Currently set to Index
Currently set to Follow

Travel Santai dan Hemat? Simak 8 Tips Travel & Packing Berikut Ini

Jika kamu bertualang dengan bujet terbatas, kamu tentu perlu mempersiapkan banyak hal jauh-jauh hari, termasuk menabung untuk travel! Lengkapi dirimu dengan tips traveling hemat dan tips packing koper untuk memaksimalkan persiapan.

Travel sudah menjadi tren sebagian besar milenial hari ini. Bahkan, sekian persen penghasilan bulanan memang ditujukan untuk travel.

Destinasi yang dipilih pun beragam, dari lokal hingga internasional. Terutama karena adanya kemudahan untuk memperoleh tips traveling hemat, tips packing koper, dan berbagai aplikasi travel.

Sebelum travel, yuk persiapkan segala sesuatunya yang akan dibawa di perjalanan nanti. Terutama supaya barang-barang yang perlu kamu bawa tidak tertinggal atau tercecer.

Kamu perlu mempersiapkan segalanya dari proses packing dan mendaftar barang-barang yang akan dibawa. Sesuaikan barang yang akan kamu bawa dengan kebutuhan berapa lama perjalananmu.

Berikut ini tips traveling hemat yang dapat kamu persiapkan:

Baca juga: Waspada dengan Rencana Perjalananmu, Berikut Daftar Lengkap Travel Warning 2020

4 Tips Traveling Hemat

#1 Dahulukan Negara-Negara Bebas Visa

Karena kamu perlu menekan bujet seketat mungkin, pertimbangkan negara-negara bebas visa sebagai pilihan teratasmu. Untuk traveler Indonesia, selain negara-negara Asia Tenggara, kamu bisa mengecek daftar negara bebas visa kunjungan wisata untuk pemegang paspor Indonesia.

tips traveling hemat

#2 Pesan Tiket Pesawat dan Voucher Transport di Negara Tujuan Jauh-Jauh Hari

Pesanlah tiket dengan membuka mode window private browsing atau gunakan VPN untuk memperoleh harga terbaik. Tips traveling hemat: untuk mendapat harga tiket murah, kamu juga bisa mulai menjadwal travel fair untuk negara destinasimu.

Kamu bisa mengunjungi travel fair yang bisa untuk memperoleh harga termurah di negara destinasimu. Lihat daftar pameran travel Jakarta untuk memperoleh penawaran paling menarik seputar destinasimu.

Jangan lupa, bepergianlah dengan ringan, ini akan membantumu mendapatkan tiket pesawat termurah yang umumnya tidak menyediakan banyak ruang untuk bagasimu.

#3 Manfaatkan Berbagai Jenis “Shared Economy” atau “Ekonomi Berbagi”

Tips traveling hemat berikutnya: ada banyak situs web dengan kategori ekonomi berbagi yang bisa kamu pakai selama berpetualang: Airbnb (untuk akomodasi), EatWith (untuk kuliner), BlaBlaCar (untuk menumpang kendaraan).

Kesemua situs ini menjadikan agenda avonturir lebih ringan dan traveling murah, kenapa kamu tidak mencobanya juga?

#4 Bekerja sekaligus Traveling, Kenapa Tidak?

Kamu bisa menawarkan jastip, catat barang-barang yang dapat kamu tampung di bagasimu dan merupakan barang khas dari negara tujuanmu, kamu bisa menagih ongkos antar 20-30% dari harga barang itu ke kawanmu yang menitipnya.

Atau bila kamu suka mendokumentasikan perjalananmu, tidak ada salahnya menuliskan artikel tentang destinasi yang dikunjungi untuk media online yang memberimu honor kontributor. Ongkos jastip dan honor itu setidaknya bisa membantu menambal biaya tiket pesawatmu, kan?

Baca juga: Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

4 Tips Packing Koper agar Traveling Kamu Lebih Nyaman!

Meski traveling hemat, tentu kamu pasti tetap mau untuk traveling nyaman, kan? Kebiasaan traveling kadang-kadang berkaitan dengan barang bawaan. Nah, untuk itu, simak tips-tips bepergian menggunakan koper di bawah ini.

#1 Jangan Bawa Barang yang Tidak Penting

Dalam beberapa minggu pertama bulan Juni, TSA menemukan 185 senjata api dalam tas jinjing, termasuk 170 senjata bermuatan dan 66 yang dilengkapi peluru.

Mereka juga menemukan granat, senjata replika, dan semua jenis kembang api. Dalam kebanyakan kasus, para pelancong mengatakan mereka lupa barang-barang ini ada di tas mereka.

Sisihkan yang tidak perlu. Jika kamu sampai ketahuan membawa serta barang-barang semacam ini, waktu yang kamu habiskan untuk menjelaskan ke security dapat membuatmu ketinggalan pesawat.

Jika pelanggarannya cukup serius, kamu bahkan bisa ditangkap dan didenda.

Tips packing koper: Jangan lupa apa yang ada di tas kamu! Persiapkan segalanya matang-matang sebelum berangkat.

tips packing koper

#2 Kemasi Aksesori Perangkat Elektronik

Kamu perlu melengkapi perjalananmu dengan bekal kabel pengisi daya, pengisi baterai portabel, earbud, headphone, dan steker adaptor.

Tips packing koper: sisipkan beberapa kantong plastik (jenis zip-close) ke dalam tas jinjingmu untuk membantu melindungi alat-alat elektronikmu dari cuaca lembab atau hujan.

#3 Lengkapi Dokumen Foto yang Bermanfaat

Jika tas kamu hilang, kamu akan memerlukan berbagai foto dokumenmu seperti SIM, paspor, tiket pesawat/kereta, atau kontak-kontak pentingmu, termasuk juga resep untuk obat-obatan (ambil gambar botol pil, juga).

Tips packing koper: jika kamu akan bepergian di negara asing, masukkan beberapa foto ukuran paspor ekstra di dalam tas. Jika kamu sampai kehilangan paspor, ini dapat membantumu saat proses penggantian paspor.

tips packing koper

#4 Tetap Ingat P3K

Siapkan beberapa perban perekat (dan tempelkan beberapa di dompetmu), aspirin atau apa pun yang kamu perlukan untuk meredakan sakit dan nyeri saat perjalanan, plus obat untuk masalah perut saat perjalanan. Simpan ini di kotak khusus Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di kopermu!

Jadi, sudah siap berjalan jauh dan hemat, kan, dengan tips traveling hemat dan tips packing koper di atas? Selamat bertulang, ya!

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Investopedia, Tiket2

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img