Currently set to Index
Currently set to Follow

Dari 12 Bulan di Tahun 2021, Kapan Saat Tepat Bagimu Untuk Beli dan Jual Emas?  

Pergerakan harga emas memang terbilang lambat. Namun, apakah Sobat Cuan sadar, bahwa potensi cuan investasi emas tak akan terelakkan jika kita paham waktu terbaik membeli dan menjual emas?

Contoh kasusnya terjadi pada Agustus tahun lalu, di mana harga logam mulia tiba-tiba menembus level Rp1 juta per gram. Tentu saja, mereka yang sudah mengakumulasi emas saat harganya jauh di bawah level tersebut akan tersenyum lebar.

Namun, jika Sobat Cuan tidak paham mengenai waktu terbaik untuk membeli dan menjual emas, maka kamu tidak akan bisa menikmati cuan dari momen seperti di atas. Makanya, timing, atau perkara kapan waktu jual dan beli, menjadi aspek penting dalam investasi emas.

Analis Senior GoldSilver, Jeff Clark mengaku, ia kerap dihujani pertanyaan dari investor yang takut tidak bisa menemui lagi harga jual emas yang mantap di masa depan. Makanya, mereka kerap bertanya kepada Clark ihwal “apakah memang sekarang saat yang tepat untuk menjual emas?”

Nah, pertanyaan ini juga pasti muncul di benak Sobat Cuan, bukan? Lantas, kapan sih waktu yang tepat bagimu untuk membeli dan menjual emas? Apalagi, jika kamu disuruh memilih satu dari 12 bulan yang ada di setiap tahunnya.

Baca juga: Masih Banyak Diminati, Emas Peringkat Satu Investasi Terbaik di Tahun 2020

Waktu Terbaik Membeli dan Menjual Emas Menurut Data Historis

Untuk menjawab pertanyaan ini, Clark kemudian membuat data historis harga emas di Amerika Serikat sejak 1975. Hasilnya, ia menemukan bahwa harga emas akan cenderung melandai di awal Januari sebelum akhirnya beranjak naik ke Februari.

Maka dari itu, dengan melihat data tersebut saja, bisa dibilang bahwa Januari adalah waktu terbaik dalam membeli dan memulai investasi emas. Temuan tersebut ia tuangkan ke dalam grafik berikut ini:

Average Gold Price Gain/Loss Throughout the Year
Sumber: goldsilver.com

Kemudian, data tersebut juga memperlihatkan bahwa harga emas juga berubah seiring pergantian musim. Percaya atau tidak, harga emas cenderung stabil saat masuk musim semi dan musim panas yang berakhir sekitar bulan September. Setelahnya, harga emas meroket tinggi mendekati akhir tahun.

Secara kasat mata, seharusnya waktu terbaik menjual emas menurut data historis adalah akhir tahun. Tapi, apakah benar seperti demikian?

Masih Belum Yakin? Coba Tengok Perubahan Harga Bulanan Emas

Clark lantas juga menyusun data berisikan tingkat perubahan harga emas dalam 45 tahun terakhir. Hasilnya, harga emas di Maret dianggap sebagai waktu terbaik menimbun emas lantaran harganya terjun 0,8% secara bulanan di periode tersebut.

Kemudian, lonjakan harga emas secara bulanan tertinggi selama 45 tahun terakhir terjadi pada September, seperti terlihat di grafik di bawah ini:

 Sayangnya, bulan Maret sudah lewat, Sobat Cuan. Tapi, kamu tak perlu khawatir. Sebab, menurut data historis, kamu masih bisa menyerok emas di bulan Mei dan Juni sebelum akhirnya menikmati cuan di bulan September.

Waktu Terbaik Membeli Emas Adalah Sekarang!

Data di atas menunjukkan bahwa lesunya harga emas di periode April hingga Juni seolah-olah menyiratkan bahwa kuartal II adalah saat terbaik untuk mendulang emas sebelum mengambil profit di kuartal III. Namun, apakah benar tren harga emas secara kuartalan menunjukkan pola demikian?

Jadi, apa yang bisa disimpulkan dari ketiga grafik di atas? Benar, yakni sekarang adalah saat yang tepat untuk membeli emas. Sebab, data historis menunjukkan bahwa fluktuasi harga emas di bulan April, Mei, dan Juni selalu lebih rendah dibanding bulan-bulan lainnya.

Selain itu, ketiga grafik data historis emas di atas juga menyimpulkan bahwa harga emas akan naik perlahan sejak Juli dan memuncak di bulan September, yang menjadi waktu terbaik menjual emas yang kamu genggam.

Makanya, tunggu apalagi, Sobat Cuan? Yuk, buruan borong emas di Pluang sekarang! Selain praktis dan aman, berinvestasi emas digital di Pluang terbilang paling cuan karena spread transaksinya hanya 1,75% saja!

Baca juga: Harga Emas Turun di Minggu Pertama 2021! Saatnya Beli?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS! Mulai dari Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera download aplikasi Pluang!

Sumber: Goldsilver.com

spot_img

Artikel Terbaru

spot_img