Berbagai Biaya Rumah Sakit yang Perlu Kamu Tahu

0
63
Biaya rumah sakit

Biaya rumah sakit di Indonesia yang terus-menerus mengalami kenaikan, bukan lagi sebuah rahasia. Data dari Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa biaya kenaikan di Indonesia mengalami kenaikan sekitar 12,6 persen.

Angka tersebut lebih tinggi dari rata-rata kenaikan di negara Asia Tenggara lainnya yang ada di angka 10 persen. Kenaikan yang cukup tinggi ini tentu membuat pusing seluruh kalangan masyarakat.

Biaya rumah sakit yang harus dipersiapkan

Sekadar pengingat sekaligus buat mengantisipasi, ada baiknya kamu perlu tahu biaya-biaya rumah sakit yang bisa bikin tekor. Hal ini penting agar kamu bisa mulai mempersiapkan diri mengalokasikan simpanan khusus buat berobat atau ambil asuransi tambahan selain BPJS.

Berikut ini beberapa gambaran biaya rumah sakit yang mesti dipersiapkan:

  • Kemoterapi: Rp2 juta.
  • Cuci Darah Rp1 juta.
  • Tes Darah: Rp1 juta.
  • CT Scan: Rp1 juta
  • Rontgen: Rp200 ribu
  • Operasi Caesar: Rp11 juta.
  • Rawat Inap: Rp250 ribu.
  • Biaya bedah: Rp3 juta.
  • Biaya ambulans: Rp600 ribu
  • Perawatan Covid-19

Baca juga: Ini Biaya Tes Corona di Sejumlah Rumah Sakit, Ada yang Gratis Juga!

Maka itu penting bagimu untuk:

Persiapkan dana darurat

Saat sakit atau butuh penanganan dokter, ada kalanya dana yang diperlukan bukan cuma biaya rumah sakit. Sebut saja, biaya transportasi dari rumah ke rumah sakit dan sebaliknya.

Untuk itu, menabung untuk dana darurat menjadi hal yang sangat penting. Jumlah dana darurat tiap orang berbeda-beda, tergantung kepada gaya hidup, besar pengeluaran, serta tanggungan yang dimiliki. Tapi, banyak pakar keuangan yang menyarankan jumlah dana darurat 6-12 kali pengeluaran bulanan.

Meminta keringanan pihak rumah sakit

Mahalnya biaya rumah sakit biasanya juga disebabkan oleh jenis obat atau perawatan yang diberikan. Nah, kamu bisa loh meminta alternatif pelayanan yang lebih terjangkau.

Misalnya, jika harga obat-obatan yang diresepkan terlalu mahal buatmu, kamu bisa meminta rekomendasi obat generik dari dokter dengan harga dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap sesuai dengan dosis yang diperlukan.

Jika harus rawat inap, kamu bisa minta dipindahkan ke kamar dengan standar lebih rendah sehingga biaya sewanya yang lebih murah. Dengan begitu, tagihan yang harus dibayar bisa terpangkas.

Baca juga: Apa Itu Asuransi Jiwa?

Mendaftar asuransi kesehatan dan asuransi jiwa

Walau punya BPJS Kesehatan udah cukup, tidak ada salahnya ambil asuransi juga kalau masih ada uang lebih buat dialokasikan. Sebab, biasanya ada saja hal-hal yang tidak tercover BPJS. Belum lagi prosedur penggunaan BPJS yang lebih rumit karena harus ke Faskes 1 jika ingin berobat ke rumah sakit.

Jangan cuma asuransi kesehatan ya, asuransi jiwa juga penting, khusus buat yang udah berkeluarga.

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan manfaat dasar berupa pertanggungan biaya rawat inap dan pembedahan, dan rawat jalan pra atau pasca rawat inap. Dengan punya asuransi kesehatan, maka kamu tidak perlu lagi memikirkan lagi biaya rumah sakit yang tidak tertanggung oleh BPJS.

Sedangkan asuransi jiwa adalah asuransi yang akan menjaga kita dari risiko finansial akibat kematian. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan punya asuransi jiwa, diantaranya seperti melindungi dari musibah kehilangan tulang punggung keluarga yang menyebabkan hilangnya penghasilan hingga menjamin biaya pendidikan anak bila terjadi hal yang tidak terduga.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Baca juga:

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here