VPN Tarumanegara dari KlikBCA Bisnis, Amankah Untuk Transaksi Keuangan?

Sering mengakses internet banking KlikBCA bisnis? Sudah pernah coba mengaksesnya di fitur VPN Tarumanegara oleh Bank BCA?

Tidak perlu download aplikasi VPN terlebih dahulu lalu meng-install-nya. Tidak hanya lebih ringkas, penggunaan VPN tarumanegara juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan keamanan bertransaksi dan berbisnis secara online.

Sistem VPN Tarumanegara pun terbuka untuk sistem operasi apapun seperti Windows, Linux bahkan smartphone. Beberapa keuntungan VPN ini adalah kegiatan browsing tidak bisa terlacak dan bisa membuka website yang aksesnya diblokir. Wah, seru juga ya!

Apa sih sebenarnya VPN Tarumanegara itu, amankah untuk bertransaksi keuangan secara online?

vpn tarumanegara

VPN atau singkatan dari Virtual Private Network merupakan koneksi atau jaringan internet yang bersifat privat. Apabila kamu menggunakan VPN, maka transaksi online kamu seperti menerima dan mengirim data secara terenkripsi dijamin keamanan dan kerahasiaan datanya.

Sedangkan, VPN Tarumanegara adalah jaringan private yang digunakan oleh Bank BCA untuk setiap aktivitas dan transaksi online nasabah BCA. Setiap bank memang umumnya memiliki jaringan VPN sendiri yang ditujukan untuk meningkatkan keamanan.

Salah satunya adalah VPN Tarumanegara demi keamanan dari layanan KlikBCA bisnis. Selain itu, aktivitas bisnis juga jauh lebih efektif dan efisien. Misalkan, membayar gaji karyawan secara otomatis, pelunasan tagihan bisnis, kirim mata uang asing ke rekening bank lain, multi transfer, mengatur saldo, dll.

Namun, KlikBCA Bisnis hanya bisa digunakan oleh perusahaan yang sudah terdaftar dalam layanan Tahapan Gold BCA dan Giro BCA. 

Bagaimana cara menggunakan VPN Tarumanegara?

Tertarik mencoba? Pertama yang perlu kamu lakukan adalah registrasi untuk mengakses VPN Tarumanegara di kantor BCA. Isi fomulir KlikBCA bisinis yang berisi:

  1. Nama,
  2. Nomor KTP/SIM/Paspor/KITAS/KITAP,
  3. User ID bentuk alfanumerik,
  4. Nomor handphone,
  5. Email,
  6. Level, diisi M buat Maker, R buat Releaser atau MR untuk Maker dan Releaser,
  7. Limit per transaksi,
  8. Keterangan:  Baru, Ubah atau Hapus. 

Apa itu Maker dan Releaser? Maker adalah user ID yang bertugas membuat transaksi dan dikirim untuk disetujui Releaser. Sementara Releaser adalah user ID yang bertugas untuk membuat otorisasi transaksi atau membatalkan transaksi yang akan dikirim ke BCA.

Sedangkan di KlikBCA Bisnis memiliki dua penggunaan yaitu single otorisasi (1 Maker dan 1 Releaser) dan multi otorisasi (1 Maker, 0-9 Approver, dan 1-9 Releaser). Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. 

Saat datang ke bank, jangan lupa juga bawa bukti-bukti legalitas usaha seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan fotokopi KTP serta Nomor Pokok Wajib Pajak NPWP). Selain itu, bawa fomulir KlikBCA Bisnis yang sudah ditandatangani oleh direktur perusahaan di atas materai. Bawa juga KeyBCA juga, ya, untuk memasukkan password

Kedua, kunjungi situs resmi VPN Tarumanegara di vpn.tarumanagara.com dan daftarkan akunmu. Masukkan username & password yang didapat dari bank sebelumnya saat mendaftar. Jangan lupa menganti PIN KeyBCA terlebih dahulu. Kemudian, masukkan Corporate ID, User ID dan password lalu klik login.   

Fitur KlikBCA Bisnis dengan VPN Tarumanegara

Ketika sudah masuk ke KlikBCA Bisnis VPN Tarumanegara, banyak fitur yang bisa kamu gunakan seperti:

  1. Informasi rekening yang memuat saldo, mutasi rekening, rekening Koran, e-statement, laporan portofolio nasabah, laporan debit BCA, laporan kartu kredit, tagihan kartu kredit BCA, laporan pembayaran, laporan MT940.
  2. Transfer dana, seperti transfer antar rekening BCA, transfer ke BCA Virtual Account, transfer LLG/RTGS, sampai kirim ke valas ke rekening bank lain.
  3. Registrasi kartu.
  4. Business card.
  5. Informasi pinjaman.
  6. Pembayaran pinjaman.
  7. B2B e-Commerce.
  8. Pembayaran tagihan seperti telepon, kartu kredit, internet, pajak, PAM, PLN, BPJS.
  9. E-Billing pajak.
  10. Account sweeping yang berguna untuk atur dana rekening-rekening yang terdaftar di KlikBCA Bisnis secara otomatis.
  11. Multi Transfer yang digunakan untuk transfer payroll, auto collection, auto credit
  12. Virtual Account.
  13. Lain-lain seperti informasi kurs, suku bunga, histori transaksi, batas penggunaan transaksi, kontak BCA.

Banyak kan keuntungan menggunakan KlikBCA Bisnis dengan VPN Tarumanegara. Tertarik mencoba agar kegiatan bisnis tambah lancar?

Referensi: Moneysmart, Cermati

Baca juga:

Inovasi Nadiem: Hapuskan UN Pada 2020 & Kembangkan Platform Pendidikan ‘Merdeka Belajar’

Bergaji UMR dan Ingin Investasi? Atur Keuanganmu dengan 5 Langkah Ini

Penat di Kantor? Coba 7 Tips Ini yang Bisa Dongkrak Motivasi Kerjamu!

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img