Waspada dengan Rencana Perjalananmu, Berikut Daftar Lengkap Travel Warning 2020!

0
1079
travel warning

Jika kamu suka melakukan perjalanan, kamu tentu tahu soal travel warning saat bepergian. Travel warning adalah pernyataan tentang tingkat keamanan suatu negara untuk dijadikan lokasi kunjungan/destinasi perjalanan.

Seindah apa pun suatu negara, jika tingkat keamanannya rendah, tentu akan sangat berbahaya bagi pelancong untuk nekat mengunjunginya. Bahkan berisiko mengancam nyawamu jika nekat.

Faktor yang menentukan seberapa berbahaya suatu negara untuk dikunjungi bergantung pada berbagai hal, misalnya faktor medis, keamanan, dan keselamatan saat perjalanan.

 travel warning

Tingkat kekerasan, terutama, adalah faktor pertimbangan rilisnya travel warning. Begitu juga ancaman epidemi penyakit di negara tersebut.

Misalnya saja, baru-baru ini, China mengalami wabah coronavirus yang menyerah daerah Wuhan dan berbagai titik di China. Tapi, sejauh ini, belum ada travel warning yang dikeluarkan menyoal kasus ini.

Bersumber dari situs internasional SOS, yuk ketahui peta travel yang memudahkanmu untuk tahu wilayah yang termasuk tidak disarankan atau berbahaya untuk dikunjungi pada 2020.

Baca juga: Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

travel warning adalah

#1 Travel warning negara-negara di Afrika

Berikut ini negara-negara yang masuk daftar teratas travel warning:

  • Mali
  • Libia
  • Nigeria
  • Republik Afrika Tengah
  • Sudan Selatan
  • Somalia

Goncangan politik maupun keadaan pemerintah daerah negara-negara ini menjadikannya mengancam untuk dikunjungi.

Penembakan yang dapat dilakukan kapan saja membuat banyak tempat umum menjadi salah satu yang paling mengerikan. Belum lagi wabah penyakit di beberapa kawasan negara ini.

#2 Travel warning negara-negara di Timur Tengah

Ketegangan yang terjadi di wilayah kaya minyak ini, terutama ancaman PD III di kawasan Irak dan sekitarnya menjadi faktor terbesar yang menyebabkan rilisnya travel warning untuk berkunjung ke beberapa negara di daerah Timur Tengah.

Berikut ini negara-negara yang termasuk dalam daftar hitam:

  • Yaman
  • Suriah
  • Afghanistan
  • Ukraina
  • Irak
  • Israel
  • Pakistan

Beberapa negara bahkan menjadi area perang dan konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina, seperti Yaman dan Suriah yang masih sering tercatat sebagai tempat peluru nyasar dan pengeboman sering terjadi.

#3 Travel warning negara-negara di Asia

Sementara itu, di Asia, beberapa negara ini masuk daftar hitam kunjungan:

  • Filipina
  • Hongkong
  • Korea Utara

Untuk Filipina, jelas karena pernah terjadi erupsi gunung merapi, selain itu negara ini juga paling sering alami bencana alam seperti gempa dan tsunami.

Sementara Hongkong, konflik dalam negeri negara ini belum bisa disebut tuntas. Banyak protestan yang melancarkan aksi demo di beberapa jalan utama Hongkong.

Radikalisme yang ditimbulkan serta bentrok antara demonstran dengan tim kepolisian juga bisa membahayakan nyawa traveler.

Korea Utara juga terbilang berbahaya karena banyaknya informasi soal betapa terisolirnya penduduk di negara ini. Traveler yang ingin melakukan perjalanan perlu menandatangani kontrak khusus terkait tata aturan negara ini.

#4 Travel warning negara-negara di Amerika Selatan

Beberapa negara ini masuk dalam daftar travel warning:

  • Venezuela
  • Chille
  • Bolivia
  • Kolombia
  • Peru

Venezuela kini alami penurunan kualitas layanan kesehatan yang drastis, sementara negara-negara lain sedang masuki fase pemilu yang kemungkinan akan mengakibatkan kerusuhan sipil pada 2020.

Baca juga: Makin Sakti, Paspor Indonesia Bisa Bebas Kunjungi 71 Negara dengan VOA

Bagaimana jika kamu masih ingin kunjungi negara-negara berisiko ini?

 travel warning

Beberapa negara dengan risiko keamanan tentu juga mengisyaratkan pengunjungnya memahami situasi. Larangan untuk dikunjungi atau travel warning ini bagaimanapun bukan pertanda mutlak bagimu untuk mencoretnya dari daftar tujuan perjalanan. Travel warning adalah pijakan awal untuk memutuskan memasukkan negara tersebut dalam daftar perjalanan.

Untuk itu, agar perjalananmu tetap aman, yuk ketahui tips berikut ini yang dapat kamu lakukan sebelum bepergian, terutama ke negara-negara yang sedang dilabeli berisiko:

#1 Cari tahu sebanyak-banyaknya informasi tentang daerah yang ingin kamu kunjungi

#2 Bertanya pada agen perjalanan secara detail tentang negara yang akan kamu kunjungi

#3 Pastikan keamanan daerah yang hendak kamu tuju melalui situs keamanan internasional SOS dan traveling map untuk cari tahu secara detail tentang persoalannya

#4 Jangan nekat untuk backpacking ke negara yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Pastikan kamu dapat informasi dari agen travel atau pemandu wisata tentang lokasi di negara baru yang hendak kamu kunjungi, dan ajak rekan perjalanan!

#5 Siapkan asuransi perjalanan demi melindungimu dari berbagai situasi yang tidak diinginkan

Sumber: Cermati

Simak juga:

Demi Nawacita, Jokowi Kembangkan Tol Laut untuk Pengembangan Daerah Terpencil

Ini 7 Kostum Halloween Termahal di Dunia, Supreme Edition Iron Man Salah Satu Peringkat Teratas!

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya jadi Wanita Karier Sukses!

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here