Currently set to Index
Currently set to Follow

Steve Jobs Katakan “Tidak” pada 4 Hal Ini untuk Sukses

Steve Jobs dikenal sebagai pendiri Apple. Ia juga adalah pendiri NeXT dan memimpin Pixar menuju kesuksesan yang luar biasa. Kita tentu mengira bahwa Steve Jobs pasti mengerjakan semua hal berbeda itu sekaligus. Namun, visioner teknologi ini justru melakukan yang sebaliknya.

Sebagian besar kesuksesan Steve Jobs adalah lantaran ia mampu mengarahkan fokusnya yang tajam. Jika hal-hal ini berhasil untuk Steve Jobs, mengapa tidak untuk mencobanya juga? 

Pada Worldwide Developers Conference, Jobs menyampaikan “kebijaksanaan abadi”-nya tentang apa yang ia maksudkan fokus sejati:

“Orang-orang berpikir fokus berarti mengatakan ya pada hal yang harus Anda fokuskan. Tapi itu sama sekali bukan makna yang sebenarnya. Itu berarti mengatakan tidak kepada ratusan ide bagus lainnya yang ada. Anda harus memilih dengan hati-hati.”

Baca juga: Mulai dari Jumlah Kecil, Berikut 3 Cara Berinvestasi Saham bagi Pemula

Steve Jobs: “Inovasi sesungguhnya berarti menolak 1.000 hal lainnya”

Dalam budaya kita hari ini, kesibukan bisnis dan terbenam dalam kerja, kerja, dan kerja merupakan hal yang dikejar oleh sebagian besar orang.

Produktivitas disalahartikan sebagai capaian yang sesungguhnya. Padahal, menururt Steve Jobs, yang membuatnya mampu mencapai apa yang ia raih sekarang adalah karena ia berhasil untuk fokus.

Sebaliknya, Jobs berkata, “Inovasi yang sesungguhnya berarti menolak 1.000 hal lainnya.”

Pentingnya kata “tidak”

Kita sering diajari bahwa “ya” adalah kata ajaib. Kata yang akan membuka pintu dan menuntun pada jenis peluang yang mengubah hidup dan karier kita.

Masalahnya adalah “ya” juga apat menggagalkan upaya kita saat ini dan membuat kita melakukan terlalu banyak hal. Pada akhirnya, ini menyebabkan upaya kita yang seharusnya berhasil kemudian menjadi gagal.

Alih-alih mengatakan “ya”, menurut Steve Jobs, lindungilah fokusmu dengan mengatakan tidak pada hal-hal berikut ini:

Steve Jobs katakan tidak untuk: “Melakukan semuanya sendiri”

“Jika kamu ingin melakukannya dengan benar, kamu harus melakukannya sendiri.” Kita pernah mendengar pepatah ini sebelumnya, dan itu membawa banyak orang ke jalan yang salah.

Hanya ada 24 jam dalam sehari, dan menyelesaikan sesuatu berarti mendelegasikannya.

Pelajaran ini sangat sulit dipelajari oleh para pendiri dan wirausahawan yang berpikir mandiri, tetapi ini mutlak diperlukan.

Bagi Steve Jobs, langkah pertama adalah mengelilingi dirimu dengan orang-orang cerdas. Langkah selanjutnya adalah mundur dan membiarkan mereka bekerja.

“Tidak masuk akal untuk mempekerjakan orang pintar dan memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan,” katanya. “Kami mempekerjakan orang pintar sehingga mereka dapat memberi tahu kami apa yang harus dilakukan.”

Baca juga: Enggak Selamanya Merugikan, Ini Lho Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Kamu Tahu!

Katakan tidak untuk kompleksitas yang tidak perlu

Kesederhanaan itu kuat, dan itu adalah aspek kunci dari pendekatan Jobs untuk bekerja. Dalam sebuah wawancara tahun 1998 dengan Business Week, ia menjelaskan, “Itu adalah salah satu mantra saya: fokus dan kesederhanaan. Sederhana bisa lebih sulit daripada menjadi kompleks. Karena Anda harus bekerja keras untuk membuat pemikiran Anda bersih dan membuatnya sederhana.”

Menurut Jobs, kompleksitas, baik dalam produk maupun rencana bisnis, adalah tanda bahwa seseorang mengambil jalan yang mudah. Alih-alih membiarkan hidupmu diatur oleh kerumitan yang tidak perlu, luangkanlah waktu untuk mengurai kerumitan menjadi sesuatu yang sederhana dan elegan.

Katakan tidak untuk “berhenti”

Steve Jobs sangat yakin bahwa sebagian besar kesuksesan adalah tentang bertahan dan melangkah jauh.

Dalam sebuah wawancara tahun 1995 dengan Computerworld Information Technology Awards Foundation, ia menjelaskan, “Saya yakin bahwa sekitar setengah dari apa yang memisahkan pengusaha sukses dari yang tidak sukses adalah ketekunan murni.”

Bagaimana ia bisa bertahan, memulai dua perusahaan dan memimpin perusahaan lain menuju kesuksesan? Jawabannya: gairah, renjana, alias passion.

“Hanya jika kamu memiliki hasrat tentang sesuatu, maka kamu dapat bertahan. Kamu tidak akan menyerah.”

Katakan tidak pada peluang yang tidak pas

Peluang datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dan kita kerap mudah terbawa suasana saat menemukan peluang yang terlihat menjanjikan. Meski mengatakan ya kepada hal-hal ini akan membuatmu menjadi sangat sibuk, tapi itu tidak membuatmu menjadi bahagia ataupun sukses.

Seperti yang dikatakan Steve Jobs, jika kamu ingin bertahan, kamu hanya perlu mengejar peluang yang paling menggerakanmu, dan mengatakan tidak kepada hal-hal yang lain. Memang ini adalah hal yang sulit, tetapi hasilnya pun akan sepadan.

Steve Jobs mengajarkan banyak pelajaran penting selama hidupnya. Namun, kemampuannya untuk fokus adalah yang memungkinkannya mencapai tujuan dan mengubah dunia.

Jika kamu ingin sukses dalam usahamu sendiri, kamu harus mencamkan nasihatnya dan belajar bagaimana mengatakan tidak. Dan kamu pun mungkin akan terkejut dengan apa yang dapat kamu capai saat melakukannya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img