Yuk, Belajar Keuangan dari Rasulullah SAW

0
126
Belajar Keuangan

Salah satu yang bisa diteladani dari Rasulullah SAW adalah soal keuangan. Ada beberapa prinsipnya yang bisa diterapkan agar sukses dalam kehidupan, mulai dari masalah bisnis sampai belajar soal mengelola keuangan.

Sebagai utusan Allah SWT, Nabi Muhammad SAW punya banyak kelebihan yang terlihat dari kebiasaan, prinsip, serta tindakannya dalam hidup sehari-hari. Sosok ini menjadi panutan umat Islam agar memiliki kehidupan yang lebih baik.

Ada empat yang keteladanan yang bisa ditiru dari Rasulullah SAW dalam berbisnis dan belajar soal keuangan. Apa saja? Simak dibawah ini, yuk!

Belajar Keuangan Ala Rasulullah SAW

Mencari rezeki dengan berdagang

Rasulullah SAW berdagang sepanjang hidupnya untuk mencari rezeki. Jika ditiru orang akan mencapai kesuksesan yang besar.

Lihat saja orang-orang yang masuk ke daftar orang terkaya di dunia merupakan pebisnis atau wirausahawan.

Jika ingin menjadi orang sukses, cobalah untuk memupuk rasa dan insting wirausaha yang dimiliki dengan menjalankan bisnis sampingan skala kecil.

Baca: Begini Lho Cara Hitung Rumus Untung-Rugi Investasi, Sudah Coba?

Baiknya untung sedikit demi keuangan stabil

Dalam berbisnis, Nabi Muhammad SAW selalu mengambil untung sedikit atau sewajarnya. Sikap ini bisa ditiru. Ingat, kalau untung yang diambil terlalu besar, penjualan produk akan menjadi sulit.

Tak hanya itu, dengan untung yang sewajarnya, kamu bisa membuat banyak orang yang tertarik untuk membeli produk yang dijual. Kalau banyak orang yang membeli produk, keuntungan dalam keuangan yang didapat juga akan semakin besar.

Lebih baik untung sedikit, tapi produk yang terjual banyak daripada untung banyak, tapi produk yang laku sedikit.

Tidak besar pasak daripada tiang

Pelajaran keuangan lainnya yang bisa dipetik dari panutan umat Islam ini adalah mengelola uang dengan lebih bijak. Jangan sampai besar pasak daripada tiang alias besar pengeluaran daripada pendapatan.

Zaman sekarang banyak orang yang memiliki banyak cicilan sampai tak bisa membayarnya. Biasanya hal itu disebabkan mereka mengutamakan gengsi dan gaya hidup. Kemudian merasakan kekurangan dalam persoalan keuangan setiap saat.

Baca: Yuk, Mengenal Produk-Produk Investasi!

Jangan lupa berbagi

Rasulullah SAW mengajarkan umat muslim di seluruh dunia untuk saling berbagi, khususnya berbagi harta. Dalam hukum Islam, setidaknya ada 2,5 persen dari harta milik adalah kepunyaan fakir miskin dan anak yatim.

Bersedekah juga disebut-sebut bisa meningkatkan kebahagiaaan. Menurut penelitian Harvard Business School, semakin banyak orang bersedekah, maka semakin banyak pula kebahagiaan yang akan dia dapat. Oleh sebab itu, rutinlah bersedekah dari setiap pendapatan yang diperoleh agar hidup menjadi lebih bahagia.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: dream.co.id

Baca juga:

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here