Currently set to Index
Currently set to Follow

Perihal Investasi, Warren Buffet Bagikan Aneka Nasihat Berikut

Banyak hal yang tentunya bisa dipelajari dari sosok investor kawakan Warren Buffett. Perihal investasi, ia adalah tokoh yang menjadi teladan bahkan menyoal kehidupan pribadinya.

Kekayaan berlimpah dan dikenal sebagai investor ulung tentu menjadikan nasihat-nasihatnya kerap diburu. Banyak orang mengaku ingin meniru jejaknya.

Banyak nasihat Warren Buffett yang bisa ditekuni untuk membantu bahkan pemula sekalipun dalam memulai investasi atau sekadar menjalani kehidupan.

Simak beberapa nasihat Warren Buffett yang paling populer berikut ini. Nasihat-nasihatnya dipercaya berguna oleh para investor.

Baca juga: Ini Perbedaan Pola Pikir Miliarder dengan Orang Biasa

Warren Buffett lakukan background check sebelum mulai berinvestasi

Ketelitian dalam mencari tahu informasi sebelum memulai investasi adalah kunci utama kesuksesan Warren Buffett. Ia mengaku selalu menganalisis secara mendetail perusahaan sebelum berinvestasi.

Ini dilakukannya dengan memastikan apakah saham yang akan ia beli tergolong sehat atau tidak. Pemilik Berkshire Hathaway ini umumnya memilih saham yang menguntungkan dalam jangka panjang.

Ia mengaku menekankan pentingnya investasi dengan bijak

Warren Buffett mengaku bahwa ia tidak terpengaruh oleh nama besar di balik suatu perusahaan. Sebaliknya, ia menekankan pentingnya untuk melihat gagasan dan arah serta visi dari perusahaan tersebut.

Pegangan ini membuatnya selalu dapat mengambil keputusan bijak saat berinvestasi. Ia akan memulai dari melihat gagasan atau ide yang dijalankan oleh perusahaan. Menemukan perusahaan yang bergerak sesuai dengan ide dan semangat yang ia miliki tentu adalah bonus tersendiri.

Berpedoman hidup sederhana

Sosok Warren Buffett dikenal sebagai tokoh kaya raya yang mampu hidup dengan sederhana. Menurut Forbes, kekayaannya pada 3 Desember 2012 sebesar US$ 872 T. Jumlah ini tentu memungkinkannya untuk membeli berbagai barang mewah dengan mudah.

Akan tetapi, ia memilih berlaku sederhana. Ia tinggal di rumah yang dibelinya pada 1985 dan rupanya masih gemar membeli makan menggunakan kupon. Ia berhemat dari hal sekecil apa pun. Cara ini membantunya untuk menghemat uang lebih banyak.

Baca juga: 7 Langkah Optimal untuk Bangun Portofolio Investasi dan Neraca Keuangan

Hindari utang yang bersifat konsumtif

Utang ialah lingkaran setan yang tiada putusnya. Apalagi jika utang tersebut adalah utang konsumtif yang diperuntukkan menunjang gaya hidup berlebihan.

Warren Buffett mengaku bahwa ia adalah sosok yang menghindari utang dalam bentuk apa pun. Saat membeli saham pertamanya, ia menggunakan uang tabungan hasil bekerja sambilan. Ini karena menurutnya utang yang tidak direncanakan dengan baik akan membuat anggaran dan keuangannya berantakan.

Warren Buffett rutin menabung sebelum membelanjakan uangnya

Ia selalu menyarankan untuk menabung terlebih dahulu sebelum membelanjakan uang. Karenanya, menurutnya, penting untuk menentukan seberapa besar alokasi dana yang akan ditabung. Penghasilan yang tinggi tentu akan tetap mengantarkan seseorang pada kemiskinan jika tidak diatur dengan baik.

Menganggarkan tabungan rutin setiap memperoleh pendapatan adalah prioritas. Setelah menabung, barulah kita dapat menggunakan sisa uang tersebut untuk kebutuhan yang lain.

Pastikan untuk selalu hidup bahagia 

Melakukan apa yang disukai, menurut Warren Buffett, akan membuat seseorang bahagia. Ia pernah berkata bahwa menjadi bahagia setiap hari adalah hal yang krusial baginya. Karenanya, ia selalu mengupayakan untuk terus melakukan apa yang ia inginkan.

Menurutnya kebahagiaan tidak semata-mata karena kekayaan yang dimiliki seseorang. Kekayaan tidak serta-merta membuat seseorang bahagia. Karena itu, ia menekankan bahwa penting bagi seseorang untuk menemukan apa yang akan membuat dirinya bahagia, di luar kekayaan.

Melakukan segala kegiatan yang ia sukai dengan sungguh-sungguh adalah kunci kebahagiaan bagi Warren Buffett. Selain itu, ia juga mengaku menghindari hal-hal yang membuang waktunya. Ia menggunakan waktu untuk bekerja dan hidup lebih produktif.

Melatih kemampuan komunikasi

Salah satu kunci sukses bisnis adalah komunikasi yang terjaga baik. Menurut Warren Buffett, kemampuan komunikasi yang baik akan membantu seseorang dalam berbagai hal terkait bisnis. Jadi, jika ingin menjadi sukses sepertinya, melatih seni berkomunikasi dengan baik tentu menjadi hal yang perlu diprioritaskan.

Berkomunikasi dengan baik bisa dipelajari melalui kursus ataupun berlatih secara mandiri. Dan yang terpenting, mempraktikkannya di saat berbisnis ataupun mengelola relasi interpersonal.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Unduh aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk investasi emas, S&P 500 index futures, serta aset kripto Bitcoin dan Ethereum! Harga kompetitif di pasaran, selisih harga jual-beli terendah, dan tanpa biaya tersembunyi!

Untuk investasi emas, kamu bisa melakukan tarik fisik dalam bentuk emas Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi di kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Google, Netflix, Nike, dan lainnya! Segera unduh aplikasi Pluang!

Sumber: Kontan

Simak juga:

spot_img

Artikel Terbaru

Business Development Manager

0

Chief Marketing Officer

0

Relationship Manager

0

Human Resources Business Partner

0

Copywriter

0
spot_img