Kapan Saatnya Kamu Butuh Financial Planner? Sekarang atau Nanti?

0
79
Butuh financial planner

Pengertian Financial planner adalah profesi yang membantu suatu perusahaan atau individu dalam merencanakan program keuangan untuk memenuhi tujuan finansial dalam jangka panjang bagi kliennya.

Menjadi bagian dari penasihat keuangan, seorang financial planner juga membantu untuk memproyeksikan hasil investasi dan tabungan sehingga klien dapat melihat seberapa siap ia untuk pensiun. Jadi apakah kamu butuh financial planner saat ini?

Apa Tugas Financial Planner?

Pada dasarnya pengertian tugas seorang financial planner (perencana keuangan) adalah hampir serupa dengan tugas fund manager. Yaitu mengelola dana klien untuk didistribusikan ke dalam beberapa instrumen investasi.

Namun untuk perencana keuangan mempunyai tanggung jawab lebih untuk membuat proyeksi investasi tersebut di masa mendatang.

Ya, klien akan memberi tanggung jawab financial planner untuk mengelola dananya. Dan tugas perencana keuangan adalah membantu klien tersebut untuk mencapai tujuan melalui pendistribusian dana yang dimiliki klien ke dalam beberapa instrumen investasi.

Seorang perencana keuangan harus memastikan bahwa investasi tersebut sudah terdiversifikasi tumbuh atau memberikan imbal hasil yang maksimal.

Baca: Apa sih Fungsi Financial Planner dan Bagaimana Memilih yang Tepat?

Mengapa Kamu Membutuhkannya?

Perencana keuangan pada dasarnya adalah ahli yang membantu kliennya mencapai tujuan keuangan, misalnya:

  • Dana pendidikan
  • Pensiun
  • Membeli rumah
  • dan lain-lain

Pengelolaan dan perencanaan keuangan harus dilakukan sejak awal untuk bisa mencapai tujuan dan impianmu.

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika kita menyewa perencana keuangan. Apa saja? Ini dia:

  • Memberikan Potret Objektif Kondisi Keuangan
  • Membantu Merealisasikan Rencana Keuanganmu
  • Mencarikan Produk Keuangan Yang Cocok

Kapan Waktunya Menggunakan Jasa Financial Planner?

Saat ini, semakin banyak keluarga muda yang sadar dengan kesehatan keuangan rumah tangga. Namun ada saatnya dimana sebuah keluarga sebaiknya berhubungan dengan seorang financial planner atau perencana keuangankarena setiap keluarga butuh financial planner untuk masa depan.

Baik itu untuk membantunya membuat rencana keuangan maupun sekadar melakukan konsultasi keuangan.

Inilah beberapa momen milestone dalam kehidupan dimana kamu mungkin butuh kehadiran perencana keuangan.

Baca juga: Mau Jago Atur Duit? 5 Financial Advisor Ini Bisa Jadi Inspirasimu

Saat memiliki penghasilan lebih dari dua digit

Walaupun kamu telah dapat menyisihkan uang untuk menabung juga berinvestasi dalam berbagai instrumen investasi. Tetapi seorang financial planner dapat membantu mengarahkan pemilihan produk yang tepat untuk tujuan keuangannya.

Kamu mungkin bisa terus menambah aset dengan rutin berinvestasi. Tetapi tanpa tujuan yang jelas hasil maksimal akan sulit didapat. Karena proses evaluasi dan monitor hasil investasi akan lebih baik apabila dilakukan bersama dengan financial planner atau perencana keuangan.

Saat belum punya dana pensiun

Banyak orang yang membeli sesuatu yang mahal. Misalnya mobil, rumah atau paket liburan secara impulsif saat merasa memiliki uang. Tanpa menyadari bahwa ada kebutuhan lain yang lebih penting yang perlu dipenuhi.

Baca: Pilih Menabung atau Investasi?

Seorang financial planner akan membantu sebuah keluarga untuk menyusun bukan hanya keperluan saat ini, tetapi juga masa depan nanti.

Di masa depan perlu disediakan dana pendidikan yang terus naik melebihi inflasi, dana pensiun yang perlu disiapkan secara saksama. Dan dana kesehatan pensiun yang juga sangat penting.

Financial planner juga akan memaksimalkan alokasi aset investasimu. Untuk mengoptimalkan aset ada rekomendasi yang berbeda sesuai dengan umur, tingkat resiko dan kebutuhan.

Seseorang mungkin bisa menginvestasikan 50% asetnya dalam bentuk saham. Tapi yang lain akan lebih cocok bila memiliki alokasi aset dalam bentuk properti.

Saat perlu beli produksi proteksi finansial

Merencanakan keuangan berarti butuh financial planner untuk melindungi aset dan pendapatan dengan proteksi yang sesuai berati. Polis asuransi jiwa tidak perlu berlebihan. Karena kamu mungkin juga membutuhkan asuransi lain seperti kesehatan dan asuransi rumah.

Baca juga: Klaim Sudah Jatuh Tempo, Ternyata Ini Langkah Jiwasraya Untuk Melunasinya

Jasa Financial Planner

Beberapa financial planner memberlakukan tarif konsultasi dengan satuan jam, ada pula yang meminta imbalan setiap triwulanan atau bahkan tahunan. Namun ada juga yang meminta imbalan berupa persentase dari nilai aset yang mereka kelola.

Satu lagi, ada pula financial planner yang imbalannya diberikan dengan cara memintamu untuk membeli produk keuangan atau asuransi yang mereka miliki.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here