Perjalanan Lebih Istimewa, Sudah Cek 20 Lokasi Wisata Dieng Ini Belum?

Dataran Tinggi Dieng menarik minat banyak pengunjung dengan pukauan keindahannya. Ada puluhan obyek wisata Dieng yang bisa dikunjungi. Untuk menikmati keindahannya, kamu bisa rancang perjalanan sendiri hingga pilih paket wisata Dieng yang kini banyak ditawarkan.

Dengan keindahan alam dan kesegaran udaranya, pengunjung yang pernah mampir ke sini akan selalu rindu untuk kembali.

Begitu juga pengunjung yang baru kali pertama menapakkan kaki, mereka akan tercengang lantaran daya tarik Dieng yang tidak mungkin habis dieksplorasi dalam satu kali kunjungan.

wisata dieng
Source: Flickr

Paket wisata Dieng ditawarkan berdasarkan lama waktu kunjungan dan preferensi kunjungan. Karena ada berbagai spot wisata Dieng yang menarik, tentu kamu mesti memilih beberapa saja yang paling ingin dikunjungi.

Mulai dari paket wisata Dieng dalam 1 hari hingga sepekan backpacker di Dieng, kamu bisa pilih sesuai dengan kelonggaran waktumu.

Sebelum menentukan berapa lama kamu ingin berkunjung, yuk kita cari tahu tips wisata ke Dieng dan biaya liburan yang dibutuhkan. Selanjutnya, baru kita pilih obyek wisata mana yang paling pas.

Baca juga: Staycation di Jakarta? Ini 8 Hotel Murah di Sepenjuru Jakarta yang Bisa Kamu Pilih

Tips wisata ke Dieng dan hitung biaya liburanmu

Dengan suhu udara 7-20 derajat celcius, dataran tinggi ini memang terasa adem. Karena suhu udara yang rendah ini, saat bepergian, ingatlah bawa serta pakaian hangat dan jaket, sweater, atau bahkan kenakan pakaian dobel. Termasuk juga pilih bawahan yang enak dan santai.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah medan perjalanan menempuh beberapa obyek wisata Dieng. Kunjunganmu ke Bukit Sikunir atau Gunung Prau akan mengharuskanmu menanjak.

Demi keamanan dan keselamatan, gunakan sepatu gunung yang tidak licin saat dipakai di jalan berlumpur dan berbatu. Karena beberapa tempat lokasinya terpencil, jangan lupa bawa cukup uang tunai.

Untuk dana jalan-jalanmu, paket wisata Dieng umumnya sudah mengantisipasi biaya transportasi, biaya masuk area obyek wisata, makanan, hingga penginapan. Namun, jika itu mesti kamu atur sendiri, ingatlah pintar-pintar mengatur pengeluaran.

Pengeluaran transportasi dan penginapan

Perjalanan ke Dieng dapat ditempuh melalui Wonosobo. Dua moda transportasi umum bisa kamu pakai untuk sampai ke sana, yakni kereta api dan bus.

Pilihlah bus tujuan Wonosobo dari Jakarta dengan harga tiket mulai Rp85.000 untuk kelas ekonomi hingga Rp200.000 ribu untuk kelas eksekutif. Perjalanan umumnya selama 10 jam.

Setibanya di Wonosobo, kamu bisa tumpangi bus kecil di Terminal Mendolo dengan tujuan Dieng. Tarifnya sekitar Rp20.000.

Untuk pilihan kereta, kamu hanya bisa menumpang kereta hingga Stasiun Purwokerto, barulah lanjut ke Wonosobo dan lalu ke Dieng.

Sementara untuk penginapan, harga penginapan berkisar dari Rp200.000 hingga Rp700.000. Kamu tinggal pintar-pintar memilih yang sesuai dengan bujet perjalananmu.

Baca juga: Berlibur Bersama Keluarga? Piluh 3 Destinasi Pilihan yang Jadi Favoritmu

Bikin paket wisatamu sendiri, pilih obyek wisata Dieng favoritmu

Kalau kamu memang mau menyusun itinerary sendiri, berikut ini jalur paket wisata yang dapat kamu tiru dalam paket perjalanan yang kamu susun:

Paket wisata Dieng untuk 1 hari:

Ini tipe perjalanan melewati lembah hingga puncak pegunungan. Kamu bisa resapi pemandangan danau cantik di atas gunung yang membentang luas. Mengeksplor area peradaban Hindu tertua di Jawa dan nikmati embusan angin segar puncak Dieng.

Pada kunjungan satu hari, wilayah segitiga emas meliputi Candi Dieng, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna adalah tempat-tempat wisata Dieng yang tidak boleh kamu lewatkan.

Paket wisata Dieng untuk 2 hari:

Kali ini, kamu punya kesempatan mengeksplor Dieng dalam 2 hari 1 malam. Apa yang sebaiknya dilakukan? Lintasi lembah hingga ke puncak-puncak tertinggi Dieng Plateau, nikmati kecantikan telaga Dieng dari sisi Bukit Sidengkeng dan Batu Pandang.

Lantas, susuri titik tengah Dieng dengan hamparan rumput hijau yang mulai menguning saat kamu tiba di puncak Sikunir.

Paket wisata Dieng untuk 3 hari:

Dengan waktu tiga hari, kau bisa nikmati suguhan pemandangan indah, menyaksikan Gunung Sindoro yang menjulang tinggi dengan hamparan pertanian kentang dan pegunungan Dieng. Berkendara dalam tiga hari jelajahi bekas letusan gunung api tua Dieng yang menyisakan bentukan telaga Kawah Sileri.

Kali ini, kamu tentu masih bisa nikmati pemandangan matahari terbit dari Sukinir dan melepas lelah di tepi telah dan susuri candi populer di Dieng Plateau.

Baca juga: Sepekan Travel ke Vietnam? Ini 3 Destinasi Terbaik yang Tak Boleh Terlewatkan

Dua puluh obyek wisata Dieng yang wajib kamu kunjungi

Berikut ini daftar 20 tempat wisata Dieng yang wajib kamu kunjungi, dan beberapa sudah tercantum dalam daftar itinerary di atas.

paket wisata Dieng
Source: Wikimedia Commons

#1 Lembah Sumurup

Dataran tinggi ini dikenal dengan padang savana Dieng yang cukup luas dengan hamparan rumput yang menyala.

#2 Kawah Sakidah

Kawasan gunung berapi ini populer dengan kawahnya yang indah. Kawah ini cantik dilihat dari atas bukit.

#3 Kawah Candradimuka

Kawah ini menyimpan mitos kalangan masyarakat sekitar tentang Gatot Kaca yang direbus hingga memperoleh kesaktian berupa otot kawat balung besi. Pemandangannya indah dilihat dari atas bukit.

#4 Kawah Sileri

Pada kawah ini, airnya berwarna putih keabu-abuan. Hamparan bukit hijau di sekitarnya memperindah kontras warna panorama kawah.

#5 Bukit Sukinir

Pada bukit ini, kamu bisa lihat keindahan matahari terbit dan matahari tenggelam. Wilayah ini dengan background awan populer menjadi tempat berfoto wisatawan.

#6 Wisata Batu Ratapan Angin

Lokasi wisata batu ini terletak di antara Telaga Warna dan Dieng Plateau.

#7 Sumur Jalatunda

Sumur dengan diameter 90 meer ini terbentuk karena aktivitas gunung api.

#8 Telaga Cebong

Telaga ini jadi tempat menarik bagi wisatawan untuk nikmati matahari terbit. Airnya tampak biru dengan hamparan perbukitan hijau di sekitarnya.

#9 Telaga Warna

Telaga ini populer karena warna airnya yang bisa berubah-ubah, kadang, hijau, biru, merah, putih, dst.

#10 Telaga Pangilon

Tidak jauh dari Telaga Warna, terdapat telaga ini dengan karakteristik serupa dengan Telaga Warna. Airnya lebih jernih dan tidak timbulkan bias cahaya seperti di Telaga Warna.

Baca juga: Pengin Nikah Tahun Depan? Ini 7 Cara Menabung Cepat Siapkan Biayanya!

#11 Telaga Merdada

Ini adalah telaga terluas di pegunungan Dieng. Bentuk telaga ini mirip seperti kaldera bekas letusan vulkanik.

#12 Pendakian Gunung Prau

Pada kawasan ini, kamu dapat lihat keindahan alam jalur pendakian yang menempuh jalur kawasan Dieng hingga Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

#13 Candi Arjuna

Salah satu peninggalan candi Hindu di kawasan Dieng.

#14 Candi Bima

Peninggalan candi Hindu lainnya di kawasan Dieng.

#15 Plateau Theater Dieng

Di tempat ini, kamu dapat saksikan film dokumentasi seputar gunung berapi Dieng yang dikemas apik. Film dengan durasi 20 menit ini bisa menambah wawasanmu tentang gunung Dieng.

#16 Gardu Pandang Tieng

Gardu pandang ini berada di ketinggian 1.700 Mdpl. Kamu dapat saksikan Gunung Kembang dan Gunung Sindoro dengan hamparan perbukitan hijau dari sini.

#17 Museum Kailasa Dieng

Museum ini menyimpan peninggalan purbakala wilayah Dieng.

#18 Gua Semar

Selain candi, kamu bisa juga kunjungi gua dengan banyak cerita mistis ini. Coba telusuri juga kisah-kisah mistis masyarakat setempat mengenai gua ini.

#19 Mata Air Sungai Serayu

Lokasi mata air jernih ini di antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, kamu bisa menikmati kejernihan airnya dengan membasuh wajah dan meneguh langsung air dari lokasi ini.

#20 Wisata Arum Jeram Dieng

Untuk kamu yang suka memacu adrenalin, kamu bisa coba tantangan wisata arum jeram ini. Nikmati keindahan wilayah Dieng sembari melintasi area arum jeram dengan udaranya yang sejuk.

Sumber: Moneysmart, Dieng Plateau, Detik

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Wah! Ternyata Selain Jagoan Konten, Ini 3 Jenis Pekerjaan yang Akan ‘Laku’ di Masa Depan!

spot_img

Artikel Terbaru

Performance Marketing Manager

0

Product Manager

0

Product & UX Researcher

0
spot_img