, kamu tetap mesti membayar tambahan ekstra 10% saat kamu melakukan pembayaran.

Pada dasarnya ini merupakan tarif per malam yang lebih tinggi, dan tersembunyi dalam struk pembayaran kecil. Lakukan pengecekan kembali pada tagihan sebelum melakukan pembayaran, jika memungkinkan kamu bisa bertanya pada pihak hotel apakah itu perlu dibayar atau tidak.

Itulah tambahan biaya traveling yang tersembunyi dan perlu kamu ketahui. Sekarang, sebelum melakukan perjalanan, kamu harus membuat rencana perjalanan, dan perhatikan benar keamanan anggaranmu, ya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img