Currently set to Index
Currently set to Follow

Mimpi Menjadi Influencer? Simak Caranya di Sini!

Tren menjadi influencer di media sosial seperti Instagram dan YouTube memang bukan hal yang baru. Semua orang berlomba-lomba ingin mengunggah konten di masing-masing platform demi mendapatkan exposure dan menjadi terkenal. Tak heran, banyak yang kini mencari kiat atau tips untuk mencapai status tersebut.

Popularitas bukanlah satu-satunya tujuan orang menjadi influencer, pundi-pundi rupiah dari media sosial ini bisa jadi salah satu penyebabnya.

Dengan iming-iming uang yang banyak ini, tidak heran semua kalangan dari yang muda sampai yang tua berlomba-lomba menjadi yang terdepan. Konten yang dibuat pun beragam mulai dari tema gaya hidup, traveling, kecantikan, hingga masak-masak.

Menjajal profesi influencer memang tidak ada salahnya. Apakah kamu salah satu orang yang tertarik? Ingin mulai menjadi influencer? Mungkin kamu bisa coba hal-hal berikut ini!

Baca juga: Cara Memulai Investasi yang Tepat Bagi Pemula

1. Temukan Dahulu Hal yang Kamu Minati

Untuk menjadi seorang influencer, tips pertama yang kamu lakukan adalah mencari sesuatu yang sangat kamu minati atau kamu suka. Atau, bisa saja sesuatu yang sangat kamu ketahui dan ingin kamu bagikan ke orang lain.

Hanya karena orang lain membuat konten yang berbeda dengan minatmu dan berhasil, bukan berarti kamu harus mengikutinya. Pernah dengar istilah ‘you can’t make it if you fake it‘?

Nah, mungkin ini istilah yang tepat karena kamu tidak bisa hanya sekadar ikut-ikutan membuat konten viral meski kamu tidak minat di bidang tersebut. Lakukan riset informasi sebanyak-banyaknya dan jangan terburu-buru untuk membuat keputusan.

2. Perluas networking

Bagaimana mau mendapat exposure jika kamu tidak memperluas networking alias pergaulan? Untuk memulai menjadi influencer jangan lupa juga untuk mengikuti tips kedua, yakni sering-sering berinteraksi dengan para influencer lainnya.

Mungkin sebutan zaman sekarang disebut pansos alias panjat sosial. Walaupun pansos berkonotatif negatif, tetapi kamu tetap bisa pansos dengan cara yang baik.

Bagaimana caranya? Caperlah dengan para influencer seperti memberikan komen-komen yang postif atau berhubungan dengan kontennya.

Carilah topik yang memang menarik untuk dibalas oleh si influencer dan bukan hanya sekadar komentar-komentar tidak penting layaknya bot yang pada akhirnya menjadi menganggu.

Cara kedua adalah dengan rajin-rajin datang ke acara-acara yang sesuai dengan minatmu. Selain menambah networking, datang ke event juga dapat menambah wawasan dan ilmu seputar topik yang ingin kamu perdalam, lho!

Baca juga: Mulai dari Jumlah Kecil, Berikut 3 Cara Berinvestasi Saham Bagi Pemula

3. Manfaatkan Akun yang Sudah Ada

Untuk tips ketiga, kamu pun sebetulnya tidak perlu membuat akun baru dan mulai dari nol. Bersihkan saja akun Instagram, YouTube, Pinterest, Facebook, atau Twitter milikmu.

Tentunya dengan cara menghapus post lama yang tidak sesuai dengan konsep baru yang ingin kamu buat.

Pilih nama akun yang sesuai dengan brand baru yang ingin kamu buat. Jangan lupa tambahkan bio dengan tulisan yang jelas tapi tetap catchy tentang brand barumu.

Banner Blog Pluang

4. Tentukan Brand-mu Sendiri

Coba tanyakan ke diri kamu sendiri dulu: “Apa hal atau kegiatan yang saya suka dan bisa diceritakan secara menarik ke orang lain?”

Karena dengan menjalankan hal yang kita suka, maka biasanya aktvitas itu akan bertahan lama. Makanya, tips menjadi influencer keempat ini harus kamu cermati dengan seksama: Pilih brand-mu sesuai dengan kesukaanmu dan nama yang mudah diingat, ya!

Baca juga: Newbie di Bursa Saham? Ini 4 Cara Aman Berinvestasi bagi Pemula

5. Gunakan Business Profile

Buka setting di Instagram dan ubah akunmu menjadi “Business Profile” secara gratis. Kenapa? Selain terlihat lebih legit, dengan memakai akun business, kamu jadi bisa melihat data engagement yang kamu miliki.

Mulai dari persentasi jenis kelamin followers hingga jam yang disarankan untuk kamu posting foto baru. Selanjutnya, bikin blog atau website dengan nama akunmu.

Hal ini lebih sebagai backup saja, karena kita tidak pernah tahu akan berapa lama sebuah media sosial bertahan.

Jadi daripada nanti media sosial yang kamu pakai tutup atau sudah kehilangan popularitas, kamu masih punya blog atau website pribadi yang mengusung nama dan brand milikmu.

Baca juga: 5 Trik Cuan Investasi Tas Branded Original dari Hermes hingga Louis Vuitton

6. Konsisten

Konsisten adalah kunci. Jika kamu ingin menjadi influencer, konsistenlah dalam mengunggah konten. Jika jarang upload, pastinya kamu akan kalah dengan saingan-sainganmu yang sering upload.

Namun tetap ingat ya, konsistensi upload konten juga harus berbanding lurus dengan kualitas video atau topik.

Sering-sering upload tapi kontennya tidak memberikan insight buat apa? Tidak akan dilirik juga, kan?

Jadi, pikirkan dengan matang sebelum membuat konten. Buatlah planner yang berisi tema-tema yang akan kamu unggah ke media sosial.

Nah, gimana? Sudah tertarik untuk mencoba menjadi influencer? Perlu diingat bahwa menjadi influencer bukanlah pekerjaan yang mudah dan instan.

Semua tips ini perlu dipelajari secara pelan-pelan dan bertahap. Ingat, sesuatu yang munculnya instan akan selesai secara instan juga.

Selain influencer, karier apa lagi yang mungkin bisa kamu coba, ya?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Cosmopolitan, Wolipop

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img